Tak perlu botoks wajah, ini trik atasi hiperpigmentasi dan garis halus pakai 1 jenis bahan makanan

Tak perlu botoks wajah, ini trik atasi hiperpigmentasi dan garis halus pakai 1 jenis bahan makanan

Brilio.net - Paparan sinar matahari yang langsung mengenai kulit seringkali menyebabkan kulit menjadi gelap dan kusam. Hal ini tentu saja menjadi salah satu masalah besar bagi sebagian wanita karena dapat mengurangi kepercayaan dirinya. Bukan tanpa alasan, banyak masalah kulit yang muncul akibat sinar matahari, diantaranya adalah hiperpigmentasi dan garis halus.

Hiperpigmentasi adalah kondisi kelainan pigmen kulit yang ditandai dengan munculnya bercak gelap pada kulit. Masalah kulit ini dapat disebabkan oleh produksi melanin secara berlebihan. Alhasil, bercak kulit menggelap muncul lebih banyak dibandingkan kulit normal di sekitarnya. Sehingga warna kulit jadi tidak merata.

Selain hiperpigmentasi, garis halus juga merupakan salah satu masalah kulit yang muncul akibat paparan sinar matahari berlebih. Munculnya garis-garis halus di wajah akibat pertambahan usia merupakan sesuatu yang terjadi secara alami. Namun garis-garis halus ini dapat muncul jauh lebih awal jika kamu mengabaikan dalam merawat dan melindungi kulit.

Faktor penyebab ini berkontribusi besar dalam memicu terjadinya penuaan dini di kulit, dan berpotensi membuat munculnya garis-garis halus lebih awal di wajah. Salah satunya adalah paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari terik di kulit wajah yang tak terlindungi dalam jangka waktu lama dapat berpotensi merusak kulit, karena membuat kandungan air menguap dari kulit serta merusak kolagen dan serat elastin yang membuat kulit kenyal, lentur, dan elastis.

Jika kamu mengalami masalah demikian, tak perlu risau, karena kamu bisa mengatasinya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Nggak perlu melakukan botoks wajah di klinik kecantikan dengan harga fantastis, bahan-bahan alami juga hasilnya nggak kalah efektif jika digunakan secara rutin.

Atasi hiperpigmentasi dan garis halus pakai 1 bahan makanan Berbagai sumber

foto: freepik.com

Salah satunya seperti video unggahan yang dibagikan oleh akun TikTok @happipham pada 23 Mei 2022. Unggahan tersebut berisi tentang trik atasi hiperpigmentasi dan garis halus pakai 1 jenis bahan makanan. Bahan makanan yang dimaksud adalah oatmeal. Selain oatmeal ia juga menambahkan bahan lain yaitu susu cair.

"Reduce pigmentation, winkles, acnes with oatmeal facemask (Kurangi pigmentasi, kerutan, jerawat dengan masker wajah oatmeal)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @happipham, Selasa (1/8).

Oatmeal sudah terkenal dapat menyehatkan tubuh karena kandungan serat dan antioksidannya yang tinggi. Tak hanya baik bagi tubuh, oatmeal juga mengandung antioksidan tinggi dan sejumlah zat dengan efek antiradang, sehingga mampu melembapkan kulit dan menjaga kesehatan sel-sel kulit.

Oatmeal mengandung antioksidan dan aneka zat yang memiliki efek antipenuaan. Kandungan tersebut diketahui baik untuk memperlambat penuaan kulit dan mencegah terbentuknya garis halus dan kerutan di kulit wajah. Oatmeal juga memiliki sifat pemutih alami yang membantu mengurangi noda gelap dan hiperpigmentasi pada kulit. Kandungan asam fenolat di dalamnya oatmeal membantu mengurangi produksi melanin yang berlebihan, sehingga kulit terlihat lebih cerah dan merata.

Begitupun dengan susu yang juga dikenal memiliki berbagai manfaat untuk kulit wajah. Susu mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi kulit, seperti vitamin A, vitamin D, dan asam laktat. Kandungan asam laktat pada susu diyakini memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam akibat hiperpigmentasi.

Inilah mengapa ada banyak produk pencerah kulit yang menggunakan asam laktat atau susu sebagai agen pencerahnya. Asam laktat memang dapat mengelupas lapisan kulit mati yang menjadi penyebab kulit kusam. Susu juga mengandung enzim, protein, mineral dan vitamin yang membantu mengurangi kerutan-kerutan dan garis halus pada kulit yang terbentuk akibat penuaan.

Atasi hiperpigmentasi dan garis halus pakai 1 bahan makanan Berbagai sumber

foto: TikTok/@happipham

Dengan kedua bahan tersebut kamu bisa membuat masker wajah yang mampu menutrisi wajahmu dan mengatasi berbagai permasalahan kulit. Berikut cara membuatnya.

Bahan:

1. 2 sendok makan oatmeal
2. Susu cair secukupnya

Atasi hiperpigmentasi dan garis halus pakai 1 bahan makanan Berbagai sumber

foto: TikTok/@happipham

Cara membuat:

1. Campurkan kedua bahan yang sudah disebutkan pada wadah
2. Aduk keduanya sampai tercampur merata
3. Tutup menggunakan plastic wrap lalu simpan dalam kulkas
4. Setelah dingin, aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh
5. Gosok-gosok dengan lembut menggunakan gerakan memutar
6. Diamkan selama 5-10 menit
7. Bilas menggunakan air hangat sampai bersih
8. Gunakan masker ini secara rutin 1-2 kali seminggu setiap malam untuk mendapatkan wajah yang cerah dan awet muda.

@happipham Reduce pigmentation, winkles, acnes with oatmeal facemask / DNG DA VI YN MCH #skincare #skintutorial #skincaretutorial #antipigmentation #antiwrinkle #nowrinkles #beautifulskin #glowingskin #beautytips #duongda #gocduongda #lamdepda #matnaduongda Kimi No Toriko - Rizky Ayuba

(brl/wen)

tags

STORIES