Tak perlu tambahan lemon, ini cara mengecilkan pori besar dan tersumbat pakai 1 jenis bahan minuman

Tak perlu tambahan lemon, ini cara mengecilkan pori besar dan tersumbat pakai 1 jenis bahan minuman

Brilio.net - Pori-pori wajah memiliki peranan penting untuk mengeluarkan sebum yang akan membuat wajah tetap terhidrasi. Namun sayangnya, ada banyak faktor yang dapat membuat pori-pori tampak membesar dan tersumbat, seperti polusi, debu, sel kulit mati, hingga kotoran dari sisa makeup yang masih menempel pada kulit wajah.

Akibatnya berbagai partikel seperti kotoran dan debu yang menempel pada kulit akan terjebak atau tersumbat di bawah pori-pori. Kondisi inilah yang akan menyebabkan pori-pori membesar dan kulit jadi rentan berkomedo serta berjerawat. Pori-pori wajah yang tersumbat ditandai dengan munculnya bintik hitam atau bintik putih, sehingga wajah tampak kusam.

Pori wajah yang membesar dan tersumbat akan membuat penderitanya jadi tidak percaya diri. Alhasil, banyak orang yang rela melakukan berbagai cara untuk membuat pori-pori mengecil. Tak hanya untuk meningkatkan rasa percaya diri, pori-pori wajah yang kecil juga disebut bisa membuat makeup terlihat lebih sempurna.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi pori-pori besar dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Tak perlu tambahan lemon, pemilik akun TikTok @aribasfoodmood memanfaatkan satu jenis bahan minuman, yakni teh hijau. Ia juga menambahkan bahan lain yaitu air mawar.

"Homemade Toner for Open pores With only 2 ingredients (Toner Buatan Sendiri untuk Pori-pori Terbuka Hanya dengan 2 bahan)," katanya seperti keterangan dalam video unggahan, seperti dilansir briliobeauty.net dari akun TikTok @aribasfoodmood, Kamis (19/10).

Selain dikonsumsi, teh hijau juga bermanfaat untuk kesehatan kulit, lho. Salah satunya adalah mengatasi pori-pori besar dan tersumbat. Kandungan polifenol dan antioksidan EGCG pada teh hijau dipercaya dapat menurunkan produksi minyak di wajah, memperkecil pori-pori, dan mengurangi sebum yang menjadi penyebab jerawat dan komedo.

Mengecilkan pori besar dan tersumbat pakai 1 bahan minuman Berbagai sumber

foto: freepik.com

Antioksidan pada teh hijau juga mampu menangkal radikal bebas dan mengangkat sel kulit mati sehingga pori-pori yang besar bisa teratasi. Tak terkecuali dengan air mawar yang juga efektif untuk mengatasi berbagai masalah kulit, seperti pori-pori wajah yang tampak membesar.

Bukan tanpa alasan, air mawar mengandung fenil etil alkohol dan tanin yang merupakan astringen alami. Astringen adalah zat yang mampu mengecilkan jaringan seperti kulit dan menghasilkan efek pengencangan. Astringen juga ampuh digunakan untuk mengurangi minyak di wajah dan mengecilkan pori-pori.

Kedua bahan tersebut dapat kamu buat menjadi toner wajah yang ampuh mengatasi pori-pori yang membesar dan tersumbat. Dengan pemakaian yang rutin, kamu juga akan mendapatkan wajah yang lebih halus dan bebas komedo atau pun jerawat. Ini cara membuatnya.

Bahan:

Mengecilkan pori besar dan tersumbat pakai 1 bahan minuman Berbagai sumber

foto: TikTok/@aribasfoodmood

1. 1 kantung teh hijau
2. 1 cup air
3. Air mawar secukupnya

Cara membuat:

Mengecilkan pori besar dan tersumbat pakai 1 bahan minuman Berbagai sumber

foto: TikTok/@aribasfoodmood

1. Masukkan air pada panci lalu tambahkan teh hijau
2. Masak sampai mendidih dan tersisa 1/2 cup air
3. Tunggu sampai dingin kemudian saring dari ampas teh
4. Ambil airnya lalu tuangkan kedalam botol spray
5. Tambahkan air mawar kemudian kocok-kocok sampai tercampur merata
6. Cuci wajah terlebih dahulu dan pastikan sudah benar-benar bersih
7. Semprotkan pada wajah secara menyeluruh
8. Diamkan selama semalaman dan bilas saat pagi harinya
9. Gunakan toner ini secara rutin setiap hari sebelum tidur untuk mendapatkan wajah yang mulus dan pori-pori mengecil.

@aribasfoodmood Homemade Toner for Open pores With only 2 ingredients Cook green tea into a cup of water until half,mix organic rose water & pour into a spray bottle, Just Spray 2-3 pumps on face daily This toner shrinks your pores within 2 weeks. You can store it in refrigerator for a month. #pores #skinpores #toner #skintoner #skin #skincare #skincareroutine #skincaretips #beauty #porelessskin #glowing #glowingskin #fy #fyp #fyp #fypviral #foryou sonido original - Camilo

(brl/mal)

tags

STORIES