Tak perlu madu, begini cara haluskan tangan kasar dan kering pakai 2 jenis minyak esensial

Tak perlu madu, begini cara haluskan tangan kasar dan kering pakai 2 jenis minyak esensial
Memiliki telapak tangan yang kasar memang termasuk kondisi yang wajar, tetapi terkadang kondisi ini membuat kulit terasa tak nyaman. Hal ini umumnya disebabkan oleh kulit yang kehilangan kelembapan sehingga kulit memiliki tekstur kasar, mengelupas, dan gatal. Umumnya, hal ini diakibatkan oleh masalah kulit kering yang dapat dipicu oleh beberapa penyebab.

Biasanya, penyebab telapak tangan kasar ini adalah aktivitas sehari-hari yang banyak menggunakan tangan. Misalnya, mencuci piring, mencuci baju, menyetir kendaraan, hingga mengetik di komputer. Selain kurang enak dipandang, kondisi kulit yang kering dan kasar dapat membuat aktivitas meraba benda ikut terganggu.

Menurut studi dari International Journal of Dermatology, paparan cuaca dingin juga bisa menyebabkan telapak tangan menjadi kering. Kondisi ini memang cukup mengganggu, terlebih bagi wanita yang memperhatikan kecantikan kulit tubuh. Kondisi ini membuat siapapun yang mengalami jadi kurang percaya diri.

Cara mengatasi tangan kasar dan pun penting kamu ketahui supaya masalah kulit tanganmu tidak berlarut-larut. Salah satu caranya adalah dengan menghindari penyebabnya. Namun tentunya tidak setiap saat penyebab tangan kasar ini dapat dihindari. Ini karena penyebab tangan kasar cenderung berhubungan dengan produk kebersihan yang berdampak juga untuk kesehatan tubuhmu secara keseluruhan.

Nah, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami guna mengurangi kondisi kasar dan kering pada kulit tanganmu. Tak perlu pakai madu, meskipun bahan yang satu ini dikenal mampu melembapkan kulit. Karena ada bahan lain yang tak kalah efektif dari madu yang bisa kamu gunakan.




Seperti video yang dibagikan oleh akun TikTok @parabellbeauty pada 15 Mei 2021. Unggahan tersebut berisi tentang cara haluskan tangan kasar dan kering pakai 2 jenis minyak esensial. Minyak esensial yang dimaksud adalah minyak kelapa dan jojoba oil.

"This is how you get super moisturized hands (Inilah cara kamu mendapatkan tangan yang sangat lembap)," katanya sebagai keterangan video unggahan, yangbriliobeauty.netlansir dari akun TikTok @parabellbeauty, Senin (14/8).

Haluskan tangan kasar kering pakai 2 minyak esensial Berbagai sumber foto:freepik.com

Minyak kelapa memiliki kandungan asam linoleat yang bisa membuat kulit terhidrasi, sehingga bisa memperkuat lapisan teratas kulit (skin barrier). Berkat kemampuannya dalam melembapkan kulit, pemilik kulit tangan kering bisa menjadikan minyak kelapa sebagai perawatan kulit agar kulit lebih lembap dan kenyal.

Dengan kandungan antioksidan, minyak kelapa juga dapat meningkatkan fungsi kulit dan melindungi kulit dari faktor eksternal, seperti penyebab infeksi, zat kimia, dan pemicu alergi. Dengan begitu, kulit jadi tetap sehat, halus, dan terhindar dari kekeringan.

Tak terkecuali dengan jojoba oil yang mengandung vitamin E yang dapat digunakan sebagai antioksidan untuk meningkatkan kelembapan dan keelastisan kulit. Jojoba oil juga cocok digunakan untuk melembapkan kulit kering yang bisa menyebabkan iritasi, bercak bersisik, atau kulit kasar. Nah, minyak yang satu ini juga dapat berperan sebagai emolien yang dapat membantu mencegah kulit kehilangan kelembapannya.

Haluskan tangan kasar kering pakai 2 minyak esensial Berbagai sumber

foto: TikTok/@parabellbeauty

Cukup dengan kedua jenis minyak tersebut kamu dapat membuat hand mask, yang diformulasikan untuk mengatasi tangan kering dan kasar. Berikut cara membuatnya.

Bahan:

1. 1 Sendok teh minyak kelapa
2. 1 Sendok makan jojoba oil
3. Sepasang sarung tangan plastik

Haluskan tangan kasar kering pakai 2 minyak esensial Berbagai sumber

foto: TikTok/@parabellbeauty

Cara membuat:

1. Campurkan kedua minyak tersebut pada wadah
2. Aduk keduanya sampai tercampur merata
3. Aplikasikan pada tangan yang sudah bersih secara menyeluruh, tak terkecuali pada bagian sela-sela jari
4. Gosok-gosok dengan lembut lalu bungkus dengan sarung tangan plastik
5. Diamkan selama 10 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih
6. Lanjutkan dengan penggunaan hand cream
7. Gunakan hand mask ini secara rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan tangan yang halus dan antikering.


@parabellbeauty This is how you get super moisturized hands. #handmask #jojobaoil #coconutoil #handcare #nailcare #PonderWithZion BUBBLE TEA - dark cat

(brl/far)

tags

STORIES