Tanpa beli produknya, ini cara membuat minuman kolagen dari 1 jenis tanaman agar kulit tetap kencang

Tanpa beli produknya, ini cara membuat minuman kolagen dari 1 jenis tanaman agar kulit tetap kencang

Brilio.net - Kolagen merupakan protein yang dibutuhkan oleh tubuh lantaran memiliki kegunaan penting untuk membuat kulit menjadi kencang dan kenyal. Kolagen merupakan jenis protein yang paling melimpah dalam tubuh manusia. Protein ini ditemukan di berbagai jaringan dan organ, termasuk kulit, tulang, tendon, ligamen, dan kartilago.

Kolagen membentuk kerangka struktural dalam jaringan ikat kulit, terlebih lagi pada lapisan dermis atau lapisan tengah yang terletak di antara epidermis dan jaringan subkutan. Tugasnya adalah memberikan kekencangan, kekuatan, dan elastisitas pada kulit, agar tetap kencang dan tidak mudah muncul kerutan. Dengan begitu, adanya kolagen ini membuat kulit tetap halus dan awet muda.

Tak hanya itu saja cara kerja dari kolagen, bagian dari kulit ini juga membantu melembapkan dengan cara menahan air di dalamnya. Perlu kamu ketahui, kulit yang lembap lebih cenderung terlihat lebih sehat dan segar.

Meskipun begitu banyak manfaat kolagen untuk kulit, protein satu ini akan menurun kadarnya ketika usia seseorang semakin bertambah. Hal ini bisa menimbulkan sejumlah tanda-tanda penuaan pada permukaan kulit. Tak heran jika kini banyak orang yang mencari cara untuk meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh.

Salah satu cara yang paling banyak digunakan oleh orang-orang adalah mengonsumsi minuman kolagen instan. Produk minuman ini memang sudah bisa ditemukan di pasaran dengan mudah. Namun harga dari minuman kolagen ini cukup menguras kantong. Untuk menghematnya, kamu bisa lho membuat minuman kolagen untuk mengencangkan kulit dari bahan alami.

Dalam video kali ini bahan utama yang digunakan adalah lidah buaya. Tanaman satu ini memang sudah tidak asing lagi untuk dunia kecantikan. Pasalnya, tanaman berduri ini memiliki sifat penyembuhan dan mengandung senyawa-senyawa, seperti vitamin C, vitamin E, dan zat aktif yang dapat merangsang produksi kolagen. Lidah buaya juga bisa menjaga kulit tetap lembap dan sehat.

Bahan kedua dari minuman kolagen ini adalah kunyit. Bahan rempah satu ini mengandung senyawa kurkumin yang bisa mengurangi peradangan dan meningkatkan produksi kolagen. Adanya antioksidan di dalam bahan ini mampu melindungi sel-sel kulit dari radikal bebas.

Sementara itu, gula jawa memenuhi kebutuhan kolagen yang berasal dari kandungan seng dan tembaga. Gula jawa juga menjadi pelembap alami, sehingga kulit terhindar dari kering.

Itulah manfaat dari ketiga bahan utama yang bisa meningkatkan kadar kolagen agar kulit tetap kencang. Nah, bagi kamu yang tertarik, yuk simak informasi di bawah ini.

cara membuat minuman kolagen berbagai sumber

foto: YouTube/Tia Liem

Bahan-bahan:

1. 1 buah lidah buaya
2. 1/2 buah kunyit
3. Gula jawa
4. 1/4 asam jawa
5. 3 ruas jahe

cara membuat minuman kolagen berbagai sumber

foto: YouTube/Tia Liem

Cara membuat dan menggunakan:

1. Bersihkan terlebih dahulu lidah buaya tersebut dari getah dan kulitnya
2. Potong-potong dengan ukuran kecil
3. Siapkan kunyit yang sudah dibersihkan
4. Bersihkan juga jahe dari kulitnya
5. Haluskan jahe dan kunyit secara bersamaan
6. Tuangkan air ke dalam panci
7. Rebus air tersebut
8. Masukkan lidah buaya terlebih dahulu
9. Tuangkan kunyit dan jahe pada air rebusan tersebut
10. Masukkan gula dan asam jawa secukupnya
11. Aduk-aduk semua bahan hingga tercampur rata
12. Masak kurang lebih selama 15 menit
13. Ketika matang, angkat dan tuangkan ke wadah baru, sembari disaring
14. Untuk mendapatkan hasil maksimal, konsumsi minuman kolagen ini secara rutin.

(brl/wen)

tags

STORIES