Tanpa air beras, ini cara hapus noda hitam akibat sering panas-panasan pakai 1 kulit buah

Tanpa air beras, ini cara hapus noda hitam akibat sering panas-panasan pakai 1 kulit buah

Brilio.net - Seiring beranjak ke fase dewasa, umumnya orang-orang akan lebih sering terlibat pada aktivitas padat yang harus dikerjakan di luar ruangan. Hal ini membuat banyak orang menjadi lebih sering terpapar sinar matahari yang bercampur dengan polusi di sekitar mereka. Akibatnya, beberapa area kulit pun akan mengalami proses penggelapan yang dalam prosesnya akan memunculkan noda-noda kehitaman.

Mengapa paparan sinar matahari dan polusi dapat memunculkan masalah kulit tersebut? Hal ini disebabkan sinar matahari mengandung sinar gelombang ulraviolet tipe B (UVB) yang tidak hanya menyebabkan rasa terbakar, namun juga meningkatkan produksi melanin dengan cepat pada kulit. Sebagai pigmen warna, penumpukan dari melanin ini jelas akan memicu terjadinya penggelapan atau hiperpigmentasi. Hal inilah yang kemudian membuat kulit terlihat gosong dan berujung memunculkan noda hitam yang membuat wajah terkesan kotor dan kusam.

Eits, walau begitu, kamu nggak usah panik kok jika dihadapkan pada kondisi tersebut. Soalnya, kamu bisa mencoba membuat racikan dari bahan alami sebagai solusi alternatif mengatasinya. Salah satu triknya adalah dengan memanfaatkan campuran kulit jeruk dengan madu dan susu, sebagaimana diperagakan oleh @theglobalistagirl di Instagram yang dilansir briliobeauty.net pada Kamis (14/9).

noda hitam akibat sering panas-panasan  Instagram

foto: freepik.com

Kulit jeruk memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C, asam askorbat, dan antioksidan. Vitamin C yang terkandung dalam kulit jeruk berperan penting dalam mencerahkan kulit dan mengurangi produksi melanin yang menyebabkan spot hitam. Sementara itu, kandungan antioksidan dalam kulit jeruk membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan sinar UV yang dapat mempercepat kerusakan kondisi kulit. Plus, kulit jeruk juga memiliki sifat eksfoliasi alami yang membantu kulit wajah agar terlihat bercahaya.

noda hitam akibat sering panas-panasan  Instagram

foto: freepik.com

Madu sejatinya mengandung banyak komponen antioksidan, seperti vitamin C dan vitamin E, yang membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit. Antioksidan ini juga membantu mencerahkan kulit dan memberikan kilau alami. Madu juga mendukung terjadinya regenerasi kulit yang lebih sehat sehingga akan mengurangi kesan gelap dan kusam di wajah dalam prosesnya.

noda hitam akibat sering panas-panasan  Instagram

foto: freepik.com

Susu sendiri adalah minuman yang kaya akan kandungan laktosa dan asam laktat. Selain bisa membantu menjaga kelembapan kulit, kandungan asam laktat juga berperan sebagai eksfolian alami yang membantu mengangkat sel kulit mati dan mengurangi penampilan noda gelap pada kulit. Plus, kandungan protein dan vitamin dalam susu juga bagus dalam memperbaiki dan memperkuat lapisan kulit wajah agar tidak rentan rusak akibat paparan radikal bebas dan sinar matahari.

Nah, ketiga bahan di atas ini bisa kamu manfaatkan dengan mengikuti petunjuk berikut.

Alat dan bahan:

1. 1 Sendok teh bubuk kulit jeruk
2. 2 Sendok teh susu murni
3. 1 Sendok teh madu murni
4. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

noda hitam akibat sering panas-panasan  Instagram

foto: Instagram/@theglobalistagirl

1. Kupaslah 1 buah jeruk segar dan keringkan kulitnya selama beberapa saat.
2. Haluskan kulit jeruk tersebut menggunakan blender untuk mendapatkan bubuknya.
3. Masukkan 1 sendok teh bubuk kulit jeruk itu dalam wadah kecil.
4. Tambahkan 2 sendok teh susu murni setelahnya.
5. Tuangkan pula 1 sendok teh madu murni bersama kedua bahan tadi.
6. Aduk seluruh bahan hingga tercampur rata.
7. Oleskan campuran ini ke seluruh wajah dan leher secara merata.
8. Gosoklah campuran ini selama beberapa saat (sekitar 3-5 menit), lalu diamkan sebentar.
9. Bila dirasa cukup, bilas dengan air hingga bersih dari residunya.

(brl/far)

tags

STORIES