Tak perlu beli serum pencerah, ini cara memutihkan kulit kusam dan tidak merata pakai 1 jenis tepung

Tak perlu beli serum pencerah, ini cara memutihkan kulit kusam dan tidak merata pakai 1 jenis tepung

Brilio.net - Tidak menggunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan dapat menyebabkan kulit kusam dan warnanya tidak merata. Pasalnya, sinar matahari akan memicu produksi melanin berlebih sebagai upaya perlindungan alami dari dampak buruk sinar matahari. Melanin sendiri merupakan pigmen alami pemberi warna pada kulit dan rambut.

Nah, produksi melanin berlebih inilah yang akan menjadi penyebab kulit kusam dan tidak merata. Selain paparan sinar matahari, kulit yang kusam dan tidak merata juga bisa disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati dan polusi. Itulah sebabnya penggunaan tabir surya dan melakukan eksfoliasi kulit secara rutin bisa jadi upaya menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Penggunaan skincare seperti serum yang diformulasikan untuk mencerahkan kulit juga sangat berpengaruh untuk menjaga kulit tetap cerah merata. Padahal tanpa perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli serum pencerah, kamu tetap bisa merawat wajahmu yang kusam dan tidak merata hanya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Seperti unggahan dari akun TikTok @hajraasadd yang membagikan tentang cara memutihkan kulit kusam dan tidak merata pakai 1 jenis tepung. Lewat unggahan yang dibagikan pada pada 13 Maret 2023 tersebut, tepung yang digunakan adalah tepung beras. Selain itu, ia juga menambahkan bahan lain yaitu susu cair.

Memutihkan kulit kusam dan tidak merata Berbagai sumber

foto: freepik.com

Tepung beras banyak digunakan untuk membuat berbagai macam olahan makanan. Tapi tak hanya itu, tepung beras juga dapat dimanfaatkan sebagai perawatan kulit alami. Tepung beras terbuat dari beras yang digiling hingga halus atau sampai menjadi bubuk. Lapisan terluar beras atau biasa disebut dedak mengandung zat antioksidan dan antiinflamasi.

Tepung ini juga mengandung asam ferulat dan asam fitat yang sering ditambahkan ke dalam beberapa produk perawatan kulit. Bahkan tepung beras cocok untuk kamu yang memiliki kulit wajah kusam dan warna yang tidak merata. Sebab jenis tepung ini dipercaya dapat membantu memutihkan kulit wajahmu dengan pemakaian yang rutin.

Pun dengan susu yang juga banyak dimanfaatkan sebagai agen pencerah kulit. Pasalnya, susu mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi kulit, seperti vitamin A, vitamin D, dan asam laktat. Kandungan asam laktat pada susu diyakini memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit dan meratakan kulit yang belang.

Kedua bahan tersebut bisa kamu jadikan sebagai masker wajah yang diklaim mampu memutihkan wajah secara menyeluruh. Yuk, simak cara membuat dan menggunakannya, seperti yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @hajraasadd, Minggu (26/11).

Bahan:

Memutihkan kulit kusam dan tidak merata Berbagai sumber

foto: TikTok/@hajraasadd

1. 2 sendok makan tepung beras
2. Susu cair secukupnya

Cara membuat dan menggunakan:

Memutihkan kulit kusam dan tidak merata Berbagai sumber

foto: TikTok/@hajraasadd

1. Tuangkan bahan-bahan yang sudah disebutkan pada wadah bersih
2. Aduk keduanya sampai tercampur merata dan teksturnya seperti pasta
3. Cuci wajah terlebih dahulu dan pastikan benar-benar bersih
4. Aplikasikan masker pada wajah secara menyeluruh
5. Diamkan sampai kering atau selama 20 menit
6. Bilas menggunakan air sampai bersih
7. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer
8. Gunakan masker pemutih wajah ini secara rutin minimal 2 kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang cerah merata.

@hajraasadd DIY FACE PACK #foryoupage #foryou #tiktok #pak #facepack #beautycommunity #glam #mua Hundred Miles (Sped Up Version) - Yall & Gabriela Richardson

(brl/mal)

tags

STORIES