Tanpa garam, TikToker ini bagikan trik atasi gigi kuning pakai kombinasi pasta gigi dan 1 bahan dapur

Tanpa garam, TikToker ini bagikan trik atasi gigi kuning pakai kombinasi pasta gigi dan 1 bahan dapur

Brilio.net - Gigi kuning menjadi masalah umum yang dialami oleh kebanyakan orang. Biasanya kondisi ini tidak disadari, sehingga kerap kali diabaikan sampai menggangu penampilan. Sebenarnya gigi kuning sangat mudah diamati. Perubahan warna dapat terjadi di beberapa gigi sekaligus ataupun keseluruhan deret gigi. Pemicu gigi kuning ada beragam, seperti kebiasaan minum kopi atau teh, malas atau jarang menyikat gigi, merokok, serta penumpukan plak dan karang gigi.

Kondisi gigi kuning biasanya disertai dengan gangguan lain, seperti bau mulut yang tidak sedap, karies gigi, hingga radang gusi. Bila tidak ditangani dengan tepat, kondisi ini bisa menyebabkan kerusakan gigi yang lebih parah. Cara dasar merawat gigi, yaitu dengan menyikat gigi sehari dua kali, setelah makan dan sebelum tidur.

Apabila gigi sudah terlanjur berwarna kuning, kamu dapat memanfaatkan bahan-bahan alami untuk mengatasinya. Salah satu bahan alami yang kerap dimanfaatkan untuk mengatasi kondisi ini adalah garam. Bukan tanpa alasan, garam bermanfaat mengikis noda kuning yang ada di permukaan gigi. Tak hanya itu saja, garam juga bersifat antiseptik, sehingga mampu menekan pertumbuhan bakteri penyebab gigi kuning.

Meski begitu, ternyata ada bahan alami lain yang tak kalah efektif untuk memutihkan gigi kuning. Seperti yang diunggah oleh TikToker dengan nama akun @tastyfoodsandfun, yang menggunakan kombinasi pasta gigi dan 1 bahan dapur. Bahan dapur yang dimaksud adalah cuka apel.

Atasi gigi kuning kombinasi pasta dan cuka apel Berbagai sumber

foto: TikTok/@tastyfoodsandfun

Kandungan dan manfaat cuka apel untuk memutihkan gigi.

Cuka sari apel telah digunakan selama berabad-abad sebagai produk pembersih alami. Ini berkat kandungan asam asetat di dalamnya. Asam asetat, yang merupakan bahan aktif utama dalam cuka apel membunuh bakteri penyebab bau mulut yang tidak sedap sekaligus pemicu gigi kuning, seperti yang dilansir dari laman Healthline.

Perlu diketahui bahwa asam asetat dalam cuka berpotensi mengikis enamel di gigi. Untuk alasan ini, lebih baik tidak menggunakan cuka apel setiap hari. Kamu juga harus membatasi waktu cuka apel bersentuhan dengan gigi.

Hanya dengan menggunakan cuka apel yang dikombinasikan dengan pasta gigi saja, kamu bisa membuat pasta pemutih gigi yang efektif untuk mengurangi tampilan gigi kuning. Tak hanya itu saja, napas kamu juga akan lebih segar, lho. Yuk, simak cara membuat dan menggunakannya, seperti yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @tastyfoodsandfun, Senin (27/5).

Atasi gigi kuning kombinasi pasta dan cuka apel Berbagai sumber

foto: TikTok/@tastyfoodsandfun

Bahan:

- Pasta gigi secukupnya
- 1 sendok makan cuka apel

Cara membuat dan menggunakan:

Atasi gigi kuning kombinasi pasta dan cuka apel Berbagai sumber

foto: TikTok/@tastyfoodsandfun

1. Tuangkan bahan-bahan ke dalam wadah.
2. Aduk keduanya sampai tercampur merata.
3. Gunakan pasta tersebut untuk menyikat gigi seperti pada umumnya.
4. Gosok-gosok hingga ke sela-sela gigi selama 2-3 menit.
5. Bilas menggunakan air dengan cara berkumur-kumur sampai bersih.
6. Lakukan cara ini dengan rutin 2 hari sekali untuk mendapatkan gigi yang putih secara alami.

@tastyfoodsandfun Vinegar and toothpaste will give you pearly white teeth must try #PerfectPartner #toothpaste #vinegar Colors - Stella Jang

(brl/psa)

tags

STORIES