Tak perlu infus whitening, begini trik putihkan wajah pakai masker eksfoliasi dari 1 jenis tepung

Tak perlu infus whitening, begini trik putihkan wajah pakai masker eksfoliasi dari 1 jenis tepung

Brilio.net - Tidak semua orang diberkati dengan kulit yang cerah dan sempurna. Sementara kulit secara alami menghasilkan pigmen yang disebut melanin yang memberi warna. Faktor eksternal seperti panas, polusi dan bakteri yang menambah produksi melanin, menyebabkan kulit menjadi lebih gelap dan terlihat kusam dari warna aslinya.

Banyak faktor yang menyebabkan kulit menjadi kusam, salah satunya adalah sel kulit mati yang menumpuk. Faktor lain seperti paparan sinar matahari juga dapat membuat kulit gelap karena saat terpapar, kulit melepaskan melanin. Pada dasarnya, kamu tak bisa mengubah jumlah melanin yang ada di kulit. Hanya saja, kamu bisa menghilangkan warna kecokelatan dan pigmentasi berlebih yang disebabkan faktor-faktor di atas.

Maka dari itu perlu diketahui cara untuk memutihkan wajah dengan aman dan hasilnya tetap maksimal. Sebenarnya untuk memutihkan kulit wajah banyak sekali caranya seperti menggunakan bahan alami, mengonsumsi obat pemutih, menggunakan krim pemutih, dan lain sebagainya. Di antara cara-cara tersebut, menggunakan bahan alami tampaknya menjadi jalan yang paling aman karena tidak menimbulkan efek samping jangka panjang yang buruk bagi kesehatan.

Seperti unggahan yang dibagikan akun TikTok @himynameispriya pada 24 Februari 2021. Dalam unggahan berdurasi 41 detik tersebut pemilik akun memberikan trik putihkan wajah pakai masker eksfoliasi dari 1 jenis tepung, yakni tepung beras. Selain itu, dia juga menambahkan bahan lain yaitu susu murni.

"Rice Flour face mask (Masker wajah dari Tepung Beras)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @himynameispriya, Minggu (23/7).

Trik putihkan wajah pakai masker eksfoliasi dari 1 jenis tepung Berbagai sumber

Trik putihkan wajah pakai masker eksfoliasi dari 1 jenis tepung
freepik.com

Tepung beras digunakan untuk membuat berbagai macam olahan makanan. Tapi tak hanya dapat diolah menjadi makanan, tepung beras juga dapat dimanfaatkan sebagai perawatan kulit alami. Tepung beras terbuat dari beras yang digiling hingga halus atau sampai menjadi bubuk. Lapisan terluar beras atau biasa disebut dedak mengandung zat antioksidan dan antiinflamasi. Dedak juga mengandung asam ferulat dan asam fitat yang sering ditambahkan ke dalam beberapa produk perawatan kulit.

Tekstur yang sedikit kasar dari tepung beras, bisa digunakan sebagai scrub wajah. Partikel yang ada di dalam beras membantu sel kulit mati mengelupas dan keluar dari pori-pori. Beras juga menyerap semua sebum dan membuat kulitmu jadi lebih cerah, halus, dan segar.

Selain itu, tepung beras juga cocok untuk kamu yang memiliki kulit wajah kusam dan gelap. Tepung beras bisa membantu memutihkan kulit wajahmu dengan pemakaian yang rutin. Tepung beras kaya akan nutrisi dan juga mineral sehingga sangat membantu dalam pencerahan kulit. Sedangkan asam amino dan vitamin yang ada didalamnya memiliki khasiat dalam membersihkan dan mengatasi minyak berlebih pada kulit.

Sedangkan susu, mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi kulit, seperti vitamin A, vitamin D, dan asam laktat. Salah satu manfaatnya adalah sebagai bahan eksfoliasi. Manfaat susu untuk eksfoliasi kulit berasal dari kandungan asam laktatnya yang mampu membersihkan sel kulit mati. Selain itu, nilai pH (tingkat keasaman) yang sedikit asam juga cocok untuk mendukung kesehatan kulit.

Kandungan asam laktat pada susu juga diyakini memiliki manfaat untuk memutihkan kulit dan menyamarkan noda hitam. Inilah mengapa ada banyak produk pemutih kulit yang menggunakan asam laktat atau susu sebagai agen pencerahnya. Asam laktat memang dapat mengelupas lapisan kulit mati yang menjadi penyebab kulit kusam.

Trik putihkan wajah pakai masker eksfoliasi dari 1 jenis tepung Berbagai sumber

Trik putihkan wajah pakai masker eksfoliasi dari 1 jenis tepung
TikTok/@himynameispriya

Cukup dengan kedua bahan tersebut kamu bisa membuat masker eksfoliasi yang mampu membantu memutihkan wajah. Apabila dipakai secara rutin, kamu akan mendapatkan kulit yang cerah dan putih merata. Yuk, simak cara membuatnya.

Bahan:

1. 2 sendok makan tepung beras
2. Susu murni secukupnya

Trik putihkan wajah pakai masker eksfoliasi dari 1 jenis tepung Berbagai sumber

Trik putihkan wajah pakai masker eksfoliasi dari 1 jenis tepung
TikTok/@himynameispriya

Cara membuat:

1. Tuangkan kedua bahan yang sudah disebutkan pada wadah
2. Aduk keduanya sampai tercampur merata dan bertekstur seperti pasta
3. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh
4. Gosok-gosok dengan lembut selama 2-3 menit
5. Diamkan selama 5 menit lalu lap menggunakan handuk basah dan lanjutkan bilas menggunakan air sampai bersih
6. Lanjutkan dengan penggunaan pelembap
7. Gunakan masker ini secara rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan kulit yang putih merata.

@himynameispriya Rice Flour face mask #beautyhacks original sound - Priya Sharma

(brl/ola)

tags

STORIES