Tanpa beli peel-off mask, ini trik bikin pori-pori rapat dan bersih dari komedo pakai 2 jenis minuman

Tanpa beli peel-off mask, ini trik bikin pori-pori rapat dan bersih dari komedo pakai 2 jenis minuman

Brilio.net - Komedo merupakan salah satu masalah kulit yang muncul akibat tersumbatnya pori-pori oleh tumpukan sebum, sel kulit mati, dan debu. Komedo sendiri merupakan salah satu masalah kulit yang cukup lazim muncul di kulit wajah banyak orang, terutama bagi mereka yang memiliki kulit berminyak. Walau tidak membahayakan secara medis, komedo membuat kulit terasa kasar dan tidak enak dipandang.

Faktor utama yang dapat menyebabkan masalah komedo terletak pada aktivitas produksi minyak berlebih oleh kelenjar sebaceous. Meskipun sejatinya sebum memiliki peran penting dalam menjaga kelembapan alami kulit, produksinya yang berlebihan justru berpotensi memudahkan kotoran menempel di kulit. Ketika dibiarkan dalam waktu lama, kotoran ini akan menumpuk dan menyumbat rongga pori-pori, sehingga membentuk gumpalan komedo tersebut.

Masalah komedo ini harus segera diatasi agar tidak berubah menjadi penyakit yang lebih besar, seperti jerawat. Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk mengatasi komedo ini. Salah satunya adalah dengan mengandalkan campuran kopi dan susu, sebagaimana dilansir briliobeauty.net dari Instagram @thee_soni pada Kamis (9/11).

Tanpa beli peel-off mask  Instagram

foto: freepik.com

Bubuk kopi pada dasarnya mengandung kafein yang dapat membantu menyempitkan pori-pori kulit dan mengurangi produksi sebum yang berlebihan, sehingga mengurangi potensi terbentuknya komedo. Bubuk kopi juga mengandung senyawa antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan kulit. Ditambah sifat eksfolian dari bubuk kopi sendiri dapat membantu mengurangi minyak berlebih dan menciptakan kulit yang lebih halus.

Tanpa beli peel-off mask  Instagram

foto: freepik.com

Susu merupakan minuman yang kaya akan kandungan asam laktat dan kasein. Asam laktat dalam susu dapat membantu meluruhkan kotoran yang menempel di kulit dengan lembut, sehingga akan membersihkan komedo tanpa menyebabkan iritasi pada kulit. Selain itu, kandungan lemak dalam susu juga memberi efek tambahan dalam menjaga kelembapan kulit, menguatkan skin barrier, dan mencegah terjadinya iritasi pada kulit.

Kedua minuman di atas ini bisa kamu gunakan dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 1 Sendok makan bubuk kopi
2. Susu murni hangat secukupnya
3. Bubuk gelatin atau agar-agar
4. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

Tanpa beli peel-off mask  Instagram

foto: Instagram/@thee_soni

1. Masukkan 1 sendok makan bubuk kopi (atau 1 sachet kecil) dalam wadah.
2. Tambahan 1 sendok makan bubuk gelatin setelahnya.
3. Tuangan sedikit susu murni dalam kondisi sedikit panas.
4. Aduk seluruh bahan hingga tercampur rata.
5. Aplikasikan ke wajah secara merata, lalu diamkan hingga mengering (10-15 menit).
6. Bila dirasa cukup, lepaskan masker secara perlahan dari ujung.
7. Bilas wajah dengan air hingga bersih dari residu.

View this post on Instagram

A post shared by The soni (@thee_soni)

(brl/far)

tags

STORIES