Tak perlu tanam benang, ini trik memperlambat penuaan & bikin kulit tetap kenyal pakai 1 jenis kacang

Tak perlu tanam benang, ini trik memperlambat penuaan & bikin kulit tetap kenyal pakai 1 jenis kacang

Brilio.net - Memiliki wajah yang terlihat awet muda dalam waktu lama jelas menjadi impian banyak orang. Namun seiring bertambahnya umur, setiap orang akan mengalami proses penuaan. Tidak hanya tubuh dan tenaga yang semakin melemah, bentuk kulit yang dulu kenyal dan kencang akan mulai mengendur dan kehilangan elastisitasnya seiring bertambah usia.

Kulit yang mengendur sejatinya didasari oleh faktor produksi kolagen dan elastin, dua komponen protein yang berfungsi untuk menjaga kekencangan dan elastisitas kulit. Sejalan dengan bertambahnya usia, kemampuan kulit dalam memproduksi kolagen dan elastin akan menurun. Akibatnya, kulit pun menjadi sulit mempertahankan struktur dan kelembapan alaminya. Lambat laun, kulit wajah akan kehilangan kekencangannya dan menjadi kendur.

Meski tak dapat dihindari, nyatanya ada berbagai faktor yang dapat mempercepat proses penuaan dan menyebabkan kulit terkesan "tua" dibandingkan umur aslinya. Faktor lingkungan seperti sinar ultraviolet (UV) dari matahari, polusi udara, serta pola hidup yang tidak sehat seperti merokok sudah jelas dapat memengaruhi turunnya tingkat serta kualitas elastisitas kulit. Bahkan, keseringan stres dan bergadang pun sering tidak disadari dapat memberikan dampak penuaan dini.

Tanpa melakukan prosedur mahal seperti tanam benang, ternyata kamu bisa mengatasi masalah penuaan dini. Hanya dengan memanfaatkan berbagai bahan alami yang mudah ditemukan, kulit bisa tetap kenyal dan awet muda.

Cara memanfaatkan bahan alami ini ditunjukkan pemilik akun Instagram @bloombeautifully1111 yang dilansir briliobeauty.net pada Senin (30/10). Dalam videonya, ia menggunakan kacang almond dan susu sebagai solusinya.

Tak perlu tanam benang  Instagram

foto: freepik.com

Kacang almond memiliki beragam komponen yang sangat baik untuk perawatan kulit, seperti vitamin E, asam lemak, dan protein. Vitamin E memiliki sifat antioksidan yang membantu menjaga kelembapan kulit, melindungi dari bahaya sinar UV, dan mengurangi stres oksidatif pada kulit. Asam lemak omega-3 membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan elastisitas kulit. Plus, tingginya komponen protein membuat susu almond efisien dalam memperbaiki dan membangun kembali jaringan kulit yang rusak akibat penuaan.

Tak perlu tanam benang  Instagram

foto: freepik.com

Susu mengandung sejumlah nutrisi penting yang bermanfaat bagi kulit yang mengalami penuaan. Protein seperti kasein dan whey protein dalam susu membantu memperbaiki kerusakan pada kulit dan merangsang kolagen untuk meregenerasi sel-sel kulit. Sementara itu, asam lemak esensial di dalam susu membantu menjaga kelembapan kulit dan mengurangi risiko kerusakan, sehingga mencegah munculnya keriput di usia dini.

Kedua bahan di atas bisa kamu manfaatkan dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. Kacang almond secukupnya
2. 1 sendok teh susu krim murni
3. Wadah kecil
4. Blender

Langkah pengerjaan:

Tak perlu tanam benang  Instagram

foto: Instagram/@bloombeautifully1111

1. Haluskan beberapa kacang almond ke dalam blender hingga membentuk bubuk.
2. Masukkan 1 sendok teh bubuk tersebut dalam sebuah wadah kecil.
3. Tuangkan 1 sendok teh susu krim murni setelahnya.
4. Aduk seluruh bahan hingga tercampur rata.
5. Oleskan campuran ini ke wajah yang bersih sembari digosok lembut selama beberapa saat.
6. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih.
7. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

(brl/jad)

tags

STORIES