Tanpa ditambah oatmeal, ini trik atasi kulit berminyak agar tak timbul jerawat pakai 1 jenis tepung

Tanpa ditambah oatmeal, ini trik atasi kulit berminyak agar tak timbul jerawat pakai 1 jenis tepung

Brilio.net - Sejumlah orang mengeluhkan kulit berminyak. Jenis kulit ini cenderung menimbulkan sejumlah masalah bagi pemiliknya, lantaran mudah berjerawat dan berkomedo. Hal ini terjadi karena kelenjar sebaceous di kulit memproduksi terlalu banyak sebum (minyak yang melindungi serta menghidrasi kulit).

Adanya jenis kulit berminyak ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. Pertama yaitu faktor genetik, tipe kulit ini dapat diturunkan dalam keluarga. Jika salah satu atau kedua orangtua memiliki tipe kulit berminyak, kemungkinan keturunannya akan memiliki jenis yang sama.

Kedua adalah perubahan iklim, kelenjar minyak cenderung menghasilkan lebih banyak sebum pada saat cuaca kering dan panas. Adanya produksi minyak yang berlebih ini bisa membuat kulit tetap terhidrasi karena kehilangan banyak cairan.

Ketiga adalah penggunaan produk skincare yang tidak cocok. Jenis kulit kombinasi dan berminyak memiliki kesamaan tertentu ketika menggunakan produk, sehingga seringkali membuat kita salah pilih ketika membeli produk. Biasanya orang-orang membeli skincare dengan tekstur krim, hal ini justru membuat kulit menjadi lebih berminyak.

Selain merawat menggunakan produk skincare, kamu juga bisa mengatasinya dengan memakai masker. Kali ini tak perlu memakai oatmeal sebagai bahan utama. Sebagai gantinya kamu bisa menggunakan multani mitti. Bahan satu ini merupakan jenis tanah liat yang memiliki kandungan berupa mineral dan tinggi air. Kedua kandungan tersebut mampu menghilangkan minyak pada wajah. Terdiri dari silikat aluminium membuat kulit terhidrasi dengan baik.

Selain menggunakan bahan tersebut, ada bubuk jeruk dan kunyit. Kunyit memiliki manfaat untuk mengurangi kulit berminyak. Hal ini lantaran adanya kandungan kurkumin di dalam kunyit. Sementara itu, adanya kulit jeruk dalam masker ini menjadi eksfoliasi alami yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Kemudian, sifat astringen pada bahan ini bisa mengontrol produksi minyak berlebih. Sifat pelembap pada kulit jeruk dapat menghidrasi dan membuat kulit tetap lembap.

Cukup menggunakan tiga bahan di atas, kulit berminyak bisa kamu atasi dengan baik dan tidak membuat mengkilap. Lantas bagaimana cara membuat dan menggunakannya? Bagi kamu yang ingin mencoba, berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti dengan mudah.

Trik atasi kulit berminyak

Bahan-bahan:

trik atasi kulit berminyak berbagai sumber

trik atasi kulit berminyak
YouTube/manuteluguammai8

1. 1 sendok makan multani mitti
2. 1 sendok makan bubuk kulit jeruk
3. 2 sendok makan rosewater.

Cara membuat:

trik atasi kulit berminyak berbagai sumber

trik atasi kulit berminyak
YouTube/manuteluguammai8

1. Masukkan bubuk multani mitti ke dalam mangkuk
2. Tambahkan dengan bubuk kulit jeruk
3. Tuangkan rosewater pada bahan tersebut
4. Aduk-aduk semua bahan hingga memiliki tekstur pasta.

Cara menggunakan:

trik atasi kulit berminyak berbagai sumber

trik atasi kulit berminyak
YouTube/manuteluguammai8

1. Bersihkan wajah terlebih dahulu
2. Aplikasikan masker tersebut secara merata
3. Diamkan kurang lebih 10 menit
4. Bersihkan wajah dengan menggunakan air biasa
5. Keringkan wajah menggunakan tisu atau handuk kering
6. Gunakan trik ini secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

(brl/ola)

tags

STORIES