Tanpa facial mahal, wanita ini bagikan cara atasi komedo hitam dan putih di wajah pakai 2 bahan dapur

Tanpa facial mahal, wanita ini bagikan cara atasi komedo hitam dan putih di wajah pakai 2 bahan dapur

Brilio.net - Komedo menjadi salah satu masalah kulit wajah yang cukup mengganggu penampilan. Masalah kulit wajah ini muncul ketika penumpukan sel kulit mati dan produksi minyak berlebih menyumbat pori-pori. Selain sel kulit mati, kotoran lain seperti debu, polusi, dan sisa makeup yang tak dibersihkan secara optimal juga akan menyebabkan munculnya komedo.

Komedo terbagi menjadi dua jenis, yaitu komedo hitam dan putih. Komedo putih pada dasarnya merupakan komedo yang permukaannya tertutup oleh kulit. Ini akan menyebabkan kulit jadi bertekstur kasar atau gradakan. Sedangkan komedo hitam merupakan komedo yang permukaannya tidak tertutup kulit dan warnanya akan berubah menjadi cokelat kehitaman akibat oksidasi paparan udara.

Pada umumnya, komedo akan muncul di area wajah berminyak. Seperti hidung, pipi, dahi, dan dagu. Bukan tanpa alasan, area wajah ini memiliki kelenjar minyak lebih banyak dibandingkan area wajah lain. Karena itulah, wajah jadi tampak kusam, bertekstur, dan memiliki warna yang tidak merata.

Adanya komedo di wajah memang cukup mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri. Masalah kulit ini juga akan menjadi pemicu munculnya jerawat meradang lho. Pasalnya, komedo atau kotoran yang terjebak di pori-pori kulit akan menjadi tempat berkembangnya bakteri penyebab jerawat.

Nah, jika kamu tak mau hal ini terjadi, kamu perlu menghilangkan komedo dengan berbagai metode. Mulai dari melakukan perawatan facial di klinik kecantikan, menggunakan produk skincare, hingga penggunaan bahan-bahan alami. Apabila kamu tak mau merogoh kocek terlalu dalam, kamu bisa menggunakan bahan alami seperti yang dibagikan oleh salah satu wanita melalui akun TikTok pribadinya @ohana.hq.

Dalam unggahannya tersebut, ia menggunakan 2 bahan dapur untuk menghilangkan komedo hitam dan putih. Bahan dapur yang dimaksud adalah tomat dan gula pasir.

2 Bahan dapur atasi komedo hitam dan putih Berbagai sumber

foto: TikTok/@ohana.hq



Kandungan tomat untuk menghilangkan komedo di wajah.

Tomat mengandung antioksidan dan berbagai vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan kulit, seperti menghilangkan komedo dan mengecilkan pori-pori wajah. Buah warna merah yang kerap dijadikan lalapan ini memiliki enzim dan vitamin yang baik untuk eksfoliasi kulit.

Tak hanya itu saja, tomat juga mengandung sedikit asam karena kadar potasium dan vitamin C yang tinggi. Kandungan nutrisi pada tomat tersebut dapat mengubah wajah kusam menjadi lebih bercahaya. Tomat bahkan bisa bertindak sebagai astringen alami, yaitu sejenis cairan yang bermanfaat untuk membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah, mengencangkan pori-pori, dan mengurangi komedo sehingga membantu mencegah jerawat.

Manfaat gula pasir untuk mengangkat kotoran penyebab komedo.

Sedangkan gula pasir dapat kamu manfaatkan sebagai scrub alami, sehingga dipercaya mampu mengatasi masalah komedo yang membandel. Bahan pemanis ini berfungsi untuk mengikis sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Permukaannya yang sedikit kasar akan berguna sebagai physical exfoliator. Tak heran jika bahan ini banyak digunakan sebagai face scrub untuk menghaluskan tekstur kulit.

Dua bahan dapur tersebut dapat kamu jadikan sebagai scrub wajah yang dipercaya mampu menghaluskan wajah dan mengatasi komedo hitam serta putih. Yuk, simak cara membuat dan menggunakannya berikut ini, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @ohana.hq, Minggu (19/5).

2 Bahan dapur atasi komedo hitam dan putih Berbagai sumber

foto: TikTok/@ohana.hq

Bahan:

- 1 buah tomat segar
- Gula pasir secukupnya

Cara membuat dan menggunakan:

1. Cuci tomat sampai bersih
2. Masukkan kedalam lemari pendingin
3. Jika sudah dingin, keluarkan dan belah menjadi 2 bagian
4. Celupkan tomat pada gula pasir sampai menempel di permukaannya
5. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih
6. Gosok-gosok dengan lembut menggunakan gerakan memutar selama 2-3 menit
7. Diamkan selama 15 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih
8. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer
9. Lakukan dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang halus bebas komedo.

2 Bahan dapur atasi komedo hitam dan putih Berbagai sumber

foto: TikTok/@ohana.hq

@ohana.hq Hilangkan #blackheads , #whiteheads , #parut, jadikan #kulit #lebihlembut, #licin dan #gebu , #tutuppori #muka #fyp #ohana #balingkedah original sound -

(brl/far)

tags

STORIES