Tak perlu lemon dan garam, wanita ini bagikan trik atasi gigi kuning berkarang pakai 1 bahan dapur

Tak perlu lemon dan garam, wanita ini bagikan trik atasi gigi kuning berkarang pakai 1 bahan dapur

Brilio.net - Banyak orang yang mengabaikan kesehatan dan kebersihan gigi. Padahal memiliki gigi yang sehat, bersih, dan putih dapat meningkatkan kepercayaan diri. Meski begitu, mendapatkan gigi impian tersebut bukanlah perkara mudah. Karena banyak faktor yang justru membuat gigi tampak kuning, berplak, dan penuh karang gigi.

Gigi kuning, berplak, hingga berkarang sangatlah mengganggu kenyamanan dan penampilan. Dari sisi kesehatan, kondisi ini dapat memicu berbagai masalah baru seperti bau mulut yang tidak sehat, radang gusi, hingga sakit gigi.

Timbunan plak adalah salah satu dari faktor munculnya noda kuning pada permukaan gigi. Plak bisa muncul karena berbagai hal, mulai dari menumpuknya jaringan ludah hingga bekas makanan yang tidak dibersihkan, sehingga akan membantuk cairan lengket di permukaan gigi.

Semakin lama kamu tidak membersihkan atau menggosok gigi, maka semakin tebal plak yang menumpuk di gigi dan gusi. Hal inilah yang menjadi salah satu terbentuknya karang gigi. Tak cuma itu, konsumsi kopi atau makanan yang berwarna pekat, merokok, pola makan tinggi gula serta karbohidrat, dan faktor usia adalah penyebab lain yang memicu gigi tampak menguning.

Nah, jika kamu salah satu orang yang mengalami masalah ini, tak perlu risau karena kamu bisa memutihkan gigi menguning sekaligus menghilangkan karang gigi dengan berbagai cara. Kamu bisa melakukan scalling serta whitening treatment di dokter gigi, menggunakan pasta dengan kandungan pemutih, hingga memanfaatkan bahan-bahan alami.

Lemon dan garam menjadi bahan alami yang kerap kali dimanfaatkan untuk memutihkan sekaligus mengatasi karang gigi yang membandel. Kedua bahan tersebut memang efektif untuk mengatasi berbagai permasalahan gigi. Tapi ternyata, ada bahan alami lain yang tak kalah ampuh untuk memutihkan gigi kuning dan berkarang lho.

Seperti unggahan dari seorang wanita melalui akun TikTok @sammymontgoms yang hanya memakai 1 bahan dapur, yakni minyak kelapa murni atau VCO.

VCO atasi gigi kuning berkarang TikTok

VCO atasi gigi kuning berkarang
TikTok/@sammymontgoms

"Oil pulling day 10, my teeth are getting so much whiter and my gum health is top notch (Oil pulling hari ke 10, gigi saya menjadi lebih putih dan kesehatan gusi saya sangat baik)," kata wanita pemilik akun dalam keterangan video unggahan, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @sammymontgoms, Jumat (3/5).

Kandungan dan manfaat minyak kelapa murni untuk memutihkan gigi kuning berkarang.

Dikutip dari laman Healthline, manfaat minyak kelapa untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut ternyata sudah dikenal sejak zaman dahulu. Ini dikenal dengan istilah oil pulling yang menjadi kebiasaan masyarakat India. Pasalnya, kandungan asam laurat dalam minyak kelapa dipercaya dapat mencegah berbagai masalah pada gigi. Tak terkecuali untuk memutihkan gigi kuning, berkarang, dan berplak.

Kandungan asam laurat dengan sifat antibakteri di dalam minyak kelapa memang paling efektif untuk membunuh bakteri dibandingkan jenis asam lainnya. Untuk diketahui, bakteri merupakan salah satu penyebab munculnya plak dan gigi yang menguning. Meskipun minyak kelapa tidak dapat digunakan untuk memutihkan gigi secara langsung, namun bahan alami ini memiliki manfaat sebagai pembunuh bakteri dan pencegah gigi berlubang.

Artinya, cairan ini juga bisa mencegah perubahan warna gigi yang menyertai kondisi tersebut. Adanya kandungan monolaurin dalam minyak kelapa juga terbukti mampu menekan pertumbuhan bakteri mulut sehingga bau mulut yang tak sedap serta penumpukan karang gigi yang membandel dapat segera diatasi.

Hanya dengan minyak kelapa murni saja kamu bisa mengatasi masalah gigi kuning dan berkarang. Penggunaan minyak ini secara rutin juga akan membuat mulut lebih sehat dan terbebas dari masalah gigi berlubang serta bau mulut yang tidak sedap. Berikut cara menggunakannya.

VCO atasi gigi kuning berkarang TikTok

VCO atasi gigi kuning berkarang
TikTok/@sammymontgoms

Bahan:

- 1 sendok makan minyak kelapa murni atau VCO

Cara menggunakan:

1. Ambil minyak kelapa murni lalu gunakan untuk berkumur selama 15-20 menit
2. Pastikan seluruh bagian mulutmu terkena minyak kelapa
3. Buang minyak kelapa dari mulut kemudian bilas mulut dengan berkumur menggunakan air bersih
4. Lanjutkan dengan menyikat gigi seperti biasanya
5. Lakukan cara ini dengan rutin setiap hari untuk mendapatkan gigi putih bebas karang.

VCO atasi gigi kuning berkarang TikTok

VCO atasi gigi kuning berkarang
TikTok/@sammymontgoms

@sammymontgoms Oil pulling day 10my teeth are getting so much whiter and my gum health is top notch. #oilpulling #gumhealth #bacteria #coconutoil #fyp #foryou original sound - carneyval

(brl/ola)

tags

STORIES