Tanpa beli eye mask mahal, cewek ini bagikan trik atasi puffy eyes cuma pakai seduhan bubuk minuman

Tanpa beli eye mask mahal, cewek ini bagikan trik atasi puffy eyes cuma pakai seduhan bubuk minuman

Brilio.net - Mata bengkak, atau puffy eyes, adalah masalah yang sering dihadapi banyak orang dan bisa menjadi indikasi berbagai faktor, mulai dari kurang tidur hingga perubahan hormon. Kondisi ini sering kali ditandai dengan pembengkakan dan munculnya kantung di bawah mata, yang bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti kelelahan, pola tidur yang buruk, atau retensi cairan.

Selain kelelahan, konsumsi makanan yang tinggi garam dapat menyebabkan retensi cairan dalam tubuh, termasuk di area bawah mata. Alkohol dan alergi juga dapat menjadi penyebab pembengkakan di area bawah mata. Pasalnya, alkohol dapat menyebabkan dehidrasi dan alergi yang memicu peradangan.

Faktor genetika juga memainkan peran penting penyebab munculnya puffy eyes. Beberapa orang secara alami lebih rentan terhadap mata bengkak karena struktur kulit dan jaringan di sekitar mata. Untuk mengatasi kondisi ini, kebanyakan orang akan memanfaatkan eye mask yang dibeli di pasaran.

Eye mask memang efektif untuk mengurangi tampilan puffy eyes. Meski begitu, ternyata kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang lebih murah dan hasilnya tak kalah efektif. Seperti halnya yang dibagikan oleh pengguna Instagram dengan nama akun @chillibean, yang mengatasi puffy eyes pakai seduhan bubuk minuman. Bubuk minuman yang dimaksud adalah bubuk kopi.

Trik atasi puffy eyes cuma pakai seduhan bubuk minuman Instagram

foto: Instagram/@chillibean

Usai mengetahui bahan yang digunakan, kini saatnya kamu menyimak cara membuat masker untuk mengatasi puffy eyes menggunakan bubuk kopi, yang briliobeauty.net lansir dari akun Instagram @chillibean, Jumat (16/8).

Bahan:

- Kapas secukupnya
- 1/4 cup air hangat
- 2 sendok makan bubuk kopi
- Es batu secukupnya

Trik atasi puffy eyes cuma pakai seduhan bubuk minuman Instagram

foto: Instagram/@chillibean

Cara membuat dan menggunakan:

1. Tuangkan bubuk kopi pada gelas yang berisi air hangat
2. Aduk-aduk hingga kopi larut
3. Tambahkan es batu agar seduhan kopi jadi lebih dingin
4. Potong kapas menjadi 2 bagian
5. Masukkan kapas dan rendam pada seduhan kopi
6. Tempelkan pada area bawah mata yang mengalami puffy eyes (pastikan wajah dalam kondisi bersih)
7. Diamkan selama 15 menit
8. Lepaskan kapas lalu bilas wajah menggunakan air sampai bersih
9. Lakukan cara ini dengan rutin setiap pagi setelah bangun tidur untuk mengurangi tampilan puffy eyes secara alami.

Trik atasi puffy eyes cuma pakai seduhan bubuk minuman Instagram

foto: Instagram/@chillibean

Kandungan dan manfaat bubuk kopi untuk mengatasi puffy eyes.

Kandungan kafein dalam bubuk kopi adalah kunci utama untuk mengatasi puffy eyes. Kafein memiliki sifat vasokonstriktor yang dapat mengecilkan pembuluh darah yang melebar di area bawah mata, sehingga mengurangi pembengkakan dan memberikan efek menyegarkan pada kulit.

Selain itu, kafein juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat mengurangi peradangan dan kemerahan di area mata. Bahkan bahan minuman ini mengandung antioksidan yang dapat melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas, menjadikannya sebagai bahan alami yang efektif dalam perawatan kulit.

(brl/far)

tags

STORIES