Tanpa chemical peeling, beauty vlogger ini bagikan cara atasi tangan belang pakai 1 jenis tanaman

Tanpa chemical peeling, beauty vlogger ini bagikan cara atasi tangan belang pakai 1 jenis tanaman

Brilio.net - Punya penampilan menarik tidak hanya difokuskan pada perawatan wajah saja, tapi juga bagian tubuh lainnya seperti kaki dan tangan. Perawatan pada kulit tangan ini penting, agar tangan tak tampak kusam, kering, dan belang. Tangan menjadi anggota tubuh yang berisiko tinggi terpapar sinar matahari saat beraktivitas di luar ruangan.

Memang pada dasarnya kulit membutuhkan sinar matahari untuk memproduksi vitamin D yang baik bagi tulang. Namun jika paparan sinar matahari ini terjadi secara terus menerus bisa mengakibatkan kulit terbakar dan mengalami perubahan warna. Perlu kamu ketahui, paparan sinar matahari ini bisa menghasilkan melanin lebih banyak.

Oleh karena itu, paparan sinar matahari berlebih mampu mengubah warna kulit jadi lebih gelap. Tak cuma itu, paparan sinar matahari juga dapat membuat elastisitas kulit jadi berkurang, sehingga berdampak pada munculnya keriput dan tanda penuaan lainnya.

Selain itu, kulit yang kusam bisa juga disebabkan dari luka atau cedera. Luka pada kulit seperti lecet, terbakar, dan infeksi juga bisa bikin kulit kamu kehilangan pigmen atau gelap. Walaupun memberikan tampilan yang cukup mengganggu, kulit belang karena luka ini bisa kamu hilangkan.

Nah, ada berbagai cara meratakan kulit belang, mulai chemical peeling dan terapi laser. Meski begitu, ada solusi lain yang lebih ekonomis untuk mengatasi tangan belang dengan cara alami, yakni menggunakan scrub dari bahan alami. Salah satu pengguna YouTube @pihuofficials08 menunjukkan cara mengatasi tangan belang dengan lidah buaya, kunyit bubuk, dicampur sampo dan mustard oil.

Lidah buaya punya manfaat penyembuhan luka, karena punya kandungan berupa polisakarida yang dapat menstimulasi pertumbuhan sel-sel kulit baru dan meningkatkan produksi kolagen, sehingga bisa menyembuhkan luka dengan cepat. Kandungan itu, juga ampuh menghilangkan flek hitam akibat penuaan.

Sementara itu, lidah buaya juga mengandung antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas penyebab kulit belang. Kandungan antioksidan juga mampu meningkatkan produksi kolagen sehingga dipercaya menjaga elastisitas kulit.

Bahan kedua yaitu bubuk kunyit juga diklaim bisa mencerahkan kulit belang. Hal ini dikarenakan kunyit mengandung antioksidan dan antiradang yang mampu melawan radikal bebas penyebab kulit kusam dan belang. Selain itu, adanya antibakteri dalam kunyit ampuh membunuh bakteri penyebab jerawat.

Sementara itu, adanya sampo dalam scrub ini diklaim bisa meratakan kulit. Dilansir dari typeset.io, sampo bisa menjaga kelembapan dan memutihkan kulit jika di dalamnya produknya ada bahan alami seperti minyak kelapa, minyak atsiri, dan ekstrak beras. Ketiga bahan alami tersebut diklaim membuat kulit halus dan mencerahkan kulit.

Kemudian bahan berikutnya ada minyak mustard yang dipercaya bantu meratakan warna kulit. Melansir dari bebeautiful.in, minyak mustard ini mengandung vitamin yang bisa mencerahkan bintik hitam dan mengontrol hiperpigmentasi. Adanya kandungan antioksidan dalam minyak mustard ampuh melindungi dari paparan sinar matahari dan meratakan warna kulit.

Tertarik untuk menggunakannya? Yuk simak langkah-langkah di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari kanal YouTube @pihuofficials08, Kamis (30/5).

Bahan:

atasi tangan belang pakai lidah buaya berbagai sumber

foto: YouTube/@pihuofficials08

- 1/4 lidah buaya
- 1 sendok teh bubuk kunyit
- 1 sendok teh sampo
- 1 sendok teh mustard oil

Cara membuat:

atasi tangan belang pakai lidah buaya berbagai sumber

foto: YouTube/@pihuofficials08

1. Potong kulit lidah buaya pada sisi samping
2. Belah pada bagian tengah lidah buaya
3. Taburkan bubuk kunyit pada lidah buaya
4. Tuangkan sampo
5. Tambahkan mustard oil
6. Aplikasikan pada tangan.

Cara menggunakan:

atasi tangan belang pakai lidah buaya berbagai sumber

foto: YouTube/@pihuofficials08

1. Pastikan tangan kamu dalam keadaan bersih dan kering
2. Oleskan lidah buaya dan bahan-bahan lainnya
3. Gosok-gosokkan selama beberapa menit
4. Tunggu selama 10 menit
5. Bilas tangan menggunakan air biasa dan keringkan
6. Gunakan scrub alami ini secara rutin agar kamu mendapatkan hasil kecantikan kulit yang diinginkan.

Trik menghindari kulit tangan belang saat naik motor

Mengatasi kulit tangan belang tidak hanya mengandalkan treatment chemical peeling dan bahan alami. Namun ada trik yang bisa kamu gunakan agar tangan tak belang saat naik motor.

Pertama yaitu jangan lupa menggunakan sarung tangan. Kamu bisa menggunakan sarung dengan warna atau model apapun. Selain itu, kini juga ada sarung tangan yang dilengkapi dengan UV protection, sehingga kulit tak mudah terpapar sinar matahari.

Kedua yaitu mengenakan baju panjang atau tertutup saat berkendara. Cara ini cukup mengahalau paparan sinar matahari secara langsung. Jika perlu kamu bisa memakai jaket anti UV yang bikin sinar matahari tidak menembus kulit sama sekali.

(brl/mal)

tags

STORIES