Tak perlu operasi facelift, ini trik kencangkan kulit yang mengendur dengan 1 jenis biji-bijian

Tak perlu operasi facelift, ini trik kencangkan kulit yang mengendur dengan 1 jenis biji-bijian

Brilio.net - Penuaan adalah sebuah proses menurunnya efisiensi dan efektivitas organ tubuh dalam menopang fungsi yang seharusnya mereka jalankan. Pada kulit, fase ini sering kali ditandai dengan hilangnya kekencangan kulit seiring bertambahnya usia. Hal ini kemudian menyebabkan struktur kulit menjadi kendur dan dalam prosesnya memunculkan bekas kerutan seperti keriput dan garis halus.

Mengapa kulit seseorang menjadi kendur seiring dengan penuaan? Hal ini sebenarnya didasari pada faktor produksi kolagen dan elastin, dua komponen protein yang berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit. Sejalan dengan bertambahnya usia, kemampuan kulit dalam memproduksi kolagen dan elastin akan menurun. Akibatnya, kulit pun menjadi sulit mempertahankan struktur dan kelembapan alaminya. Lambat laun, kulit wajah pun jadi kehilangan kekencangannya dan menjadi kendur.

Selain terjadi secara alami, beberapa faktor seperti sinar ultraviolet (UV) dari matahari, polusi udara, serta pola hidup yang tidak sehat seperti merokok juga membawa bahaya nyata dalam menurunkan tingkat elastisitas kulit. Setiap faktor tadi sama-sama membawa sifat merusak sel-sel kulit dan menganggu proses pembaharuan alami kulit. Akibatnya, tidak mengherankan jika banyak orang tampak sudah memiliki tanda-tanda penuaan di kulitnya meskipun masih berusia muda.

Namun begitu, kamu nggak perlu sampai melakukan operasi mahal seperti facelift dan suntik botoks untuk mengatasi masalah ini. Pasalnya, kamu bisa mencoba memanfaatkan bahan alami untuk membantu memperlambat kemunculan penuaan di kulit.

Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan campuran biji cia dengan susu, aloe vera, dan madu. Cara ini sebagaimana diperagakan oleh pengguna akun Instagram @theglobalistagirl yang dilansir briliobeauty.net pada Selasa (19/9).

Tak perlu operasi facelift  Instagram

foto: freepik.com

Biji cia merupakan bahan alami yang sering digunakan sebagai topping dari minuman-minuman sehat. Hal ini dikarenakan biji cia mengandung asam lemak omega-3, antioksidan, dan serat. Asam lemak ini dapat membantu meredakan peradangan kulit dan meningkatkan regenerasi sel-sel kulit menjadi lebih baik.

Selain itu, sifat antioksidan di dalamnya membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan sinar UV yang acap mempercepat proses penuaan pada kulit.

Tak perlu operasi facelift  Instagram

foto: freepik.com

Susu merupakan minuman bernutrisi yang memiliki banyak manfaat tidak hanya ketika diminum, namun juga sebagai perawatan kulit. Susu mengandung asam laktat, sejenis asam alpha hydroxy (AHA) yang membantu mengangkat lapisan sel kulit mati dengan lembut dan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru. Kandungan ini membuat susu efektif dalam membantu memudarkan kerutan sekaligus meremajakan kulit.

Tak perlu operasi facelift  Instagram

foto: freepik.com

Gel lidah buaya telah lama dikenal kaya akan banyak senyawa bermanfaat, termasuk di antaranya vitamin (A, C, dan E), mineral, enzim, asam amino, dan polisakarida. Berkat berbagai senyawa ini, aloe vera dapat menghidrasi kulit secara mendalam dan merangsang produksi kolagen dalam kulit. Hal ini membuat aloe vera dapat membantu mengurangi tampilan tanda-tanda penuaan serta kembali mengencangkan kulit yang mengendur.

Tak perlu operasi facelift  Instagram

foto: freepik.com

Madu telah umum dikenal mengandung sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan kandungan enzim dan antioksidan dalam madu merupakan zat yang efektif dalam meningkatkan elastisitas kulit dan merangsang pertumbuhan sel-sel baru. Selain itu, madu penuh dengan faktor hidrasi yang dapat memberi kelembapan pada kulit dengan baik.

Nah, keempat bahan di atas bisa kamu gunakan dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 1 sendok makan biji cia
2. 3 sendok makan susu murni
3. 1 sendok teh gel aloe vera
4. 1/2 sendok teh madu murni
5. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

Tak perlu operasi facelift  Instagram

foto: Instagram/@theglobalistagirl

1. Masukkan 1 sendok makan biji cia dalam sebuah wadah kecil.
2. Tuangkan sekitar 3 sendok makan susu murni dalam wadah tersebut.
3. Campurkan pula 1 sendok teh gel aloe vera dan 1/2 sendok teh madu murni.
4. Aduk seluruh bahan hingga tercampur rata.
5. Oleskan campuran ini secara menyeluruh ke wajah yang telah dibersihkan sebelumnya.
6. Biarkan hingga cukup kering (kurang lebih 20 menit).
7. Bila dirasa cukup, bilas dengan air hingga bersih dari residunya.

(brl/jad)

tags

STORIES