Tanpa aloe vera, ini cara atasi iritasi dan jerawat pada kulit sensitif dengan 1 jenis biji-bijian

Tanpa aloe vera, ini cara atasi iritasi dan jerawat pada kulit sensitif dengan 1 jenis biji-bijian

Brilio.net - Kulit sensitif adalah tipe kulit yang rentan mengeluarkan reaksi berlebih saat terpapar oleh zat tertentu. Adapun ciri-ciri kulit sensitif adalah kering dan bersisik, reaktif terhadap produk kosmetik, rentan timbul jerawat, hingga gatal-gatal. Karena itu, seseorang yang memiliki tipe kulit wajah sensitif perlu lebih berhati-hati dalam merawat dan memilih produk perawatan kulit.

Ciri-ciri kulit sensitif salah satunya adalah rentan timbul jerawat. Pasalnya, kulit yang kering dan sensitif dapat merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi sebum atau minyak berlebih. Hal tersebut berisiko menyumbat folikel rambut dan pori-pori kulit yang menjadi penyebab munculnya jerawat.

Mengatasi jerawat bukanlah hal mudah bagi sebagian besar orang, apalagi jika memiliki kulit berjerawat dan cenderung sensitif, mudah iritasi, serta dehidrasi. Selain itu, semakin banyak kamu menggunakan produk skincare dan bergonta-ganti, semakin besar juga kemungkinan kulit menjadi lebih sensitif dan mudah iritasi.

Jika kamu memiliki kulit sensitif, sebaiknya hindari penggunaan produk yang terlalu keras atau mengeringkan seperti alkohol. Selain itu, saat kamu mengatasi jerawat, penting juga untuk menggunakan skincare yang bisa menghidrasi dan menenangkan, namun tetap mengatasi masalah jerawat.

Tak perlu beli, karena kamu bisa mengatasinya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Tanpa pakai aloe vera, karena ada bahan alami lain yang tak kalah ampuh. Seperti unggahan dari akun TikTok @himynameispriya pada 8 November 2020.

Dalam unggahannya, pemilik akun memberikan cara atasi iritasi dan jerawat pada kulit sensitif dengan 1 jenis biji-bijian. Biji-bijian yang digunakan adalah kacang hijau. Selain itu, ia juga menambahkan bahan lain yaitu yoghurt.

"I have sensitive, oily & acne prone skin. If you're the same, it might work for you too (Saya memiliki kulit sensitif, berminyak & berjerawat. Jika kamu sama, ini mungkin berhasil untuk kamu juga)," katanya sebagai keterangan video unggahan, seperti briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @himynameispriya, Selasa (22/8).

Atasi iritasi dan jerawat kulit sensitif dengan 1 jenis biji Berbagai sumber

foto: freepik.com

Kacang hijau seringkali digunakan sebagai bahan utama berbagai makanan dan minuman. Selain rasanya yang enak, kandungan vitamin C, vitamin B, protein, zat besi, serta mangan dalam kacang hijau dapat menyehatkan dan bermanfaat untuk kecantikan kulit. Kacang hijau memiliki sifat antiinflamasi yang berfungsi untuk mengatasi peradangan pada kulit.

Antioksidan di dalamnya juga dapat menangkal radikal bebas yang dapat memicu berbagai permasalahan kulit seperti jerawat, komedo, dan lainnya. Selain itu, kacang hijau juga memiliki kandungan vitamin A yang dapat mengangkat sel kulit mati atau meregenerasi sel kulit sehingga bekas jerawat dapat memudar.

Sedangkan probiotik pada yogurt dianggap dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Probiotik juga dapat mengurangi peradangan secara keseluruhan, termasuk meredakan jerawat dan mencegahnya muncul lagi. Adanya kandungan zinc dalam yogurt juga dapat membantu mengatur produksi minyak alami atau sebum, yang kerap menjadi pemicu tumbuhnya jerawat. Bahkan, sifatnya yang dingin mampu meredakan kemerahan akibat iritasi wajah.

Atasi iritasi dan jerawat kulit sensitif dengan 1 jenis biji Berbagai sumber

foto: TikTok/@himynameispriya

Dengan kedua bahan tersebut kamu dapat membuat masker wajah yang diklaim mampu mengatasi iritasi dan jerawat pada kulit sensitif. Sebagai bonusnya, kamu juga akan mendapatkan wajah yang cerah dan kenyal. Ini cara membuatnya.

Bahan:

1. 1-2 Sendok makan kacang hijau yang sudah dihaluskan (bubuk)
2. 2 Sendok makan yoghurt

Atasi iritasi dan jerawat kulit sensitif dengan 1 jenis biji Berbagai sumber

foto: TikTok/@himynameispriya

Cara membuat:

1. Tuangkan bahan-bahan yang sudah disebutkan pada sebuah wadah
2. Aduk keduanya sampai tercampur merata
3. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh
4. Diamkan selama 20-30 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih
5. Lanjutkan dengan pemakaian moisturizer
6. Gunakan masker ini secara rutin 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil yang optimal.

@himynameispriya I have sensitive, oily & acne prone skin. If you're the same, it might work for you too#MyHobby #mungbeans #yogurt #skincare original sound - Priya Sharma

(brl/far)

tags

STORIES