Tak perlu beli, ini trik bikin masker kolagen untuk kencangkan wajah kendur pakai 1 minyak

Tak perlu beli, ini trik bikin masker kolagen untuk kencangkan wajah kendur pakai 1 minyak

Brilio.net - Wajah kendur merupakan kondisi di mana kulit kehilangan kekencangan dan elastisitasnya mulai berkurang. Hal ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk adanya proses penuaan alami. Seiring dengan bertambahnya usia, produksi kolagen dan elastin pada kulit juga akan mulai menurun.

Perlu diketahui, kolagen merupakan protein penting yang bisa memberikan kekencangan pada kulit. Sementara elastin memberikan elastisitas. Nah, kolagen dan elastin yang mulai berkurang ini menyebabkan kulit kehilangan kepadatan dan kekencangannya.

Terjadinya proses penuaan bisa berangsur semakin cepat, jika kulit terlalu sering terpapar sinar matahari. Sinar UV dari matahari diketahui bisa merusak kolagen dan serat elastin pada kulit sehingga pada akhirnya menyebabkan kulit menjadi kendur.

Tak hanya itu, kulit yang kurang perawatan juga bisa menyebabkan tanda penuaan muncul. Kurangnya penggunaan pelembap, tidak memakai produk yang sesuai dengan jenis kulit, dan tidak memakai sunscreen bisa menyebabkan kulit kehilangan kelembapan dan kekencangannya. Maka dari itu, agar tanda penuaan kulit tidak mudah muncul, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah meningkatkan kadar kolagen dan elastin.

Jika biasanya produk minuman kolagen kerap diandalkan kebanyakan orang, kali ini kamu bisa menggantinya dengan perawatan dari luar. Salah satunya adalah memakai masker kolagen dari bahan alami.

Masker ini hanya terbuat dari dua bahan alami yaitu minyak rosehip dan agar-agar atau gliserin. Minyak rosehip mengandung banyak antioksidan seperti vitamin A, C, dan E. Antioksidan bisa membantu melawan radikal bebas dan kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV serta memperbaiki tekstur kulit.

Adanya kandungan vitamin A dalam minyak rosehip dapat meningkatkan produksi kolagen dalam kulit. Minyak rosehip juga bisa mengurangi tampilan bekas luka dan hiperpigmentasi berkat kandungan vitamin C.

Kemudian adanya agar-agar atau gliserin bisa menjaga kelembapan secara alami. Hal ini lantaran adanya kandungan humektan di dalam gliserin. Sifat melembapkan di dalam bahan ini juga mampu menghaluskan kulit dan mengurangi tampilan garis halus serta wajah kendur. Sifat tersebut juga bisa menjaga agar kulit tetap terjaga elastisitasnya, sehingga lebih kencang.

Lantas bagaimana cara membuat masker kolagen dari kedua bahan di atas? Bagi kamu yang ingin mencoba, yuk simak informasi di bawah ini seperti dihimpun briliobeauty.net dari YouTube diynaturalrecipes, Rabu (15/11).

Bahan-bahan:

trik bikin masker kolagen untuk kencangkan wajah berbagai sumber

foto: YouTube/diynaturalrecipes

1. 1 sendok teh agar-agar atau gliserin
2. 2 sendok makan air hangat
3. 10 tetes minyak rosehip

Cara membuat:

trik bikin masker kolagen untuk kencangkan wajah berbagai sumber

foto: YouTube/diynaturalrecipes

1. Masukkan agar-agar ke dalam mangkuk tersebut.
2. Tuangkan air hangat secukupnya.
3. Tambahkan beberapa tetes minyak rosehip.
4. Aduk-aduk semua bahan hingga tercampur rata.

Cara menggunakan:

trik bikin masker kolagen untuk kencangkan wajah berbagai sumber

foto: YouTube/diynaturalrecipes

1. Aplikasikan pada wajah dan leher yang sudah dibersihkan.
2. Diamkan kurang lebih 20 menit.
3. Basuh wajah menggunakan air hangat.
4. Setelah itu baru bilas memakai air dingin.
5. Keringkan memakai handuk atau tisu bersih.
6. Untuk mendapatkan hasil maksimal, gunakan trik ini secara rutin.

(brl/jad)

tags

STORIES