Tak perlu ke dokter, begini cara mengatasi melasma hanya pakai masker dari 1 jenis daun

Tak perlu ke dokter, begini cara mengatasi melasma hanya pakai masker dari 1 jenis daun

Brilio.net - Masalah kulit seperti bintik hitam memiliki berbagai jenisnya, salah satunya adalah melasma. Kondisi kulit ini terjadi karena peningkatan produksi melanin dalam kulit. Biasanya, melasma muncul dengan bintik abu-abu gelap di area wajah. Selain itu, bintik gelap ini cenderung muncul dengan bentuk yang simetris pada kedua sisi wajah, contohnya saja di pipi kanan dan kiri. Selain itu, melasma biasanya muncul dengan ukuran bercak yang lebih besar.

Penyebab utamanya adalah perubahan hormon estrogen dan progesteron yang terjadi selama kehamilan dan menopause. Untuk mengatasi melasma, kebanyakan orang akan pergi berkonsultasi ke dokter kecantikan untuk mendapatkan produk perawatan. Salah satu produk tersebut adalah skincare dengan kandungan asam kojik, asam azelaic, hidrokuinon, dan retinoid.

Selain produk skincare, melasma juga dapat diatasi menggunakan metode kecantikan yaitu laser dan peeling. Tidak hanya dengan metode kecantikan itu, melasma juga bisa kamu atasi menggunakan masker yang terbuat dari bahan alami.

Bahan kali ini yang digunakan adalah daun jambu biji atau psidium guajava. Daun ini memiliki berbagai kandungan, seperti antioksidan dan sifat antiinflamasi. Kedua sifat tersebut dapat membantu meredakan peradangan karena melasma, membantu melindungi dari paparan sinar matahari, mencerahkan, dan menjaga kulit agar tetap sehat.

Masker tersebut tidak hanya menggunakan satu bahan utama saja, terdapat bahan lain yaitu lemon dan madu sebagai pelengkap. Lemon memiliki kandungan berupa asam sitrat yang dapat mengurangi produksi melanin berlebih. Di sisi lain, madu memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu memudarkan bekas luka dan pigmentasi berlebih sehingga dapat mencerahkan kulit.

Kombinasi kedua bahan tersebut juga menghasilkan sifat antioksidan yang dapat melindungi kulit dan mencegah kerusakan. Selain itu, sifat antiinflamasi dapat membantu meredakan peradangan karena kemerahan.

Itulah manfaat dari ketiga bahan yang bisa kamu dapatkan. Namun perlu diperhatikan, jika melasma tidak kunjung hilang atau semakin parah, kamu harus melakukan perawatan kulit dengan ahlinya.

Lantas bagaimana cara membuat masker dari bahan-bahan tersebut? Yuk, simak tutorial yang dibagikan oleh pengguna YouTube Isma Zahira seperti dilansir briliobeauty.net, Kamis (15/6).

Bahan-bahan:

cara mengatasi melasma berbagai sumber

foto: YouTube/@IsmaZahira

1. 7 Lembar daun jambu biji.
2. Air mineral.
3. 1 Lembar kapas bersih.
4. 1 Buah lemon.
5. Madu.

Cara membuat:

cara mengatasi melasma berbagai sumber

foto: YouTube/@IsmaZahira

1. Cuci hingga bersih daun jambu biji.
2. Haluskan daun jambu biji dengan blender atau ditumbuk. Lalu masukkan ke dalam wadah.
3. Tambahkan dua sendok makan air mineral ke dalam wadah tersebut.
4. Aduk bahan campuran dan saring.
5. Lalu, tambahkan perasan jeruk lemon.
6. Masukkan satu sendok teh madu murni.
7. Aduk kembali hingga tercampur rata.

Dengan menggunakan langkah-langkah di atas, masker dari satu jenis daun ini bisa langsung kamu gunakan. Caranya, bersihkan wajah terlebih dahulu, lalu oleskan masker menggunakan kapas secara merata. Celupkan sisa kapas ke dalam masker tersebut. Lalu, tempelkan pada area melasma. Diamkan kurang lebih 30 menit dan bilas menggunakan air biasa. Agar melasma di area wajah hilang, gunakan masker ini secara rutin.

Kamu bisa menggunakan Selection Facial Cotton untuk mengaplikasikan masker ini di wajah. Selection Facial Cotton adalah produk kapas yang berkualitas tinggi dan cocok untuk perawatan wajah. Kapas ini memiliki tekstur unik yang lembut, sejuk dan tidak meninggalkan serat di kulit. Kamu bisa menggunakan kapas ini untuk membersihkan riasan, mengeksfoliasi wajah, menghidrasi wajah atau mengaplikasikan toner. Selection Facial Cotton tersedia dalam berbagai ukuran dan kemasan yang praktis dan higienis. Untuk membeli di ecommerce kamu bisa klik di bawah ini.

Nah, hingga kini unggahan video tersebut ditonton hingga 780 ribu kali dan mendapat tanda like lebih dari 7,8 ribu pengguna YouTube.

"Beneran ampuh lho daun jambu biji , aku sdh coba flekku menipis gaes ... Makasih mbk resepnya , sukses selalu," tulis akun @tariyati4668.

"Bagus bangettt sih Makasih ya mbak resep ya," komentar akun @gitaanggreni462.

"Air nya jgn terlalu bnyk menurutku...krn nanti ada air perasan lemon... biar ga terlalu encer," komentar akun @syarifahzahara5918.

"dipakainya hrs malam / bisa siang hari & dipakai setiap hari/ berapa hari sekali??" tanya akun @intanfirly9454.

"Boleh pagi/malam sebelum tidur. Pemakaian nya 2-3x seminggu," jawab akun @IsmaZahira.

(brl/jad)

tags

STORIES