Tak pakai krim pemutih, beauty vlogger ini bagikan resep cerahkan wajah kusam pakai 1 jenis tepung

Tak pakai krim pemutih, beauty vlogger ini bagikan resep cerahkan wajah kusam pakai 1 jenis tepung

Brilio.net - Kulit wajah kusam merupakan masalah umum yang dapat terjadi pada siapa saja, baik pria maupun wanita. Biasanya tampilan wajah kusam ditandai dengan kondisi kulit yang tampak layu, tak cerah, dan kurang segar. Sudah pasti kondisi wajah kusam bisa memengaruhi penampilan kamu sehari-hari.

Nah, kondisi kulit kusam bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satu faktor yang paling sering terjadi adalah kurangnya kelembapan. Kulit yang dehidrasi akan jadi tampak kering, bersisik, dan kusam. Kurangnya kelembapan dapat disebabkan oleh paparan AC, cuaca dingin, atau tidak cukup minum air.

Selain disebabkan oleh kurangnya kelembapan, wajah kusam juga terjadi akibat penumpukan sel kulit mati. Sel-sel kulit mati yang tidak terangkat dengan baik dapat menumpuk pada permukaan kulit, sehingga menyebabkan tampilan wajah jadi kusam.

Tak cuma itu, paparan sinar matahari juga bisa merusak kulit. Pasalnya sinar UV dari matahari menyebabkan hiperpigmentasi dan menurunkan produksi kolagen. Tak heran jika lama kelamaan paparan sinar matahari bisa membuat warna kulit berubah.

Untuk mengembalikan kecerahan wajah kusam kamu perlu melakukan perawatan kulit secara rutin. Tak perlu pakai krim pemutih, kamu bisa mencerahkan wajah dengan metode eksfoliasi yang melibatkan bahan alami. Cara ini juga dilakukan seorang beauty vlogger dengan nama akun Instagram @vee.mell.

Lewat unggahan video di akun Instagramnya, wanita itu tampak memanfaatkan tepung beras yang dikombinasikan dengan susu murni dan gel lidah buaya. Ketiga bahan tersebut memang selalu digunakan untuk kebutuhan bahan dapur. Namun demikian, bahan-bahan yang digunakan @vee.mell juga punya manfaat bagi kecantikan kulit wajah.

Tepung beras memiliki tekstur halus namun cukup abrasif untuk mengangkat sel kulit mati tanpa menyebabkan iritasi. Sifat abrasif ini mampu menghilangkan penumpukan sel kulit mati yang membuat kulit tampak kusam. Tepung beras juga mengandung asam ferulic dan allantoin yang dikenal memiliki efek mencerahkan dan mengurangi hiperpigmentasi. Tepung beras juga dapat membantu menyerap minyak berlebih dari kulit, sehingga cocok untuk kulit berminyak yang sering terlihat kusam.

Lidah buaya mengandung banyak air dan dapat memberikan hidrasi mendalam pada kulit, sehingga membuat kulit lebih lembut dan bercahaya. Adanya vitamin C dan E, serta beta-karoten pada lidah buaya bekerja sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas dan mencegah penuaan dini. Sifat antiinflamasi pada lidah buaya dapat menenangkan kulit iritasi, sehingga kulit tampak lebih sehat.

Sedangkan susu mengandung asam laktat yang dapat mengeksfoliasi kulit secara lembut dan mencerahkan kulit. Kandungan lemak dan protein dalam susu membantu menjaga kelembapan kulit dan membuatnya terasa lebih lembut dan kenyal. Susu murni kaya akan vitamin D yang membantu dalam perbaikan kulit dan meningkatkan regenerasi sel.

Itulah manfaat dari masing-masing bahan yang bisa bikin kulit kusam jadi cerah. Lantas bagaimana cara membuat dan menggunakan masker ini? Yuk simak informasi di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari akun Instagram @vee.mell, Rabu (29/5).

Bahan:

resep cerahkan wajah kusam berbagai sumber

foto: Instagram/@vee.mell

- 5 sendok makan tepung beras
- 1 gelas kecil susu murni
- Gel lidah buaya

Cara membuat:

resep cerahkan wajah kusam berbagai sumber

foto: Instagram/@vee.mell

1. Siapkan mangkuk bersih.
2. Masukkan tepung beras ke dalam wadah.
3. Tuangkan susu murni.
4. Tambahkan gel lidah buaya secukupnya.
5. Aduk semua bahan hingga tercampur rata hingga teksturnya kental.
6. Masker siap kamu gunakan.

Cara menggunakan:

resep cerahkan wajah kusam berbagai sumber

foto: Instagram/@vee.mell

1. Pastikan wajah dan leher kamu bersih.
2. Oleskan masker pada wajah secara merata. Kamu juga bisa mengoleskan masker pada tangan dan leher.
3. Tunggu selama 10 menit.
4. Bilas masker menggunakan air biasa.
5. Keringkan dengan handuk bersih.
6. Ulangi penggunaan masker ini secara rutin agar mendapatkan hasil kulit cerah.

View this post on Instagram

A post shared by @vee.mell

Manfaat tepung beras untuk wajah.

Tepung beras selain digunakan untuk campuran bahan masakan, ternyata juga mampu bikin wajah jadi tambah glowing dan bebas jerawat. Pasalnya, tepung beras punya kemampuan untuk menyerap minyak dari kulit. Selain itu, sifat antiinflamasi pada tepung beras berguna menenangkan kulit iritasi dan meradang. Oleh karena itu, cocok digunakan saat wajah jerawat.

Melansir dari healthline.com, Rabu (29/5) adanya kandungan antioksidan di dalam tepung beras mampu melawan radikal bebas. Kandungan ini secara langsung bisa mencegah munculnya tanda penuaan, seperti mengencangkan kulit kendur.

(brl/jad)

tags

STORIES