Tanpa air mawar, ini cara bikin pori-pori wajah bersih dan rapat pakai 1 jenis bubuk minuman

Tanpa air mawar, ini cara bikin pori-pori wajah bersih dan rapat pakai 1 jenis bubuk minuman

Brilio.net - Pori-pori merupakan rongga kecil pada permukaan kulit yang berfungsi sebagai saluran pengeluaran minyak dan keringat dari dalam tubuh. Hal ini membuat pori-pori berperan penting dalam proses menjaga keseimbangan suhu dan kelembapan kulit. Akan tetapi, proses kerja pori-pori ini sendiri dapat terganggu apabila terjadi gangguan pada pori-pori, terutama menyangkut pembesaran rongganya.

Pada dasarnya, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan membesarnya rongga pori-pori. Selain faktor usia yang mempengaruhi mengendurnya ukuran pori-pori, kelebihan produksi sebum juga menjadi pemicu utamanya. Ketika hal ini terjadi, ukuran pori-pori pun akan menjadi membesar karena sebum tadi memudahkan kotoran dari luar menempel pada kulit dan menyumbat saluran pori-pori. Hal inilah yang nanti akan memicu masalah kulit lain seperti komedo dan jerawat.



Namun begitu, kamu yang menghadapi persoalan ini nggak perlu panik kok. Pasalnya, ada banyak sekali bahan alami di luar sana yang bisa kamu manfaatkan sebagai solusi alternatif merapatkan ukuran pori-pori. Salah satunya seperti menggunakan campuran susu, mentimun, dan kunyit, sebagaimana dilansir briliobeauty.net dari Instagram @get_beauty_glow_everyday pada Kamis (28/9)

wajah bersih dan rapat  Instagram

foto: freepik.com

Susu mengandung asam laktat dalam jumlah tinggi sebagai jenis asam alami yang lembut dan efektif dalam membersihkan pori-pori. Asam laktat bekerja sebagai agen eksfolian yang dapat membantu menghilangkan sel kulit mati dan kotoran yang dapat menyumbat pori-pori. Hal ini membuat susu dapat membantu merapatkan kembali ukuran pori-pori sekaligus menghaluskan tekstur kulit wajah yang kasar akibat pembesaran pori-pori.

wajah bersih dan rapat  Instagram

foto: freepik.com

Mentimun merupakan salah satu sayuran yang baik untuk perawatan kulit. Kandungan air yang tinggi dalam mentimun dapat menyeimbangkan kadar hidrasi dan produksi minyak di dalam kulit. Mentimun juga mengandung vitamin C dan caffeic acid, yang memiliki sifat antioksidan sehingga mampu menangkal kerusakan kulit akibat radikal bebas. Selain itu, mentimun juga memiliki sifat astringen yang mampu membantu mengecilkan pori-pori dengan mengurangi produksi sebum dan membersihkannya.

wajah bersih dan rapat  Instagram

foto: freepik.com

Bubuk kunyit memiliki manfaat luar biasa untuk kulit selain digunakan sebagai bahan dasar saat memasak. Bumbu kunyit mengandung senyawa aktif yang disebut kurkumin, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Senyawa ini membantu merapatkan rongga pori-pori dengan mengontrol produksi minyak berlebih dan mencegah pertumbuhan bakteri akibat penyumbatan pori-pori, sehingga dalam prosesnya juga akan mengurangi potensi jerawat.

Nah, ketiga bahan di atas ini bisa kamu manfaatkan dengan mengikuti petunjuk berikut.

Alat dan bahan:

1. 1 Sendok makan bubuk susu murni
2. 1 Sendok makan air perasan timun
3. 1/4 Sendok teh bubuk kunyit
4. Wadah kecil
5. Kapas secukupnya

Langkah pengerjaan:

wajah bersih dan rapat  Instagram

foto: Instagram/@get_beauty_glow_everyday

1. Masukkan 1 sendok makan bubuk susu murni ke dalam wadah kecil.
2. Kupas dan peraslah mentimun hingga mendapatkan 1 sendok makan ekstraknya, lalu campurkan ke wadah tadi.
3. Tambahkan pula 1/4 sendok teh bubuk kunyit setelahnya.
4. Aduk seluruh bahan hingga tercampur rata.
5. Celupkan kapas ke campuran tersebut, lalu aplikasikan ke wajah sembari ditepuk-tepuk dan diusap bergantian.
6. Diamkan selama 10-15 menit.
7. Bila dirasa cukup, bilas dengan air hingga bersih dari residu.

(brl/far)

tags

STORIES