Tanpa dicampur minyak kelapa, wanita ini bagikan cara mencerahkan ketiak hitam pakai 1 jenis minuman

Tanpa dicampur minyak kelapa, wanita ini bagikan cara mencerahkan ketiak hitam pakai 1 jenis minuman

Brilio.net - Warna kulit ketiak seharusnya sama seperti warna kulit di bagian tubuh lainya. Sayangnya untuk beberapa kasus, warna ketika orang banyak yang mengalami perubahan menjadi lebih hitam. Walaupun ketiak menghitam tak begitu terlihat oleh mata, tetap saja kondisi ini bisa mengganggu.

Penyebab ketiak hitam berasal dari berbagai sumber, salah satunya datang dari penggunaan produk kecantikan seperti deodoran. Perlu kamu ketahui, penggunaan deodoran bisa meningkatkan pH ketiak untuk mencegah pertumbuhan bakteri penyebab bau badan. Adanya kandungan alkohol, paraben, dan bahan kimia lainnya menyebabkan kulit ketiak iritasi dan peradangan. Kondisi tersebut jika terus dibiarkan bisa membuat kulit ketiak berubah warna.

Faktor berikutnya datang dari hiperpigmentasi atau kulit memproduksi pigmen melanin berlebihan. Sudah sering disebut, jika pigmen melanin menumpuk bisa menimbulkan bintik atau bercak kecokelatan di kulit. Selain ketiak, hiperpigmentasi ini bisa terjadi pada bagian lipatan tubuh lainnya seperti leher dan pangkal paha.

Memberikan warna yang kurang indah pada tubuh, tak heran jika banyak orang ingin mencerahkan kembali kulit ketiak. Ada satu cara yang bisa kamu gunakan untuk mencerahkan ketiak menghitam. Nah, kamu bisa pakai cara yang dibagikan oleh beauty vlogger dengan akun Instagram @wulan_bahtiar.

Dalam unggahan yang dibagikan pada reels Instagram, Wulan hanya menggunakan bahan alami yaitu bubuk kopi hitam, susu murni, dan lemon tanpa campuran minyak kelapa. Kenapa tanpa minyak kelapa? sebab kandungan antioksidan dalam minyak kelapa sudah digantikan oleh susu murni.

Antioksidan dalam susu mampu mencegah kerutan di kulit.

cara hilangkan ketiak hitam pakai lemon.  2024 Unsplash.com

Cara hilangkan ketiak hitam pakai lemon.
2024 Unsplash.com/berbagai sumber

Dilansir dari healthshot.com, Senin (3/6) susu yang merupakan salah satu jenis minuman punya kandungan antioksidan yang bisa bikin kulit kamu jadi lebih cerah. Bahkan antioksidan ini mampu mencegah kerutan di kulit, termasuk ketiak. Sementara itu, adanya kandungan vitamin A dalam susu menjadi antiaging. Kandungan vitamin A juga diklaim bisa mengatasi jerawat termasuk di wajah dan punggung.

Bubuk kopi hitam bantu kurang wanra hitam di ketiak.

cara hilangkan ketiak hitam pakai lemon.  2024 Unsplash.com

Cara hilangkan ketiak hitam pakai lemon.
2024 Unsplash.com/berbagai sumber

Sementara itu, bubuk kopi punya kandungan antioksidan yang bisa memberikan efek menenangkan untuk kulit. Selain itu, kopi hitam menjadi sumber vitamin B3 yang diklaim bisa cegah kanker kulit. Dilansir dari healthiline.com adanya kandungan kafein dalam kopi bantu cerahkan ketiak menghitam. Tak cuma itu, kandungan kafein juga dapat melebarkan pembuluh darah di bawah kulit dan meningkatkan aliran darah secara keseluruhan. Hal ini nantinya bisa membantu mengurangi warna hitam di ketiak.

