Tak perlu serum niacinamide, ini trik mencerahkan wajah gelap akibat flek hitam pakai 1 jenis tepung

Tak perlu serum niacinamide, ini trik mencerahkan wajah gelap akibat flek hitam pakai 1 jenis tepung

Brilio.net - Setiap orang memiliki warna kulit yang berbeda-beda. Nah, warna kulit ini sejatinya disusun oleh kumpulan pigmen yang disebut melanin. Pigmen warna ini diproduksi oleh sel melanosit di dalam kulit secara merata menyesuaikan dengan genetika seseorang. Orang berkulit putih biasanya akan memiliki lebih jumlah melanin yang sedikit, dan begitu pula sebaliknya.

Namun begitu, nyatanya keseimbangan dari produksi melanin ini sendiri dapat terganggu. Hal ini membuat produksi melanin di dalam tubuh menjadi berfluktuasi, bisa berkurang atau semakin bertambah. Dalam kasus terjadinya penumpukan melanin di area kulit, hal ini akan berujung pada beberapa masalah kulit. Salah satunya kemunculan bercak gelap yang disebut flek hitam.

Salah satu faktor umum yang dapat menyebabkan flek hitam ialah paparan terus-menerus polusi dan sinar UV matahari. Sinar ultraviolet (UV) dari matahari dapat mengakibatkan peningkatan produksi melanin dan rasa terbakar pada kulit. Sementara itu, polusi yang menempel di kulit juga dapat merusak sel-sel kulit sehingga memicu meningkatnya produksi melanin. Hal inilah yang membuat kulit kemudian menjadi kusam dan kotor akibat noda hitam yang muncul.

Eits, namun begitu, kamu nggak perlu bingung kok untuk mengatasi masalah di atas. Soalnya, kamu bisa mencoba memanfaatkan nutrisi yang dikandung bahan-bahan alami sebagai solusi alternatif memudarkan flek hitam. Salah satunya adalah dengan menggunakan campuran tepung beras dan aloe vera, seperti yang ditunjukkan oleh @_mymakeupoftea di Instagram.

Tak perlu serum niacinamide  Instagram

foto: freepik.com

Tepung beras mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin B, vitamin E, serat, dan mineral. Vitamin B dan E membantu meningkatkan produksi kolagen dan elastin, yang penting untuk meregenerasi kulit dan melindunginya dari radikal bebas. Serat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan meningkatkan sirkulasi darah di kulit sehingga membuat kulit terlihat lebih cerah. Sementara itu, mineral (seperti magnesium dan zinc) berperan aktif dalam menjaga kesehatan kondisi kulit wajah.

Tak perlu serum niacinamide  Instagram

foto: freepik.com

Gel aloe vera kaya akan aloin, aloesin, dan enzim proteolitik. Aloin dan aloesin membantu mengurangi produksi melanin dan membantu menghilangkan noda hitam pada kulit. Selain itu, enzim proteolitik dalam aloe vera berperan penting dalam membantu mengangkat sel kulit mati secara alami, menjaga kelembapan kulit, dan mengurangi peradangan. Seluruh manfaat ini membuat aloe vera secara efektif membantu agar kulit terlihat lebih segar dan cerah.

Nah, kedua bahan di atas ini bisa kamu gunakan dengan mengikuti langkah berikut seperti dilansir briliobeauty.net dari akun Instagram @_mymakeupoftea, Senin (4/12).

Alat dan bahan:

1. 1 sendok makan tepung beras
2. 1 sendok makan gel aloe vera
3. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

Tak perlu serum niacinamide  Instagram

foto: Instagram/@_mymakeupoftea

1. Siapkan 1 sendok makan tepung beras dan 1 sendok makan gel aloe vera segar.
2. Campurkan tepung beras dan aloe vera dalam sebuah mangkuk hingga membentuk pasta yang kental.
3. Oleskan masker secara merata ke seluruh wajah dan leher yang telah dibersihkan sebelumnya.
4. Diamkan masker selama 15 menit atau hingga mengering.
5. Bilas wajah dengan air dan keringkan, lalu aplikasikan pelembap dan rangkaian skincare lainnya.
6. Gunakan secara rutin sekitar 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

View this post on Instagram

A post shared by Eraj Zaidi (@_mymakeupoftea)

(brl/tin)

tags

STORIES