Tanpa beli krim pemutih, ini trik cerahkan lutut dan siku kasar menghitam pakai 1 bahan kue

Tanpa beli krim pemutih, ini trik cerahkan lutut dan siku kasar menghitam pakai 1 bahan kue

Brilio.net - Tidak dapat dipungkiri bahwa wajah merupakan fokus utama saat seseorang ingin melakukan perawatan dengan sederet skincare. Tentunya ini suatu yang wajar mengingat wajah adalah bagian tubuh yang menjadi pusat perhatian dalam rutinitas sehari-hari. Namun sayangnya, fokus pada bagian wajah akhirnya membuat sebagian orang melupakan area tubuh lainnya, seperti siku dan lutut.

Masalah umum yang sering terjadi pada siku dan lutut adalah kulit terasa kasar dan menggelap. Kondisi ini disebabkan oleh friksi dan tekanan berulang pada kulit di daerah tersebut, terutama ketika bertumpu pada permukaan yang kasar. Lama kelamaan, kulit di area siku dan lutut menebal dan tak halus lagi.

Kondisi ini semakin memburuk akibat paparan sinar matahari. Pasalnya, pancaran sinar matahari dapat memicu penguapan kelembapan alami kulit, sehingga menjadi kering. Tak hanya itu, sinar matahari pun juga memberikan dampak hiperpigmentasi atau penggelapan pada kulit. Akibatnya, warna kulit siku dan lutut pun akan menghitam dan mengurangi kepercayaan diri yang mengalaminya.

Namun begitu, kamu nggak perlu bingung. Soalnya, ada cara mudah berupa penggunaan bahan alami yang bisa kamu manfaatkan sebagai solusi alternatif mengatasi masalah ini. Salah satunya seperti yang ditunjukkan oleh @beautywithsunanda0795 di Instagram sebagaimana dilansir briliobeauty.net pada Kamis (14/12) yang menggunakan campuran baking soda dan susu sebagai solusinya.

lutut dan siku kasar menghitam  Instagram

lutut dan siku kasar menghitam
freepik.com

Baking soda atau natrium bikarbonat merupakan bahan alami pengembang kue memiliki sifat eksfoliator. Artinya, baking soda dapat membantu mencerahkan kulit lutut dan mengurangi warna gelap, dengan mengangkat kotoran di area tersebut. Plus, baking soda juga memiliki sifat antibakteri dan antiseptiknya yang bisa membantu menghaluskan tekstur lutut dan siku yang kasar.

lutut dan siku kasar menghitam  Instagram

lutut dan siku kasar menghitam
freepik.com

Susu mengandung berbagai nutrisi penting yang bermanfaat bagi kesehatan kulit. Kandungan protein dalam susu dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit dan merangsang regenerasi sel-sel kulit. Sementara itu, asam lemak di dalamnya menjadi bahan yang efektif mempertahankan kelembapan kulit dan mengurangi potensi kerusakan. Plus, komponen asam laktat di dalamnya pun dapat membantu menghaluskan kulit yang kasar berkat sifat eksfoliasinya.

Kedua bahan di atas bisa kamu manfaatkan dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 1 sendok makan baking soda
2. 1 sendok makan susu murni
3. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

lutut dan siku kasar menghitam  Instagram

lutut dan siku kasar menghitam
Instagram/beglamrs

1. Masukkan 1 sendok makan bubuk baking soda dalam sebuah wadah kecil
2. Tuangkan sekitar 1 sendok makan susu murni setelahnya
3. Aduk seluruh bahan hingga tercampur rata
4. Oleskan larutan ini dengan tangan atau kapas ke area siku dan lutut yang bermasalah
5. Gosok selama beberapa menit, lalu diamkan sebentar sebelum dibilas bersih
6. Gunakan tiap hari untuk mendapatkan hasil terbaik.

View this post on Instagram

A post shared by Glamrs (@beglamrs)

(brl/ola)

tags

STORIES