Asam pada lemon sebagai agen pencerah kulit alami.

cara hilangkan ketiak hitam pakai lemon.  2024 Unsplash.com

Cara hilangkan ketiak hitam pakai lemon.
2024 Unsplash.com/berbagai sumber

Bahan berikutnya ada lemon yang punya antioksidan dan bertugas mengurangi kerusakan di kulit dan penuaan dini. Tak cuma itu, adanya sifat asam bisa mencerahkan kulit secara alami. Bahkan adanya kandungan antijamur mampu membunuh jamur candida di kulit.

Itulah manfaat dari sejumlah bahan yang bisa kamu dapatkan. Lantas bagaimana cara membuat dan menggunakan scrub dari bahan-bahan di atas? Bagi kamu yang ingin mencoba, yuk simak langkah-langkah di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari Instagram @wulan_bahtiar, Senin (3/6).

Bahan:

cara hilangkan ketiak hitam pakai lemon. berbagai sumber

foto: Instagram/@wulan_bahtiar

- 3 sendok makan bubuk kopi hitam
- 1 gelas kecil susu murni
- 1/2 buah lemon.

Cara membuat:

cara hilangkan ketiak hitam pakai lemon. berbagai sumber

foto: Instagram/@wulan_bahtiar

1. Siapkan mangkuk kecil.
2. Tuangkan bubuk kopi ke dalam wadah tersebut.
3. Tuangkan susu murni.
4. Tambahkan perasan lemon.
5. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.
6. Scrub siap kamu gunakan.

Cara menggunakan:

1. Pastikan kulit ketiak kamu kering dan bebas dari bulu.
2. Oleskan scrub pada ketiak.
3. Tunggu selama 15 hingga 20 menit.
4. Gosok-gosok scrub secara perlahan.
5. Bilas scrub menggunakan air biasa.
6. Keringkan pakai handuk bersih.
7. Gunakan scrub secara rutin agar mendapatkan hasil yang kamu inginkan.

Cara merawat kulit ketiak tetap putih.

Ketiak menghitam termasuk masalah kulit yang menyebalkan. Nah, agar ketiak ini tak mudah berubah warna kulit. Kamu perlu mengetahui cara merawat kulit ketiak. Ada beberapa cara yang bisa kamu pakai, antara lain:

1. Ganti deodoran dan antiperspiran.

Cari deodoran atau antiperspiran merek lain yang cocok untuk kamu. Pertimbangkan beralih ke alternatif bahan alami seperti soda kue atau sari cuka apel. Beberapa orang bahkan berhenti menggunakan deodoran sama sekali.

2. Berhenti bercukur.

Ternyata mencukur bulu ketiak bisa menyebabkan perubahan warna kulit, lho. Alih-alih memotongnya dengan alat, cobalah treatment waxing atau penghilangna bulu dengan laser.

3. Gunakan lulur untuk eksfoliasi kulit.

Gunakan lulur lembut atau di area ketiak dua hingga tiga kali seminggu. Karena kulit ketiak halus, pilih eksfolian yang lembut dan ditujukan untuk kulit sensitif. Misalnya menggunakan eksfolian wajah.

4. Mengenakan pakaian longgar.

Siapa sangka baju yang ketat, terutama di area ketiak, bisa memicu perubahan warna kulit menjadi hitam. Pakaian ketat membuat kulit lebih rentan bergesekkan sehingga bikin warnanya menjadi gelap.

5. Bukan cuma wajah, ketiak juga butuh pelembap.

Faktanya, ketiak kamu berhak mendapatkan tingkat perawatan dan perhatian yang sama seperti wajah, yakni dengan memberikan pelembap di area tersebut. Apalagi ketika mandi, ketiak jadi kering sehingga rentan untuk bergesekkan. Ketiak yang lembap juga mendorong mengecilkan pori-pori dan mengurangi keringat.

View this post on Instagram

A post shared by Mama Rezky (@wulan_bahtiar)

(brl/psa)

tags

STORIES