Tak pakai aloe vera gel, ini cara meredam rasa gatal akibat biang keringat dengan 1 jenis tepung

Tak pakai aloe vera gel, ini cara meredam rasa gatal akibat biang keringat dengan 1 jenis tepung

Brilio.net - Biang keringat merupakan masalah kulit yang sering dialami oleh bayi dan anak-anak, karena kelenjar keringatnya belum berkembang sempurna. Namun, tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga dapat mengalami kondisi ini.

Biang keringat adalah salah satu jenis penyakit kulit yang ditandai dengan munculnya ruam merah dan terasa gatal. Biang keringat bisa muncul di seluruh bagian tubuh, namun lebih sering terjadi pada leher, dada, dan selangkangan.

Biang keringat muncul ketika tubuh mengeluarkan lebih banyak keringat dari biasanya, misalnya karena cuaca panas dan pemakaian baju ketat yang tidak menyerap keringat.

Saat banyak berkeringat, kelenjar keringat di kulit bisa tersumbat dan menyebabkan keringat terperangkap di pori-pori, sehingga menimbulkan bintik-bintik kecil di kulit. Biang keringat memang bisa hilang tanpa pengobatan khusus. Namun, kondisi ini sering kali menimbulkan rasa gatal dan sensasi panas di kulit yang mengganggu.

Tidak hanya itu, biang keringat juga bisa bertambah banyak bila keringat yang berlebihan terus terjadi. Nah, untuk meredakan gejalanya, kamu bisa mengatasinya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Tak pakai aloe vera gel, karena pemilik akun TikTok @anugrahsehat.shop pada 27 Mei 2021, hanya menggunakan 1 jenis tepung. Tepung yang digunakan adalah tepung tapioka atau tepung kanji.

"Tepung kanji/Tapioka sangat efektif untuk Biang Keringat," katanya dalam video yang diunggah, seperti briliobeauty.netdikutip dari akun TikTok @anugrahsehat.shop, Kamis (21/9).

Meredam rasa gatal biang keringat dengan 1 jenis tepung Berbagai sumber

foto: freepik.com

Tepung kanji atau biasa juga disebut tepung tapioka adalah tepung pati yang diekstrak dari umbi singkong. Karena teksturnya yang kesat, ringan, dan mudah melekat, tepung kanji biasa digunakan sebagai pengenyal dan perekat alami dalam makanan.

Namun ternyata tepung kanji memiliki manfaat lain lho, khususnya untuk kecantikan kulit. Salah satunya adalah mengatasi biang keringat.

Kanji atau yang juga sering disebut tepung tapioka memiliki sifat mendinginkan. Sangat ampuh untuk meminimalkan rasa panas dan gatal pada kulit secara cepat.

Bahan ini juga mampu menyerap keringat berlebihan penyebab biang keringat. Sehingga kulit akan lebih tenang dan bebas gatal.

Meredam rasa gatal biang keringat dengan 1 jenis tepung Berbagai sumber

foto: TikTok/@anugrahsehat.shop

Hanya dengan satu jenis tepung ini kamu dapat membuat masker untuk meredam rasa gatal akibat biang keringat. Yuk, simak cara membuatnya.

Bahan:

1. 3 sendok makan tepung kanji/tapioka
2. Air secukupnya

Meredam rasa gatal biang keringat dengan 1 jenis tepung Berbagai sumber

foto: TikTok/@anugrahsehat.shop

Cara membuat:

1. Tuangkan tepung kanji pada wadah
2. Tambahkan air lalu aduk sampai mengental seperti masker
3. Aplikasikan masker ini pada bagian kulit yang mengalami biang keringat

Meredam rasa gatal biang keringat dengan 1 jenis tepung Berbagai sumber

foto:TikTok/@anugrahsehat.shop

4. Diamkan sampai kering lalu bilas menggunakan air hingga bersih
5. Oleskan pelembap yang mendinginkan untuk mengurangi ruam
6. Gunakan masker ini secara rutin 2 kali dalam sehari setelah mandi dan sebelum tidur untuk mengurangi rasa gatal akibat biang keringat.

@anugrahsehat.shop #obattradisional#murahdanaman#semogabermanfaat original sound - MariaIndri - Maria Indri 1

(brl/lea)

tags

STORIES