Tanpa acne cream, cara atasi jerawat membandel ini hanya pakai jus wortel dicampur 2 jenis rempah

Tanpa acne cream, cara atasi jerawat membandel ini hanya pakai jus wortel dicampur 2 jenis rempah

Brilio.net - Jerawat merupakan masalah kulit yang kerap jadi masalah banyak orang, terlebih bagi kamu yang punya jenis kulit berminyak. Pasalnya, jerawat umumnya disebabkan karena produksi minyak dan sebum yang berlebihan. Nah, minyak dan sebum ini bisa menyumbat pori-pori hingga menyebabkan infeksi pada permukaan kulit.

Tak cuma itu, pori-pori yang tak dibersihkan membuat bakteri propionibacterium acnes berkembang. Kemudian bakteri tersebut menyumbat folikel rambut dan menyebabkan peradangan. Nah, folikel yang tersumbat dapat membengkak sehingga membentuk jerawat dan komedo putih ataupun hitam.

Faktor lainnya datang dari genetik dan perubahan hormon seperti androgen. Produksi hormon androgen berlebihan bisa membuat wajah berjerawat, terlebih saat masa menstruasi datang. Tak cuma itu, stres juga bisa memicu jerawat.

Membuat tampilan wajah menjadi kurang, sejumlah orang yang mengalaminya mencari tahu cara atasi jerawat. Jika biasanya kamu mengandalkan skincare seperti acne cream, ternyata bisa lho mengatasi jerawat dari dalam. Salah satunya dengan mengonsumsi jus yang terbuat dari rempah-rempah yang dikombinasikan dengan berbagai macam buah.

Cara inilah yang dipakai oleh seorang wanita bernama Aqilah. Melalui akun Instagram @aqillahaliffah, ia mengungkapkan wajah berjerawatnya sembuh setelah meminum jus yang terbuat dari wortel, tomat apel, jeruk, jahe, kunyit, dan jeruk nipis. Diketahui jerawatnya kering hanya waktu dua minggu saja. Hasil tersebut didapat dari kandungan yang ada pada bahan-bahan alami.

Wortel tak cuma jadi bahan masakan saja, melainkan punya manfaat lain saat dikonsumsi menjadi jus, salah satunya menghilangkan jerawat. Dilansir dari indiatimes.com, wortel punya kandungan vitamin A dan betakaroten yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat. Nggak salah, kalau mengonsumsi wortel secara rutin bisa membuat jerawat cepat hilang.

Sementara itu, tomat apel mengandung vitamin dan antioksidan yang bagus bagi kulit. Pasalnya, adanya kandungan likopen dalam tomat apel ini diklaim membantu regenerasi sel-sel kulit. Kandungan likopen juga bisa meningkatkan produksi kolagen, sehingga kulit jadi awet muda dan cerah.

Kemudian bahan berikutnya yaitu jeruk diklaim mampu membantu menghilangkan jerawat. Pasalnya, jeruk punya kandungan asam sitrat, asam askorbat, asam malat, dan asam suksinat. Kandungan asam sitrat dan asam organik mampu mengangkat sel kulit mati dan membuka pori-pori yang tersumbat.

Sementara itu, adanya kandungan vitamin C, flavonoid, dan senyawa bioaktif pada jeruk dapat mengurangi efek antiinflamasi dan meredakan kemerahan yang berkaitan dengan jerawat. Sedangkan bubuk kunyit punya sifat antioksidan, antiinflamasi, dan antimicrobial yang bisa mengatasi jerawat pada wajah.

Dilansir dari Medical News Today, kunyit punya kandungan kurkumin yang bisa membuat jerawat di wajah jadi kering dan hilang. Tak hanya itu, kandungan antimicrobial membantu membunuh bakteri propionibacterium acnes. Bagi kamu yang ingin mencoba, simak informasi cara membuatnya sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari Instagram @aqillahaliffah, Selasa (4/6).

Bahan:

atasi jerawat pakai jus berbagai sumber

foto: Instagram/@aqillahaliffah

- 2 buah wortel
- 2 buah tomat apel
- 1 jeruk
- 2 ruas jahe
- 1 ruas kunyit
- 1 perasan air jeruk nipis
- 300ml air matang.

Cara membuat:

atasi jerawat pakai jus berbagai sumber

foto: Instagram/@aqillahaliffah

1. Siapkan blender bersih
2. Potong-potong wortel dan tomat apel dengan ukuran kecil
3. Masukkan wortel, tomat apel, dan jeruk ke dalam blender
4. Bersihkan jahe dan kunyit dari kulitnya
5. Masukkan kedalam blender kunyit dan jahe
6. Tambahkan perasan jeruk nipis
7. Tuangkan air matang dan haluskan semua bahan
8. Tuangkan ke dalam wadah sembari disaring
9. Tuangkan ke dalam gelas dan jus siap kamu nikmati
10. Konsumsi jus secara rutin hingga jerawat hilang dan kulit tampak cerah.

Cara cegah munculnya jerawat

Munculnya jerawat di wajah secara terus menerus pastinya membuat kamu lelah bukan? Nah, agar jerawat tak mudah muncul, kamu bisa mencegahnya dengan beberapa cara, antara lain:

1. Rutin membersihkan wajah.
2. Hidrasi tubuh dengan baik. Pastikan kamu mengonsumsi air delapan kali dalam satu hari.
3. Batasi penggunaan riasan wajah.
4. Hindari menyentuh wajah secara sembarangan.
5. Hindari paparan sinar matahari.
6. Jaga pola makan dengan baik.

(brl/mal)

tags

STORIES