Tanpa gunakan bawang putih, ini cara menghilangkan kutil pada wajah hanya pakai 1 jenis buah

Tanpa gunakan bawang putih, ini cara menghilangkan kutil pada wajah hanya pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Kutil merupakan masalah kulit berupa pertumbuhan kulit tak berbahaya, yang biasanya disebabkan oleh infeksi virus HPV (human papillomavirus). Kutil sering muncul dalam bentuk tonjolan kecil dan kasar pada berbagai bagian tubuh, termasuk tangan, kaki, dan wajah.

Selain disebabkan oleh virus, ada penyebab lain yang mempengaruhi. Salah satunya adalah kondisi lingkungan yang lembap sehingga mendukung pertumbuhan virus HPV. Selain itu, sering terkena gesekan, seperti pada tangan dan kaki juga bisa menjadi penyebabnya. Sistem kekebalan tubuh yang lemah contohnya pada individu dengan penyakit autoimun atau seseorang yang mengalami stres berat, membuatnya rentan terkena infeksi virus HPV dan kutil bisa berkembang biak.

Untuk menghilangkan kutil, terutama pada wajah, terdapat beberapa cara yang bisa kamu gunakan. Langkah pertama yaitu konsultasikan terlebih dahulu dokter ahli dan melakukan perawatan medis, seperti krioterapi atau penghilangan kutil menggunakan nitrogen cair atau obat-obatan topikal.

Selain cara tersebut kamu juga bisa memakai trik lain. Salah satunya adalah memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita. Selain murah, trik ini cukup aman untuk digunakan. Pengguna YouTube recommendedpreshtv membagikan trik yaitu menggunakan jeruk nipis sebagai bahan utamanya.

Bahan alami yang biasanya untuk campuran minuman dan makanan ini ternyata bisa menghilangkan kutil. Pasalnya, terdapat kandungan asam sitrat yang membantu melunakkan lapisan kulit yang melindungi kutil. Sifat antiseptik dalam jeruk nipis juga bisa mencegah infeksi pada kulit yang rusak.

Sementara itu, madu menjaga kulit tetap bersih karena adanya sifat antiseptik. Sifat penyembuhan di dalam madu bisa mempercepat proses penyembuhan luka. Lalu, adanya baking soda membantu proses pengelupasan pada kutil agar mudah lepas. Baking soda juga bisa menjadi pembersih alami yang membantu menjaga area kulit tetap bersih.

Untuk cara menggunakannya kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang dibagikan oleh recommendedpreshtv di bawah ini.

cara hilangkan kutil berbagai sumber

foto: YouTube/recommendedpreshtv

Bahan-bahan:

1. 1 buah jeruk nipis
2. 1 sendok makan madu murni
3. 1 sendok makan baking soda
4. 1 sendok makan bubuk jahe.

cara hilangkan kutil berbagai sumber

foto: YouTube/recommendedpreshtv

Cara membuat:

1. Cuci bersih terlebih dahulu jeruk nipis
2. Ambil kulit jeruk dengan cara menggunakan parutan
3. Masukkan ke dalam mangkuk
4. Tambahkan perasan jeruk nipis
5. Campurkan dengan madu murni
6. Masukkan baking soda dan bubuk jahe
7. Aduk semua bahan tersebut hingga rata.

cara hilangkan kutil berbagai sumber

foto: YouTube/recommendedpreshtv

Cara menggunakan:

1. Oleskan krim buatan tersebut pada area kulit yang terdapat kutil
2.Biarkan kurang lebih beberapa menit
3. Setelah itu usap-usap secara perlahan
4. Bersihkan dengan menggunakan kapas dan air bersih
5. Agar kutil cepat hilang, gunakan trik ini secara rutin.

(brl/wen)

tags

STORIES