Tak perlu suntik putih, ini trik hilangkan noda hitam di kulit kusam pakai 1 sumber karbohidrat

Tak perlu suntik putih, ini trik hilangkan noda hitam di kulit kusam pakai 1 sumber karbohidrat

Brilio.net - Seiring bertambahnya usia, umumnya orang-orang mulai lebih sering terlibat dalam aktivitas di luar ruangan. Hal ini menyebabkan orang-orang memiliki intensitas tinggi untuk terpapar sinar matahari yang bercampur dengan polusi di sekitar mereka. Apabila dibiarkan tanpa perlindungan memadai, kondisi tersebut dapat memicu munculnya penggelapan dan noda-noda hitam pada kulit.

Tentunya yang menjadi pertanyaan adalah mengapa paparan matahari dan polusi memicu permasalahan kulit ini? Hal ini terjadi karena sinar matahari mengandung sinar ultraviolet tipe B (UVB), yang tidak hanya mengakibatkan kulit terbakar, tetapi juga meningkatkan produksi dan akumulasi melanin dengan cepat pada kulit. Sementara itu, polusi yang menempel di kulit wajah menyebabkan kulit menjadi rusak dan kotor.

Tak heran jika akhirnya kulit wajah pun menjadi kusam dan memunculkan banyak noda hitam. Walau begitu, kamu nggak usah panik jika dihadapkan pada kondisi tersebut. Soalnya, kamu bisa mencoba membuat racikan dari bahan alami untuk mencerahkan kulit dari noda hitam.

Salah satu triknya adalah dengan memanfaatkan campuran nasi dengan madu, sebagaimana diperagakan oleh @hajraa_asad di Instagram yang dilansir briliobeauty.net pada Minggu (22/10).

noda hitam di kulit  Instagram

foto: freepik.com

Selain menjadi sumber makanan utama, nasi merupakan bahan yang kaya akan banyak manfaat bagi kulit. Nasi mengandung komponen berupa asam ferulic, vitamin B kompleks, mineral, serta vitamin E. Vitamin B kompleks efektif dalam membantu memperbaiki struktur kulit, sementara vitamin E dan mineral berperan sebagai antioksidan melawan efek radikal bebas.

Di sisi lain, asam ferulic memiliki efek fotoprotektif yang dapat membantu mengurangi risiko kerusakan kulit akibat paparan sinar UV dan mencerahkan kulit.

noda hitam di kulit  Instagram

foto: freepik.com

Madu adalah cairan lebah yang kaya akan kandungan enzim dan asam amino sehingga efektif dalam menghidrasi dan membantu proses penyembuhan pada kulit. Madu juga memiliki sifat antioksidan dan antibakteri yang membantu melawan radikal bebas dan menjaga kebersihan kulit.

Selain itu, senyawa vitamin dalam madu juga dapat mengurangi terbentuknya hiperpigmentasi dan membuat kulit terlihat lebih cerah dan bercahaya. Kedua bahan di atas ini bisa kamu manfaatkan dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. Nasi secukupnya
2. 1 sendok makan madu murni
3. Air bersih secukupnya
4. Wadah kecil
5. Blender (opsional)

Langkah pengerjaan:

noda hitam di kulit  Instagram

foto: Instagram/@hajraa_asad

1. Rendamlah nasi yang telah dimasak dalam sedikit air bersih selama 30 menit
2. Setelahnya, panaskan nasi dan sedikit air tadi di atas wajan hingga teksturnya berubah menjadi lengket
3. Pindahkan nasi yang lengket tersebut dalam sebuah wadah, lalu campurkan 1 sendok madu murni
4. Haluskan kedua bahan tadi dengan blender atau sendok biasa hingga membentuk pasta
5. Apabila telah cukup halus, aplikasikan campuran ini ke wajah yang telah dibersihkan sebelumnya
6. Setelah dipijat lembut selama beberapa saat, diamkan selama 10-15 menit
7. Bila dirasa cukup, bilas dengan air hingga bersih dari sisa residu.

(brl/mal)

tags

STORIES