Tak perlu air mawar, ini trik kecilkan pori-pori agar bebas ancaman jerawat pakai 2 jenis buah

Tak perlu air mawar, ini trik kecilkan pori-pori agar bebas ancaman jerawat pakai 2 jenis buah

Brilio.net - Pori-pori merupakan bagian penting dari sistem kelenjar minyak yang berfungsi sebagai rongga pernapasan kulit dalam mengeluarkan minyak dan keringat dari tubuh. Biasanya, ukuran pori-pori pada kulit yang sehat akan terlihat rapat sehingga menampakkan kesan wajah yang halus dan mulus. Namun begitu, ada banyak kondisi yang membuat ukuran pori-pori membesar sehingga membuat kulit tampak kasar dan tidak bersih.

Salah satu penyebab utama adalah terjadinya produksi minyak berlebih di kulit yang dapat dipicu beberapa hal seperti perubahan hormon, paparan sinar matahari, dan polusi. Hal ini kemudian memudahkan kotoran seperti debu dan sel kulit mati menempel pada kulit. Akibatnya, kotoran akan terperangkap di rongga pori-pori dan membuat kulit terasa kasar.

Proses penyumbatan pori-pori ini juga menjadi cikal bakal utama terbentuknya jerawat. Hal ini dikarenakan tertutupnya rongga pori-pori kulit akan menciptakan lingkungan ideal bagi bakteri seperti propionibacterium acnes untuk berkembang biak. Dalam prosesnya, kotoran yang tersumbat dan bakteri ini akan saling bereaksi dan memunculkan peradangan di dalam kulit. Alhasil, proses ini ini akan menimbulkan pembengkakan jerawat.

Akan tetapi, kamu yang menghadapi masalah ini nggak perlu bingung. Soalnya, kamu bisa mencoba mengandalkan bahan-bahan alami yang memiliki kandungan baik sebagai solusi alternatif.

Salah satunya seperti memanfaatkan campuran tomat dan lemon. Cara ini dicontohkan oleh pemilik akun Instagram @get_beauty_glow_everyday, dilansir briliobeauty.net padaRabu (4/10).

kecilkan pori-pori agar bebas  Instagram

foto: freepik.com

Tomat adalah buah yang kaya akan kandungan asam sitrat, vitamin C, dan antioksidan. Berbagai kandungan ini efektif dalam membantu memperbaiki tekstur kulit dan mengurangi produksi minyak berlebih. Selain itu, kandungan AHA dan BHA dalam tomat juga dapat membantu mengangkat kotoran yang tersumbat pada pori-pori kulit. Dengan begitu, dalam prosesnya kandungan ini akan mengecilkan ukuran pori-pori dan mengurangi potensi terbentuknya jerawat.

kecilkan pori-pori agar bebas  Instagram

foto: freepik.com

Lemon mengandung vitamin C yang tinggi dan asam sitrat yang memiliki sifat astringen. Vitamin C membantu merangsang produksi kolagen yang diperlukan untuk meregenerasi dan memperbaiki tekstur kulit. Sementara sifat astringen dalam ekstrak lemon membantu mengecilkan pori-pori kulit, mengurangi minyak berlebih, dan mencegah penyumbatan pori-pori yang dapat menyebabkan jerawat.

Nah, kedua bahan di atas bisa kamu gunakan dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 1/2 potong buah tomat
2. 1/2 potong buah lemon
3. Wadah kecil
4. Kapas secukupnya

Langkah pengerjaan:

kecilkan pori-pori agar bebas  Instagram

foto: Instagram/@get_beauty_glow_everyday

1. Pera 1/2 potong buah tomat ke dalam wadah kecil.
2. Campurkan dengan perasan 1/2 potong buah lemon.
3. Aduk seluruh bahan hingga tercampur rata.
4. Celupkan kapas yang telah disediakan ke dalam larutan tersebut.
5. Oleskan kapas tersebut ke area kulit wajah yang telah dibersihkan sebelumnya dengan lembut.
6. Diamkan selama 10-15 menit.
7. Bila dirasa cukup, bilas dengan air hingga bersih dari residunya.

(brl/jad)

tags

STORIES