Tak perlu deodorant lagi, ini cara hempaskan bau badan asam cuma pakai 1 jenis daun

Tak perlu deodorant lagi, ini cara hempaskan bau badan asam cuma pakai 1 jenis daun

Brilio.net - Bau ketiak yang asam bisa mengganggu orang-orang di sekitar dan lingkungan. Biasanya bau ketiak asam identik dengan kebersihan yang kurang terjaga dengan baik. Namun selain itu, ada faktor lain yang bikin ketiak jadi bau. Salah satunya adalah korotan sel kulit mati yang menumpuk, polusi, dan sisa produk deodoran yang bisa menjadi penyebab bau badan tak sedap.

Pasalnya, kotoran dapat menjadi tempat bertumbuhnya bakteri penyebab bau badan. Selain faktor tersebut, bau ketiak asam juga disebabkan oleh keringat yang bersentuhan dengan bakteri pada kulit. Melansir dari vinmec.com, bau ketiak asam sering terjadi pada penderita hiperhidrosis.

Ada dua jenis kelenjar keringat yaitu ekrin dan apokrin. Walaupun kelenjar ekrin tersebar di seluruh permukaan tubuh, kelenjar apokrin hanya aktif di area yang banyak folikel rambut, seperti halnya ketiak. Hal inilah yang menimbulkan bau ketiak asam.

Nah, agar bau ketiak asam ini hempas dari badan, kamu perlu melakukan perawatan. Salah satunya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar, seperti yang dilakukan pengguna Instagram @amihinevlog. Lewat unggahan reels-nya, ia memanfaatkan daun jeruk, garam, dan minyak kayu putih.

Semua bahan tersebut kemudian diolah menjadi sebuah ramuan yang bisa mencegah bau badan. Penasaran seperti apa caranya? Berikut langkah-langkahnya, seperti dilansir briliobeauty.net dari akun Instagram @amihinevlog, Minggu (9/6).

Bahan dan alat:

cara hempaskan bau badan asam berbagai sumber

foto: Instagram/@amihinevlog

- 1 cup kecil air hangat
- 1 sendok makan garam
- 5 lembar daun jeruk
- Minyak kayu putih
- 2 buah kapas bersih

Cara membuat:

cara hempaskan bau badan asam berbagai sumber

foto: Instagram/@amihinevlog

1. Siapkan mangkuk bersih
2. Masukkan garam dan tuangkan air hangat
3. Cuci dan potong daun jeruk
4. Tuangkan beberapa tetes minyak kayu putih
5. Aduk semua bahan hingga tercampur rata
6. Ramuan siap kamu gunakan.

Cara menggunakan:

cara hempaskan bau badan asam berbagai sumber

foto: Instagram/@amihinevlog

1. Ambil dua buah kapas
2. Masukkan ke dalam mangkuk
3. Aplikasikan pada kulit ketiak
4. Tunggu hingga beberapa menit tanpa dibilas
5. Gunakan trik ini secara rutin agar bau ketiak asam hilang. Dengan begitu kamu tak perlu lagi deodorant lagi.

Manfaat daun jeruk dan garam untuk hempaskan bau badan

Daun jeruk dan garam yang biasanya digunakan sebagai bahan masak, ternyata punya manfaat untuk hilangkan bau badan, lho. Pasalnya, daun jeruk mengandung vitamin C yang baik bagi kesehatan kulit, salah satunya untuk mencerahkan ketiak hitam. Melansir dari newfemme.com, daun jeruk punya sifat antibakteri yang mampu membunuh 99% bakteri dan menjaga ketiak tetap segar.

Sementara itu, garam punya kandungan berupa zat H2S yang bisa menetralisir bau. Dengan mencampurkan bahan lainnya, garam bisa menghalau bau badan. Tak cuma itu, garam juga punya sifat pembersih sehingga mampu menghilangkan kotoran dan keringat berlebih pada badan.

View this post on Instagram

A post shared by Amih Ine Vlog (@amihinevlog)

(brl/mal)

tags

STORIES