Tak perlu beli produk mahal, begini cara membuat night cream untuk atasi flek hitam pakai 1 jenis buah

Tak perlu beli produk mahal, begini cara membuat night cream untuk atasi flek hitam pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Tak hanya jerawat, noda pada wajah juga kerap kali disebabkan karena adanya flek hitam. Kondisi ini biasanya terjadi akibat meningkatnya produksi pigmen alami kulit (melanin). Flek hitam muncul karena peningkatan produksi melanin di kulit, terutama setelah terpapar sinar matahari atau sinar ultraviolet.

Melanin adalah pigmen alami yang menentukan warna kulit seseorang. Makin banyak kandungan melanin pada kulit, maka makin gelap pula kulit seseorang. Flek hitam muncul saat kulit menyerap sinar ultraviolet sehingga produksi melanin meningkat. Bagian kulit yang memiliki banyak melanin atau mengalami penumpukan melanin akan berwarna lebih gelap dibandingkan kulit sekitarnya sehingga tampak seperti bintik-bintik.

Flek hitam umumnya pertama kali muncul pada masa kanak-kanak dan menghilang seiring pertambahan usia. Selain itu, penumpukan melanin juga dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan. Maka, tidak jarang seseorang dengan flek hitam pada wajah juga memiliki orang tua dengan kondisi yang sama.

Flek ini pun umumnya tidak menimbulkan rasa sakit dan umumnya tidak berbahaya bagi kesehatan. Namun kehadirannya cukup mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri. Oleh karena itu, tak sedikit orang mencari cara untuk menghilangkan flek hitam. Tak perlu produk mahal, karena kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang tak kalah efektif untuk memudarkan flek hitam di wajahmu.

Salah satunya seperti video unggahan yang dibagikan akun TikTok @ma_rajpoot0000 pada 9 Januari 2023. Dalam unggahannya ia memberikan cara membuat night cream untuk atasi flek hitam pakai 1 jenis buah. Buah yang digunakan adalah tomat. Selain tomat ia juga menambahkan bahan lain yaitu aloe vera gel dan vitamin E.

"Tomato Night Cream (krim malam tomat)," tulisnya dalam video unggahan, seperti briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @ma_rajpoot0000, Jumat(4/8).

Night cream untuk flek hitam pakai 1 jenis buah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Tomat memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C, vitamin A, vitamin B, kalium, dan magnesium yang dapat mencerahkan wajah, menghilangkan noda membandel, mengatasi jerawat, dan masih banyak lagi. Sementara itu, menurut jurnal Annual Review of Food Science and Technology, kandungan likopen dalam tomat membantu mencegah perubahan warna kulit, perubahan tekstur, dan garis-garis halus serta kerutan. Bahkan kandungan antioksidan pada tomat dapat mengatasi noda dan flek hitam di wajah.

Sedangkan, aloe vera gel juga bisa membantu mencegah munculnya flek hitam atau bintik hitam di kulit. Sebab, gel dalam lidah buaya mencegah tirosinase, enzim yang bertanggung jawab untuk perubahan warna kulit.

Kandungan gel dalam lidah buaya menekan hiperpigmentasi yang diinduksi UV akibat sengatan sinar matahari. Mekanisme ini juga dapat membantu mencegah munculnya bintik hitam di kulit.

Tak terkecuali dengan vitamin E yang bersifat antioksidan, sehingga dapat mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas. Vitamin E juga diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit wajah. Beberapa masalah kulit wajah yang dapat diatasi menggunakan vitamin E adalah penuaan dini, jerawat, flek hitam, hingga peradangan kulit.

Cukup dengan ketiga bahan tersebut kamu bisa membuat night cream yang diformulasikan untuk mengatasi flek hitam membandel. Berikut cara membuatnya:

Night cream untuk flek hitam pakai 1 jenis buah Berbagai sumber

foto: TikTok/@ma_rajpoot0000

Bahan:

1. 2 sendok teh aloe vera gel

2. 2 sendok teh sari tomat (kamu bisa menghaluskan tomat kemudian menyaringnya dan ambil airnya)

3. 1 kapsul vitamin E

Night cream untuk flek hitam pakai 1 jenis buah Berbagai sumber

foto: TikTok/@ma_rajpoot0000

Cara membuat:

1. Campurkan bahan-bahan yang sudah disebutkan pada wadah

2. Aduk ketiga bahan tersebut sampai tercampur merata dan bertekstur kental

3. Pindahkan pada wadah penyimpanan agar lebih awet

4. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh

5. Gunakan secara rutin setiap hari sebelum tidur untuk mendapatkan wajah yang mulus dan bebas flek hitam.

@ma_rajpoot0000 skin whitening homemade cream#foryoupage #beautytips #skincare #viralvideo #homeremedy #glowingskin #pigmentation original sound - MA Beauty

(brl/pep)

tags

STORIES