Tak perlu dioles es, ini trik menenangkan kulit akibat jerawat meradang pakai 2 jenis daun

Tak perlu dioles es, ini trik menenangkan kulit akibat jerawat meradang pakai 2 jenis daun

Brilio.net - Jerawat terbentuk ketika terjadinya penyumbatan pori-pori oleh minyak, sel kulit mati, dan bakteri. Umum dimulai sejak fase remaja, munculnya jerawat dipengaruhi beberapa hal, mulai dari perubahan hormon dan produksi minyak berlebih di dalam kulit.

Namun begitu, faktor eksternal seperti stres, polusi, dan konsumsi makanan yang tidak dijaga pun nyatanya juga dapat memperparah kondisi jerawat.

Jerawat pada dasarnya terbagi atas beberapa jenis. Ada yang hanya berupa bakal jerawat seperti komedo yang umumnya tidak menimbulkan rasa sakit.

Sementara itu, jenis jerawat mendalam seperti pustula, nodul, dan kista justru dapat menimbulkan rasa sakit yang intens akibat bakteri propionibacterium acnes yang berkembang biak secara cepat di area sempit dan tertutup di bawah jaringan kulit. Hal inilah yang kemudian memicu jerawat terkesan menjadi merah, bengkak, dan cenderung menyakitkan.

Jikalau kamu menghadapi masalah yang menyusahkan ini, kamu nggak perlu bingung juga kok. Pasalnya, kamu bisa memanfaatkan banyak bahan alami di luar sana yang memiliki khasiat ampuh dalam mengatasi radang jerawat ini.

Salah satunya caranya adalah dengan menggunakan campuran daun tulsi dan daun mint, sebagaimana dilansir briliobeauty.net pada Jumat (15/9) dari @iam_grincy di Instagram.

Tak perlu dioles es  Instagram

foto: freepik.com

Daun tulsi atau kemangi suci adalah daun yang memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba kuat. Komponen senyawa seperti eugenol, euginal, dan kariofilen di dalamnya secara efektif membantu meredakan peradangan pada kulit yang disebabkan oleh jerawat.

Daun kemangi suci juga memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan bakteri yang dapat memperburuk jerawat, membantu menyembuhkan luka kecil yang mungkin muncul setelah jerawat pecah, dan mengurangi peradangan secara keseluruhan.

Tak perlu dioles es  Instagram

foto: freepik.com

Daun mint terkenal karena komponen menthol yang memberikan sensasi dingin dan segar pada kulit. Selain itu, sifat antibakteri dan antiinflamasi mint dapat membantu mengurangi peradangan pada jerawat.

Daun mint juga merupakan bahan yang efektif dalam mengontrol produksi minyak berlebih sehingga mengurangi risiko penyumbatan pori-pori dan mencegah jerawat baru muncul.

Penggunaan kedua bahan di atas bisa kamu lihat pada petunjuk yang tertera di bawah ini.

Alat dan bahan:

1. Daun tulsi/kemangi suci secukupnya
2. Daun mint secukupnya
3. Ulekan
4. Botol spray kosong

Langkah pengerjaan:

Tak perlu dioles es  Instagram

foto: Instagram/@iam_grincy

1. Ambillah beberapa helai daun tulsi/kemangi suci dan rebus dalam sedikit air selama beberapa saat.
2. Masukkan beberapa helai daun mint dan haluskan menggunakan ulekan.
3. Bila dirasa cukup, gabungkan daun mint yang telah dihaluskan tadi bersama daun kemangi suci yang sedang direbus.
4. Tunggu hingga airnya berubah warna atau sekitar 5 menit.
5. Bila dirasa cukup, dinginkan lalu pindahkan air tersebut ke dalam botol spray kosong yang telah dibersihkan sebelumnya.
6. Semprotkan cairan ini secara merata pada wajah yang bersih, lalu biarkan hingga menyerap sempurna.
7. Gunakan setiap saat kapanpun dibutuhkan.

View this post on Instagram

A post shared by Grincy Gandhi (@iam_grincy)

(brl/lea)

tags

STORIES