Tak perlu minyak zaitun, ini cara atasi kulit kepala kering dan berketombe pakai 1 jenis bumbu dapur

Tak perlu minyak zaitun, ini cara atasi kulit kepala kering dan berketombe pakai 1 jenis bumbu dapur

Brilio.net - Kondisi kulit kepala setiap orang berbeda-beda, ada yang normal, berminyak, hingga kering. Kulit kepala yang kering tentu saja akan menimbulkan berbagai macam masalah, salah satunya adalah kulit kepala yang terkelupas dan menghasilkan serpihan ketombe. Jika dibiarkan, hal ini akan memengaruhi kepercayaan dirimu.

Kebiasaan sehari-hari seperti kurang minum dan keramas terlalu sering bisa menyebabkan kulit kepala kering. Berbagai masalah kesehatan seperti eksim dan psoriasis juga turut serta jadi penyebab. Kulit kepala kering bisa menyebabkan serangkaian masalah seperti gatal, ketombe, dan rambut rontok.

Penyebabnya berbeda-beda, tetapi yang paling umum yaitu akibat reaksi terhadap perubahan cuaca dan produk perawatan rambut yang digunakan. Oleh karena itu, tak sedikit orang mencari cara untuk mengatasi kulit kepala kering dan berketombe.

Bukan dengan sampo antiketombe atau produk hair care lain di pasaran yang memiliki berbagai klaim, karena kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk mengatasi masalah ini. Kebanyakan orang memilih memanfaatkan minyak zaitun untuk melembapkan kulit kepalanya.

Memang diketahui, minyak zaitun memiliki beragam manfaat untuk kulit kepala dan rambut. Padahal ada bahan lain yang ternyata tak kalah ampuh lho. Salah satunya seperti video yang dibagikan oleh akun TikTok @engaammayi pada 30 Mei 2021.

Dalam unggahannya, pemilik akun memberikan cara atasi kulit kepala kering dan berketombe pakai 1 jenis bumbu dapur. Bumbu dapur yang dimaksud adalah bawang merah. Selain bawang merah, ia juga menambahkan bahan lain yaitu lidah buaya dan lemon.

"Homemade Hair Mask for healthy hair and scalp (Masker rambut buatan sendiri untuk kesehatan rambut dan kulit kepala)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @engaammayi, Kamis (17/8).

Atasi kulit kepala kering dan ketombe pakai 1 bumbu dapur Berbagai sumber

foto: freepik.com

Bawang merah mengandung vitamin C, E, dan A yang tinggi serta penting untuk kesehatan dan kekuatan batang rambut. Tak hanya itu, kandungan sulfur pada bawang merah juga sangat baik untuk meningkatkan kekuatan keratin pada rambut. Kandungan sulfur dan vitamin C pada bawang merah sangat efektif untuk mengusir ketombe dari kulit kepala.

Kulit kepala yang tidak dijaga kebersihannya akan mudah terserang berbagai penyakit, seperti datangnya ketombe, borok pada kulit kepala, datangnya kutu rambut, dan masih banyak lagi. Tidak hanya rajin mencuci rambut minimal setiap dua hari sekali, kamu juga bisa menggunakan bawang merah untuk membuat kulit kepala tetap sehat. Di dalam bawang merah, terdapat protein yang amat baik untuk menjaga kesehatan kulit kepala.

Sementara lidah buaya, dapat meredakan kulit kepala gatal karena dermatitis seboroik atau dikenal sebagai ketombe. Menurut studi dalam Journal of Dermatological Treatment, gejala kulit kepala gatal dan mengelupas ini bisa diobati dengan lidah buaya. Asam lemak yang ditemukan dalam tanaman lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi untuk meredakan gatal pada kulit kepala. Nah, kamu bisa memanfaatkan lidah buaya untuk rambut agar kulit kepala lebih sehat, lembap, dan bebas jamur penyebab ketombe.

Tak terkecuali dengan lemon yang juga dikenal memiliki beragam manfaat untuk rambut dan kulit kepala. Kandungan asam sitrat dalam lemon dapat membantu menyeimbangkan kadar pH pada kulit kepala secara alami. Kadar pH yang seimbang bisa membuat kulit kepala menjadi lebih sehat dan menurunkan risiko munculnya ketombe yang membuat kepala terasa gatal.

Kandungan asam sitrat dalam lemon juga bermanfaat untuk menenangkan kulit kepala kering dan gatal akibat paparan udara dingin AC, udara dingin saat musim hujan, paparan sinar matahari berlebihan, atau penggunaan produk perawatan rambut dengan bahan kimia yang cukup kuat.

Kandungan vitamin C dalam lemon juga memiliki efek antioksidan yang mampu merangsang folikel untuk memproduksi rambut yang lebih sehat dan kuat. Kandungan ini juga dapat merangsang produksi kolagen untuk memperbaiki kerusakan di sel kulit kepala.

Atasi kulit kepala kering dan ketombe pakai 1 bumbu dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@engaammayi

Nah, dengan ketiga bahan tersebut, kamu bisa membuat masker rambut yang diklaim mampu menjaga kesehatan kulit kepala. Tak hanya lembap, kulit kepala juga akan lebih ternutrisi dan bebas ketombe. Yuk, simak cara membuatnya berikut ini.

Bahan:

1. 6 tangkai tanaman lidah buaya
2. 1 buah lemon
3. 2 siung bawang merah

Atasi kulit kepala kering dan ketombe pakai 1 bumbu dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@engaammayi

Cara membuat:

1. Potong tanaman lidah buaya lalu ambil bagian dagingnya.
2. Masukkan ke dalam blender, kemudian tambahkan lemon dan bawang merah.
3. Blender ketiga bahan tersebut sampai halus dan tercampur merata.
4. Pindahkan pada botol spray atau jar untuk mempermudah pengaplikasian.
5. Aplikasikan pada bagian kulit kepala secara menyeluruh.
6. Pijat-pijat dengan lembut agar lebih meresap.
7. Tutup rambut menggunakan shower cap lalu diamkan selama 45 menit.
8. Bilas menggunakan sampo dan kondisioner andalanmu.
9. Gunakan masker rambut ini secara rutin 2-3 kali seminggu untuk hasil yang optimal.

@engaammayi Homemade Hair Mask for healthy hair and scalp #hairmask #homeremedies #healthyhair #cleardandruff original sound -

(brl/jad)

tags

STORIES