Tak perlu krim pemutih, ini trik bikin lutut kasar menghitam jadi halus dan cerah pakai 1 bahan kue

Tak perlu krim pemutih, ini trik bikin lutut kasar menghitam jadi halus dan cerah pakai 1 bahan kue

Brilio.net - Tidak dapat dipungkiri bahwa wajah merupakan fokus utama saat seseorang ingin melakukan perawatan dengan skincare. Hal ini memang wajar, mengingat wajah adalah bagian tubuh yang menjadi pusat perhatian dalam rutinitas sehari-hari. Meskipun demikian, hal ini seringkali membuat banyak orang lalai dalam merawat bagian tubuh lainnya, salah satunya area lutut.

Masalah umum yang sering ditemui pada lutut adalah tekstur kulitnya yang kasar dan berwarna gelap. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh gesekan dan tekanan yang terus-menerus akibat digunakannya lutut sebagai titik tumpuan ketika beraktivitas. Apalagi jika seseorang sering memakai pakaian di atas lutut, hal ini akan menyebapkan lutut terpapar sinar mataharidan debu secara konstan, sehingga menjadi kering, kasar, dan kotor.

Namun begitu, kamu nggak perlu bingung. Soalnya, ada cara mudah dengan menggunakan bahan alami sebagai solusi alternatif mengatasi masalah tersebut. Salah satunya seperti yang ditunjukkan pemilik akun Instagram @baraianamika17.

Dilansir briliobeauty.net pada Jumat (10/11), pemilik akun menggunakan campuran baking soda dan aloe vera sebagai kunci penanganannya.Baking soda atau natrium bikarbonat merupakan bahan alami yang dapat membantu eksfoliasi dan membersihkan kulit mati pada siku.

lutut kasar menghitam  Instagram

foto: freepik.com

Artinya, baking soda menjadi bahan yang efektif dalam membantu mencerahkan kulit lutut dan mengurangi warna gelapnya. Selain itu, baking soda juga memiliki sifat antibakteri dan antiseptiknya yang bisa membantu mengurangi kemungkinan infeksi pada kulit.

lutut kasar menghitam  Instagram

foto: freepik.com

Gel dari aloe vera sendiri telah dikenal sejak lama karena sifat penyembuhannya. Gel aloe vera kaya akan antioksidan, vitamin E, dan enzim yang membantu menyamarkan hiperpigmentasi dan mengurangi kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Selain itu, aloe vera juga memiliki efek menenangkan dan melembapkan kulit, membantu mengurangi peradangan, dan meremajakan sel-sel kulit sehingga dapat memudarkan efek kasar dan pigmentasi di area lutut. Kedua bahan di atas bisa kamu gunakan dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 1 sendok makan gel aloe vera
2. 1/2 sendok teh baking soda
3. 1 kapsul vitamin E (opsional, bila ada)
4. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

lutut kasar menghitam  Instagram

foto: Instagram/@baraianamika17

1. Masukkan 1 sendok makan gel aloe vera dalam sebuah wadah kecil
2. Taburkan 1/2 sendok teh baking soda setelahnya
3. Bila ada, campurkan isi dari 1 kapsul vitamin E pula dalam wadah tersebut (opsional)
4. Aduk seluruh bahan hingga tercampur rata
5. Oles dan gosokkan campuran ini ke area lutut yang bermasalah selama 3-4 menit dengan gerakan melingkar
6. Diamkan selama beberapa saat sebelum dibilas bersih dengan air
7. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

(brl/mal)

tags

STORIES