Tak perlu kunyit, ini trik mengecilkan pori-pori agar tidak tersumbat pakai 1 jenis biji-bijian

Tak perlu kunyit, ini trik mengecilkan pori-pori agar tidak tersumbat pakai 1 jenis biji-bijian

Brilio.net - Pori-pori merupakan rongga kecil pada permukaan kulit yang berfungsi sebagai saluran pengeluaran minyak dan keringat. Meskipun berperan penting dalam proses menjaga keseimbangan suhu dan kelembapan kulit, pori-pori ini dapat berubah menjadi masalah ketika lubang salurannya membesar dari biasanya.

Pada dasarnya, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan membesarnya rongga pori-pori kulit. Selain faktor usia yang memengaruhi mengendurnya ukuran pori-pori, kelebihan produksi minyak yang terakumulasi bersama kotoran dan sel kulit mati pada wajah juga menjadi pemicu utamanya.

Saat kondisi itu terjadi, ukuran pori-pori akan membesar karena adanya "tampungan" yang harus ditanggung sehingga cenderung menjadi tersumbat oleh kotoran dan minyak. Gumpalan yang menumpuk itulah yang nanti akan berubah menjadi masalah kulit lain seperti komedo dan jerawat.

Kamu yang tengah menghadapi permasalahan ini nggak perlu panik. Pasalnya, ada banyak sekali bahan alami di luar sana yang bisa kamu manfaatkan sebagai solusi alternatif merapatkan ukuran pori-pori. Salah satunya seperti menggunakan campuran biji rami (flaxseed) dan beras, sebagaimana dilansir briliobeauty.net dari Instagram @vandana_goswamii pada Kamis (7/9).

mengecilkan pori-pori agar tidak tersumbat  Instagram

mengecilkan pori-pori agar tidak tersumbat
freepik.com

Flaxseed, atau biji rami, mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi, serat, dan lignan. Omega-3 memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dan pembentukan jerawat.

Serat dalam flaxseed membantu membersihkan pori-pori dari kotoran dan sel kulit mati sehingga mengurangi risiko penumpukan kotoran yang membuat pori-pori membesar. Sementara itu, senyawa aktif lignan memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

mengecilkan pori-pori agar tidak tersumbat  Instagram

mengecilkan pori-pori agar tidak tersumbat
freepik.com

Air beras mengandung berbagai nutrisi dan senyawa yang bermanfaat bagi kulit. Pertama, kemampuannya untuk membersihkan kulit secara mendalam melalui kandungan asam phytic. Di mana kandungan ini dapat membantu mengangkat kotoran dan minyak berlebih yang menyumbat pori-pori.

Selain itu, ekstrak beras juga memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit. Hal ini membuat air beras efektif dalam mengurangi potensi munculnya masalah yang disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori.

Nah, kedua bahan di atas ini bisa kamu manfaatkan dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 1 sendok makan biji flaxseed
2. 1 sendok makan beras
3. 1/2 gelas kecil air bersih
4. Alat penyaring
5. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

mengecilkan pori-pori agar tidak tersumbat  Instagram

mengecilkan pori-pori agar tidak tersumbat
Instagram/@vandana_goswamii

1. Isi panci di atas kompor dengan 1/2 gelas air bersih
2. Tambahkan biji flaxseed dan beras yang telah dibersihkan, masing-masing 1 sendok makan
3. Rebuslah keduanya hingga mendidih, sekitar 5 menit
4. Setelahnya, saring gel yang didapat ke dalam sebuah jar atau wadah kecil
5. Aplikasikan gel tersebut setiap hari selama 2-3 menit ke wajah secara merata
6. Biarkan gel tersebut hingga menyerap. Jika perlu, bilas keesokan paginya
7. Gunakan secara rutin untuk mendapat hasil maksimal.

(brl/ola)

tags

STORIES