Tanpa lemon dan madu, ini trik hilangkan bekas jerawat dan flek hitam pakai 1 jenis daun

Tanpa lemon dan madu, ini trik hilangkan bekas jerawat dan flek hitam pakai 1 jenis daun

Brilio.net - Munculnya noda hitam pada kulit pada umumnya disebabkan dua hal, yakni bekas jerawat dan flek hitam. Jerawat dapat meninggalkan bekas berupa noda kecokelatan yang dikenal dengan istilah PIH (post-inflammatory hyperpigmentation). Munculnya bekas jerawat ini umumnya disebabkan karena proses regenerasi sel kulit baru pada area jerawat meradang, sehingga membawa melanin berlebih yang memunculkan noda gelap pada kulit.

Sementara itu, flek hitam merupakan kondisi di mana beberapa bagian wajah dipenuhi oleh titik-titik pigmentasi. Hal ini umumnya dikarenakan paparan sinar UV dari matahari, terutama UVB yang dapat merangsang sel melanosit dalam kulit untuk memproduksi melanin. Akibatnya, produksi melanin yang semakin menumpuk ini lama-kelamaan akan berubah menjadi flek hitam.

Apabila kamu dihadapkan dengan dua permasalahan kulit tersebut, nggak usah bingung. Pasalnya, kamu bisa mencoba mengatasinya dengan memanfaatkan bahan alami sebagai solusi alternatif. Ada beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Selain tak kalah ampuh dari skincare keluaran brand ternama, cara juga jauh lebih ekonomis dan aman karena tak mencampurkan bahan kimia. Salah satu pengguna Instagram dengan akun @ruchita.ghag membagikan triknya menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam dengan memanfaatkan bahan-bahan alami, seperti daun kemangi suci (basil), kulit jeruk, dan ekstrak kentang.

trik hilangkan bekas jerawat dan flek hitam  Instagram

foto: freepik.com

Daun kemangi suci (basil) kaya akan kandungan seperti asam alpha-linolenik, eugenol, dan vitamin A, C, serta E. Selain membantu melawan radikal bebas, kandungan dalam daun kemangi ini juga membantu mengurangi munculnya jerawat dan flek hitam dengan meregenerasi sel-sel kulit. Komponen mineral di dalamnya juga efektif dalam membantu menjaga kelembapan kulit dan keseimbangan pH, sehingga kulit tetap sehat dan terhidrasi.

trik hilangkan bekas jerawat dan flek hitam  Instagram

foto: freepik.com

Kulit jeruk memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C, asam askorbat, dan antioksidan. Vitamin C yang terkandung dalam kulit jeruk berperan penting dalam mencerahkan kulit dan mengurangi produksi melanin yang menyebabkan munculnya spot hitam.

Sementara itu, kandungan antioksidan dalam kulit jeruk membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan sinar UV yang dapat mempercepat kerusakan kondisi kulit. Tidak hanya itu, kulit jeruk juga memiliki sifat eksfoliasi alami yang membantu kulit wajah agar terlihat bercahaya.

trik hilangkan bekas jerawat dan flek hitam  Instagram

foto: freepik.com

Kentang adalah sejenis umbi-umbian yang kaya kandungan nutrisi seperti vitamin C, vitamin B6, kalium, dan zat antioksidan. Gabungan senyawa ini tidak hanya dapat membantu merangsang pertumbuhan sel kulit baru, namun juga efektif dalam memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

Selain itu, kentang juga merupakan bahan alami yang bagus untuk menutrisi kulit dan memberikan kecerahan alami, sehingga dapat memudarkan bekas jerawat dan flek hitam. Ketiga bahan di atas ini bisa kamu manfaatkan sebagai masker. Berikut cara meraciknya, seperti dilansir briliobeauty.net dari Instagram/@ruchita.ghag pada Jumat (25/8).

Alat dan bahan:

1. 1 sendok makan bubuk daun basil/kemangi suci
2. 1 sendok makan bubuk kulit jeruk
3. 2 sendok makan ekstrak kentang
4. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

trik hilangkan bekas jerawat dan flek hitam  Instagram

foto: Instagram/@ruchita.ghag

1. Masukkan bubuk dari daun kemangi yang telah dihaluskan ke dalam wadah kecil
2. Kupas 1 buah jeruk dan haluskan kulitnya menggunakan blender
3. Tambahkan 1 sendok makan bubuk kulit jeruk yang telah dihaluskan ke wadah tadi
4. Kupas 1 buah kentang dan haluskan untuk mendapatkan ekstrak airnya
5. Tuangkan sekitar 2 sendok makan dari ekstrak kentang tersebut ke bahan lainnya
6. Aduk seluruh bahan hingga tercampur rata
7. Oleskan masker tersebut ke wajah dan diamkan selama 15 menit
8. Setelah 15 menit, gosok masker tersebut dengan lembut selama 2-3 menit sebelum dibilas hingga bersih
9. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

(brl/mal)

tags

STORIES