Tak perlu aloe vera, ini trik atasi kerutan akibat penuaan di kulit kering pakai 1 produk fermentasi

Tak perlu aloe vera, ini trik atasi kerutan akibat penuaan di kulit kering pakai 1 produk fermentasi

Brilio.net - Kulit kering adalah salah satu jenis tipe kulit yang cenderung kehilangan kelembapan dari lapisan kulit secara cepat. Entah itu akibat faktor genetik maupun faktor eksternal, seperti paparan sinar matahari yang menyebabkan penguapan berlebih. Hal ini menyebabkan lapisan pelindung pada orang dengan tipe kulit ini pada umumnya cukup lemah.

Nah, tahu nggak sih kalau kulit kering juga merupakan tipe kulit yang rentan terkena penuaan dini? Sejatinya, kerentanan kulit kering pada penuaan dini disebabkan kulit yang kehilangan kelembapan, sehingga cenderung mengalami penurunan produksi kolagen dan elastin dalam kulit. Kolagen dan elastin sendiri merupakan komponen protein yang berperan penting dalam mempertahankan elastisitas kulit.

Nah, penurunan kedua komponen tadi dalam prosesnya akan menyebabkan kulit menjadi tidak mampu mempertahankan strukturnya dengan baik, sehingga memicu munculnya keriput, garis halus, dan kerutan lainnya di kulit. Selain harus banyak mengonsumsi air, kamu juga bisa mengandalkan berbagai bahan alami untuk dimanfaatkan kandungannya sebagai solusi alternatif mengatasi masalah tersebut.

Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan yogurt bersama bubuk kopi, sebagaimana dilansir briliobeauty.net dari @facescanada di Instagram pada Jumat (25/8). Makanan hasil fermentasi susu ini mengandung asam laktat alami yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang regenerasi kulit baru.

trik atasi kerutan akibat penuaan di kulit kering  Instagram

foto: freepik.com

Kandungan bakteri baik dalam yogurt bekerja dengan menjaga keseimbangan pH kulit, mencegah infeksi, dan mengurangi peradangan. Selain itu, yogurt memiliki sifat melembapkan dan menenangkan kulit, sehingga baik untuk menangani masalah kerutan yang acap muncul pada kulit kering.

trik atasi kerutan akibat penuaan di kulit kering  Instagram

foto: freepik.com

Bubuk kopi mengandung antioksidan, seperti asam klorogenat yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan ini dapat merangsang produksi kolagen, protein yang membantu menjaga elastisitas dan kekencangan kulit. Selain itu, bubuk kopi juga memiliki sifat eksfoliasi alami yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang regenerasi sel baru.

Nah, kedua bahan di atas ini bisa kamu manfaatkan dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 2 sendok teh yogurt
2. 1 sendok teh bubuk kopi
3. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

trik atasi kerutan akibat penuaan di kulit kering  Instagram

foto: Instagram/@facescanada

1. Tuangkan 2 sendok teh yogurt ke dalam sebuah wadah kecil
2. Tambahkan 1 sendok teh bubuk kopi setelahnya
3. Aduk seluruh bahan hingga tercampur rata
4. Apliksikan secara menyeluruh pada wajah yang telah dibersihkan sebelumnya
5. Diamkan selama 10 menit
6. Bila mencapai waktunya, gosok sedikit sebelum dibilas hingga bersih
7. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

View this post on Instagram

A post shared by Faces Canada (@facescanada)

(brl/mal)

tags

STORIES