Tak perlu skincare mahal, begini trik pudarkan pigmentasi di wajah hanya pakai krim dari 1 jenis daun

Tak perlu skincare mahal, begini trik pudarkan pigmentasi di wajah hanya pakai krim dari 1 jenis daun

Brilio.net - Warna kulit wajah yang merata dan cerah sering menjadi dambaan bagi banyak orang. Tak bisa dimungkiri, sejumlah permasalahan seperti pigmentasi terkadang muncul dan mengganggu penampilan sehingga sering membuat seseorang merasa kurang percaya diri. Berbicara mengenai pigmentasi, kondisi kulit yang satu ini merupakan ketidakseimbangan produksi melanin.

Masalah kulit ini terjadi karena peningkatan produksi melanin yang menyebabkan bercak hitam atau noda gelap di kulit. Faktor yang mempengaruhi pembentukan pigmentasi yang paling umum adalah penuaan kulit secara alami dan paparan sinar matahari. Selain kedua faktor tersebut, adanya perubahan hormon selama kehamilan juga mempengaruhi peningkatan kadar melanin dalam kulit.

Untuk mengatasi pigmentasi, biasanya sejumlah orang memilih untuk melakukan perawatan di klinik kecantikan. Tidak hanya itu, mereka juga mengimbanginya dengan penggunaan skincare dengan kandungan asam kojic, asam azelaic, hidrokuinon, dan retinoid yang dapat mengurangi produksi melanin. Namun untuk mendapatkan skincare dengan kandungan tersebut, kamu harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli kulit.

Selain itu, produk skincare yang direkomendasikan para ahli ini tentu dibanderol dengan harga yang cukup menguras kantung. Sebagai solusinya, kamu bisa membuat produk skincare, seperti face oil sendiri di rumah. Bahan-bahan untuk membuatnya cukup mudah untuk ditemukan, bahkan kamu bisa menggunakan bahan-bahan sayuran.

Salah satu pengguna YouTube dengan kanal Clit Bakimi ve Saglik menunjukkan cara membuat face oil sendiri dengan menggunakan wortel, jeruk, dan daun salam. Ketiga bahan yang biasa digunakan untuk bahan makanan ini ternyata memiliki manfaat dan kandungan untuk merawat kecantikan kulit. Wortel kaya akan beta-karoten yang dapat diubah menjadi vitamin A oleh tubuh.

Vitamin A memiliki sifat antioksidan yang membantu memerangi kerusakan akibat radikal bebas dan merangsang regenerasi sel-sel kulit. Sementara itu, jeruk tinggi vitamin C yang merupakan antioksidan kuat. Vitamin C membantu meningkatkan produksi kolagen yang dapat membantu mengurangi noda dan membuat kulit terlihat lebih cerah.

Di sisi lain, adanya daun salam mengandung sifat antioksidan dan antiinflamasi yang bisa mengatasi pigmentasi. Lantas bagaimana cara membuat face oil dari ketiga bahan tersebut? Intip tutorialnya, seperti dilansir briliobeauty.net dari YouTube Cilt Bakimi ve Saglik pada Rabu (14/6).

Bahan-bahan:

trik pudarkan pigmentasi berbagai sumber

foto: YouTube/Cilt Bakimi ve Saglik

1. 1 buah wortel
2. 1 buah jeruk
3. 3 lembar daun salam
4. 100 ml minyak zaitun

Cara membuat:

trik pudarkan pigmentasi berbagai sumber

foto: YouTube/Cilt Bakimi ve Saglik

1. Kupas kulit wortel dan cuci terlebih dahulu
2. Parut dengan halus

Untuk memarut wortel kamu bisa menggunakan MAXIM Tools Box Grater. Alat ini memiliki empat sisi dengan ukuran lubang yang berbeda-beda, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Alat ini juga dilengkapi dengan pegangan yang nyaman dan anti slip, serta wadah penampung yang praktis. Nah, untuk membelinya secara online kamu bisa klik di bawah ini.


3. Masukkan ke dalam toples kaca
4. Parut jeruk dan masukkan ke dalam wadah
5. Tambahkan potongan daun salam yang sudah dicuci
6. Tuangkan minyak zaitun dan aduk semua bahan hingga tercampur rata
7. Masukkan toples kaca tersebut ke rendaman air panas
8. Tutup toples kaca tersebut dan masak kurang lebih 30 menit
9. Angkat dan diamkan hingga dingin
10. Aduk kembali dan saring
11. Masukkan air rebusan tersebut ke dalam jar skincare bersih.

Aplikasikan face oil tersebut pada wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan kurang lebih 15 menit dan bilas. Dengan menggunakan face oil alami tersebut pigmentasi pada wajah secara perlahan hilang. Nah, jika face oil tersebut masih tersisa, kamu bisa menyimpannya di lemari pendingin dan bertahan kurang lebih enam bulan.

(brl/mal)

tags

STORIES