Tak perlu scaling, ini cara cegah munculnya noda kuning di permukaan gigi pakai 1 bahan alami

Tak perlu scaling, ini cara cegah munculnya noda kuning di permukaan gigi pakai 1 bahan alami

Brilio.net - Mempunyai penampilan gigi yang cerah, bersih, dan terbebas dari noda kuning adalah dambaan bagi semua orang. Bukan tanpa alasan, gigi yang tampak putih bisa meningkatkan rasa percaya diri seseorang terlebih ketika tersenyum. Senyuman tersebut bisa membekas kepada orang yang melihatnya. Namun bagaimana jadinya jika gigi berubah warna menjadi kuning atau bahkan kecokelatan? Mungkin hal tersebut bagi sejumlah orang bisa mengganggu penampilan.

Penyebab terjadinya perubahan warna pada gigi ini tidak terjadi begitu saja. Melainkan ada faktor yang memengaruhi kondisi tersebut. Pertama yaitu terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman berwarna, seperti teh, kopi, soda, dan saus. Makan dan minuman ini diketahui mengandung pigmen warna yang dapat menempel pada enamel gigi dan menyebabkan noda kuning.

Tidak hanya berasal dari makanan dan minuman, perubahan warna pada gigi juga bisa terjadi karena proses penuaan. Seiring bertambahnya usia, enamel gigi dapat menjadi lebih tipis dan membuat lapisan dentin yang berwarna gelap jadi terlihat lebih jelas.

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mencegah munculnya noda kuning pada gigi. Pertama yaitu perhatikan makanan dan minuman. Lalu, rutin membersihkan gigi dengan treatment scaling di klinik dokter gigi. Namun sayangnya, treatment ini dibanderol dengan harga yang cukup menguras dompet.

Sebagai solusi dari masalah di atas, kamu bisa membersihkan gigi dengan memakai pasta yang berasal terbuat dari bahan alami. Cara ini dibagikan oleh pengguna YouTube Artful Homemaking yang dilansri briliobeauty.net, Senin (25/9).

Dalam video berdurasi kurang lebih lima menit itu, pengguna YouTube mencegah gigi kuning memakai minyak kelapa dan baking soda. Pasalnya, minyak kelapa mengandung sifat antiinflamasi dan antimikroba yang bisa membantu mengurangi peradangan dan mengatasi infeksi pada gusi. Berkumur dengan minyak kelapa juga bisa menjaga kebersihan mulut dan mengurangi noda kuning pada gigi. Tidak hanya itu, minyak kelapa juga bisa memberikan aroma segar pada mulut.

Sementara baking soda memiliki tekstur halus dan butiran kecil yang berfungsi sebagai bahan abrasif lembut. Ketika digunakan dalam pasta gigi atau campuran pembersih gigi, baking soda dapat membantu menghilangkan noda yang terbentuk pada permukaan gigi. Termasuk noda kuning akibat konsumsi kopi, teh, merokok, atau makanan berpigmen.

Sifat alkali di dalam baking soda juga mampu menjaga keseimbangan pH dalam mulut. Perlu kamu ketahui, ketika pH mulut cenderung asam, maka gigi lebih rentan terkena kerusakan terhadap noda kuning.

Itulah informasi mengenai manfaat dari masing-masing bahan utama. Bagi kamu yang tertarik menggunakan bahan di atas, yuk simak tutorial mudah berikut ini.

Bahan-bahan:

atasi noda kuning di gigi berbagai sumber

foto: YouTube/Artful Homemaking

1. Minyak kelapa secukupnya
2. 2 sendok makan baking soda
3. 1 sendok makan xylitol
4. 15 hingga 20 tetes minyak esensial

Cara membuat:

atasi noda kuning di gigi berbagai sumber

foto: YouTube/Artful Homemaking

1. Masukkan minyak kelapa yang sudah dipanaskan pada mangkuk.
2. Tambahkan baking soda ke dalam mangkuk tersebut.
3. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.
4. Tuangkan xylitol ke dalam bahan tersebut.
5. Kemudian, tambahkan minyak esensial.
6. Aduk kembali semua bahan tersebut hingga rata.
7. Pindahkan pada wadah kaca yang bersih.
8. Biarkan bahan tersebut hingga menjadi padat.

Cara menggunakan:

atasi noda kuning di gigi berbagai sumber

foto: YouTube/Artful Homemaking

1. Siapkan sikat gigi bersih yang kamu miliki.
2. Ambil pasta gigi buatanmu tadi secukupnya.
3. Gunakan untuk menyikat gigi seperti biasa.
4. Agar hasil lebih terlihat, gunakan pasta gigi ini secara rutin.

(brl/jad)

tags

STORIES