Tak pakai krim pencerah, cewek ini bagikan cara hilangkan flek hitam pakai 1 jenis umbi-umbian

Tak pakai krim pencerah, cewek ini bagikan cara hilangkan flek hitam pakai 1 jenis umbi-umbian

Brilio.net - Penuaan bukan jadi satu-satunya faktor penyebab munculnya flek hitam atau hiperpigmentasi pada wajah. Masalah kulit yang biasanya ditandai bintik-bintik gelap pada kulit ini juga bisa terjadi akibat paparan sinar matahari berlebih. Terpapar sinar matahari tanpa perlindungan dapat menyebabkan penumpukan melanin di beberapa area kulit, seperti di area bawah mata dan kedua sisi pipi. Meningkatnya produksi melanin merupakan bentuk mekanisme perlindungan kulit dari sinar ultraviolet (UV) matahari.

Faktor lainnya berasal dari perubahan hormon terutama pada wanita selama kehamilan (melasma), penggunaan kontrasepsi, atau terapi hormon yang dapat menyebabkan peningkatan produksi melanin. Perubahan hormon estrogen dan progesteron memicu sel melanosit untuk memproduksi lebih banyak melanin saat terpapar sinar matahari.

Selain itu, flek hitam di wajah juga bisa dipicu dari peradangan kulit atau cedera, seperti jerawat, eksim, dan bekas luka. Ketika peradangan masuk ke dalam proses penyembuhan, produksi melanin pada kulit meningkat dan muncul hiperpigmentasi pasca inflamasi (PIH).

Memberikan tampilan yang kurang menarik pada wajah, banyak orang yang mencari cara menghilangkan flek hitam. Sebagian dari mereka mencari cara cepat dengan menggunakan krim pencerah. Cara ini memang ampuh menghilangkan flek hitam, namun terkadang produk pencerah dibanderol dengan harga yang lumayan menguras kantong.

Nah, sebagai jalan alternatif kamu bisa mengimbanginya dengan perawatan topikal, seperti memakai masker dari bahan alami. Langkah inilah yang digunakan beauty vlogger dengan akun Instagram @anubeauty. Lewat unggahan short video, ia menggunakan beetroot, tepung beras, dan gel lidah buaya.

Beetroot atau dikenal dengan nama buah bit mengandung vitamin C yang bantu mencerahkan kulit dan mengurangi produksi melanin, sehingga efektif mengatasi hiperpigmentasi. Dilansir dari stbotanica.com, Senin (20/5) kandungan antioksidan seperti betalains bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, mempercepat regenerasi sel, dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan. Selain itu, beetroot memiliki sifat antiinflamasi yang dapat meredakan peradangan dan iritasi pada kulit.

Sedangkan tepung beras bertindak sebagai eksfolian alami yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel baru. Kandungan asam amino dan vitamin dalam tepung beras mampu mencerahkan kulit dan mengurangi hiperpigmentasi. Tepung beras juga dapat menyerap minyak berlebih pada kulit, menjaga pori-pori tetap bersih, dan mencegah timbulnya jerawat yang bisa meninggalkan bekas hitam.

Bahan yang ketiga yaitu gel lidah buaya atau aloe vera. Tanaman satu ini memang sudah sering digunakan untuk menjaga kecantikan kulit wajah, salah satunya menghilangkan flek hitam. Pasalnya lidah buaya mengandung senyawa aloin yang ampuh mencerahkan dan menghilangkan flek hitam.

Gel lidah buaya dipercaya bisa menghidrasi kulit, melembapkan, dan memperbaiki tekstur kulit. Tak hanya itu, lidah buaya juga dapat menenangkan kulit iritasi, mengurangi peradangan, dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kandungan aloin bantu atasi jerawat.

Tidak hanya berguna mencerahkan wajah, kandungan aloin dalam lidah buaya punya sifat antimikroba yang bisa membunuh bakteri dan jamur penyebab infeksi kulit. Oleh karena itu, kandungan ini efektif dalam mencegah dan mengobati jerawat.

Dengan menggunakan bahan-bahan di atas, flek hitam bisa hilang dan wajah tampak cerah. Lantas bagaimana cara membuat dan menggunakan masker tersebut? Bagi kamu yang tertarik menggunakannya, yuk simak informasi di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari akun Instagram @anubeauty, Senin (20/5).

Bahan:

cewek bagikan cara hilangkan flek hitam. berbagai sumber

foto: Instagram/@anubeauty.tips

- 2 sendok makan jus buah bit
- 2 sendok makan tepung beras
- 2 sendok makan gel lidah buaya

Cara membuat:

cewek bagikan cara hilangkan flek hitam. berbagai sumber

foto: Instagram/@anubeauty.tips

1. Siapkan wadah bersih.
2. Masukkan jus buah bit.
3. Tuangkan tepung beras.
4. Tambahkan gel lidah buaya.
5. Aduk semua bahan hingga tercampur rata
6. Masker siap kamu gunakan.

Cara menggunakan:

cewek bagikan cara hilangkan flek hitam. berbagai sumber

foto: Instagram/@anubeauty.tips

1. Pastikan wajah dan area leher bersih.
2. Aplikasikan masker pada wajah.
3. Diamkan selama 15 menit.
4. Bilas masker menggunakan air biasa dan face wash.
5. Ulangi penggunaan masker setidaknya dua kali dalam seminggu agar wajah tampak cerah dan bebas flek hitam.

(brl/jad)

tags

STORIES