Tak perlu botoks, ini cara kencangkan kerutan kulit wajah pakai masker antiaging dari 1 bahan minuman

Tak perlu botoks, ini cara kencangkan kerutan kulit wajah pakai masker antiaging dari 1 bahan minuman

Brilio.net - Penuaan adalah proses penuaan alamiah yang dialami oleh setiap orang, kerutan salah satu dari proses penuaan pada kulit. Selain faktor bertambahnya usia yang mengurangi produksi kolagen dalam kulit, kerutan pada kulit wajah juga bisa disebabkan oleh gerakan ekspresi wajah yang dilakukan secara sering dan berulang-ulang seperti mengernyitkan dahi, menyipitkan mata, dan menaikkan alis.

Jika kita melakukan perawatan yang tepat secara dini pada kulit kita, wajah pun bisa terbebas dari kerutan dan tampak awet muda. Namun bagi kamu yang sudah mengalami kerutan di wajah tak perlu risau. Karena ada banyak perawatan yang bisa kamu lakukan untuk mengencangkan wajah. Mungkin sebagian orang akan pergi ke klinik kecantikan untuk melakukan botoks.

Botoks atau botulinum toxin adalah protein yang diproduksi oleh bakteri Clostridium botulinum telah digunakan luas untuk menghilangkan kerutan pada kulit. Botoks bekerja melalui agen neurotoksin yang menghambat sinyal dari otak yang berperan dalam kontraksi otot, sehingga melemaskan otot-otot di area kulit yang diinginkan, misalnya pada area wajah dan kulit. Saat otot-otot kulit rileks, permukaan kulit akan tampak lebih halus dan mengencang.

Untuk melakukan botoks pasti membutuhkan uang tak sedikit. Padahal ada cara lain yang hasilnya tak kalah efektif dengan perawatan botoks jika digunakan secara rutin lho. Kamu hanya perlu memanfaatkan bahan alami yang ada di rumah. Seperti video yang dibagikan oleh akun TikTok @healthywomansecret pada 18 Mei 2023.

Dalam unggahannya ia memberikan cara mengencangkan kerutan kulit wajah pakai masker antiaging dari 1 bahan minuman. Bahan minuman yang digunakan adalah bubuk kopi. Selain bubuk kopi, ia juga menambahkan bahan lain yaitu madu dan bubuk kunyit.

"Best anti aging face mask (Masker wajah antipenuaan terbaik)," katanya sebagai keterangan video unggahan, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @healthywomansecret, Senin (24/7).

Cara kencangkan kerutan kulit wajah pakai masker antiaging dari 1 bahan minuman Berbagai sumber

foto: freepik.com

Seperti yang diketahui bahwa kopi biasa dijadikan minuman untuk menahan kantuk karena memiliki zat kafein. Namun, kopi juga bisa menjadi masker wajah alami yang baik untuk tubuh dan kulit wajah, lho. Hal ini karena, kopi memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan. Oleh sebab itu, zat dalam kopi mampu menangkal berbagai radikal bebas, sehingga kulit wajah pun menjadi sehat dan cerah.

Selain itu, kandungan antioksidan dalam kopi bekerja efektif untuk mencegah penurunan kadar kolagen dan membantu meningkatkan produksi elastin. Efek kandungan antioksidan dari kopi akan membuat kulit tetap terasa kencang. Kemudian bubuk kopi memiliki kandungan kafein yang tinggi untuk membuat kulit lebih kencang.

Sementara madu, juga bisa dijadikan untuk mengencangkan kulit. Madu mengandung sifat antijamur dan antibakteri yang dapat mengurangi kemerahan karena memiliki sifat antiinflamasi. Kandungan madu tersebut dapat membantu menunda kulit kendur yang membuat kulit halus dan awet muda.

Tak terkecuali dengan kunyit, salah satu rempah dapur ini bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi kulit kendur agar lebih kencang. Manfaat kunyit untuk kulit, berasal dari senyawa antioksidan dan antiradang di dalamnya yang dipercaya dapat mencegah dan mengatasi berbagai masalah kulit wajah.

Antioksidan di dalam kunyit mampu mengatasi serta mengurangi keriput maupun garis halus di wajah. Manfaat kunyit untuk wajah ini diperoleh karena kunyit mampu meningkatkan produksi kolagen. Kolagen dapat menjaga elastisitas kulit wajah, sehingga wajah menjadi lebih kencang dan bebas dari kerutan.

Cara kencangkan kerutan kulit wajah pakai masker antiaging dari 1 bahan minuman Berbagai sumber

foto: TikTok/@healthywomansecret

Dengan ketiga bahan yang sudah disebutkan, kamu bisa membuat masker wajah yang dapat digunakan untuk mengencangkan wajah. Jika digunakan secara rutin, kamu akan mendapatkan wajah yang awet muda dan bebas kerutan. Berikut cara membuatnya.

Bahan:

1. 1 sendok makan madu
2. 1 sendok teh bubuk kopi
3. 1/2 sendok makan bubuk kunyit

Cara kencangkan kerutan kulit wajah pakai masker antiaging dari 1 bahan minuman Berbagai sumber

foto: TikTok/@healthywomansecret

Cara membuat:

1. Tuangkan semua bahan yang sudah disebutkan pada wadah
2. Aduk ketiga bahan tersebut sampai tercampur merata dan seperti pasta
3. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh
4. Diamkan sampai kering atau sekitar 30 menit
5. Bilas menggunakan air hingga bersih
6. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer andalan
7. Gunakan masker ini secara rutin 2-3 kali seminggu untuk hasil yang optimal.

@healthywomansecret Best anti aging face mask #healthywomansecret#fyp#viral#trend#antiagingfacemask#honeyandcoffefacemask original sound - Healthy Woman Secret

(brl/lea)

tags

STORIES