Tanpa lemon, ini cara pudarkan flek hitam akibat penuaan pakai buah bit dicampur 1 bahan makanan

Tanpa lemon, ini cara pudarkan flek hitam akibat penuaan pakai buah bit dicampur 1 bahan makanan

Brilio.net - Masalah wajah yang menggangu penampilan bukan cuma jerawat, tapi juga flek hitam. Noda bintik hitam yang muncul dipermukaan wajah merupakan masalah umum yang terjadi pada sebagian orang, baik wanita ataupun pria, tua dan muda. Flek hitam yang muncul di wajah ini membuat warna kulit jadi tidak rata. Meskipun tidak berbahaya, tetapi flek hitam mendorong beberapa orang mencoba produk pencerah kulit.

Produk pencerah kulit di pasaran memang banyak, akan tetapi tidak semua diciptakan sama. Beberapa di antaranya mungkin berbahaya dan nggak cocok dipakai buat semua jenis kulit. Oleh karena itu, penting untuk mencari tahu opsi paling aman untuk memudarkan flek hitam di wajah.

Solusi pertama, menggunakan krim pencerah yang mengandung hidrokuinon. Sayangnya krim ini nggak dijual secara bebas dan perlu resep dokter untuk memperolehnya. Apalagi bila penggunaan hidrokuinon melebihi batas, bisa menimbulkan risiko lebih besar. Solusi kedua yakni perawatan menggunakan laser. Namun sayangnya, treatment ini punya efek samping sementara seperti pembengkakan, kemerahan, infeksi, sampai perubahan tekstur kulit.

Jika kamu nggak mau ambil risiko, cara lebih alami seperti menggunakan buah-buahan bisa jadi solusi. Sebagaimana yang dilakukan oleh pengguna Instagram @iam_grincy. Lewat unggahan reels, ia tampak menggunakan buah bit kering dikombinasikan dengan beras, tanpa campuran lemon. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C dalam lemon bisa kamu temukan ada buah bit.

Manfaat buat bit sebagai pembentukan melanin dan cega hiperpigmentasi.

hilangkan flek hitam akibat penuaan dini.  2024 Freepik.com

hilangkan flek hitam akibat penuaan dini.
2024 Freepik.com/berbagai sumber

Dilansir dari bebeautiful, Senin (3/6) buat bit punya kandungan vitamin C yang bisa melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan dini. Selain itu, vitamin C pada buah bit ini dipercaya bisa menurunkan pembentukan melanin dan mengatasi hiperpigmentasi. Adanya kandungan zat besi dalam buah bit juga diklaim meregenerasi sel-sel rusak, sehingga bisa bikin kulit wajah jadi lebih cerah.

Tak cuma itu, adanya kandungan air sebanyak 87% membuat buah bit menghidrasi kulit. Jika digunakan sebagai perawatan secara terus menerus buah bit ini ampuh atasi kulit kering. Kemudian adanya kandungan antioksidan dan folat diklaim mencegah kerutan dan menunda munculnya garis halus.

Beras sebagai zat pelindung untuk memperbaiki kulit rusak.

hilangkan flek hitam akibat penuaan dini.  2024 Freepik.com

hilangkan flek hitam akibat penuaan dini.
2024 Freepik.com/berbagai sumber

Nah, bahan kedua yaitu beras yang diketahui punya zat pelindung. Zat ini diklaim bisa memperbaiki kulit yang rusak, termasuk flek hitam. Dilansir dari healthline.com beras yang termasuk bahan makanan ini dipercaya bisa bantu meningkatkan kolagen pada kulit, sehingga bisa bikin kulit kamu jadi kenyal dan cegah kerutan.

Itulah manfaat dari sejumlah bahan yang bisa kamu dapatkan. Lantas bagaimana cara membuat dan menggunakan masker wajahdari bahan alami? Bagi kamu yang penasaran, yuk simak langkah-langkah di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari Instagram @iam_grincy, Senin (3/6).

Bahan:

hilangkan flek hitam akibat penuaan dini. berbagai sumber

foto: Instagram/@iam_grincy

- 3 sendok makan buah bit kering
- 3 sendok makan beras

Cara membuat:

hilangkan flek hitam akibat penuaan dini. berbagai sumber

foto: Instagram/@iam_grincy

1. Masukkan buah bit kering dan beras ke dalam blender.
2. Blender semua bahan hingga punya tekstur halus.
3. Tuangkan ke dalam mangkuk.
4. Tuangkan air hangat secukupnya.
5. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.
6. Masker siap kamu gunakan.

Cara menggunakan:

hilangkan flek hitam akibat penuaan dini. berbagai sumber

foto: Instagram/@iam_grincy

1. Pastikan wajah kamu bersih terlebih dahulu.
2. Oleskan masker pada wajah secara merata.
3. Tunggu selama 15 hingga 20 menit.
4. Bersihkan masker menggunakan air biasa.
5. Gunakan masker ini secara rutin setidaknya dua atau tiga kali dalam seminggu agar wajah cerah.

Apa saja kandungan skincare yang bisa atasi flek hitam?

Flek hitam yang muncul pada wajah pastinya bikin kamu kurang percaya diri. Terlebih lagi saat tak menggunakan makeup. Flek hitam ini bisa kamu atasi dengan masker alami seperti trik di atas. Selain itu, kamu juga bisa cegah flek hitam dengan mulai merawat wajah dengan produk skincare. Nah, ada beberapa bahan aktif skincare yang bisa kamu pakai, antara lain:

1. Menggunakan alpha hydroxy acid (AHA).

Bahan aktif skincare yang pertama bisa kamu gunakan adalah alpha hydroxy acid (AHA. Bahan ini bekerja dengan cara eksfoliasi yang bantu mengelupas sel-sel kulit mati dan mempercepat regenerasi sel kulit. Oleh karena itu bisa mencerahkan flek hitam.

2. Menggunakan asam salisilat.

Asam salisilat sama seperti alpha hydroxy yang berguna sebagai eksfoliator. Kegunaannya utamanya yaitu mengatasi jerawat, mencerahkan, dan memudarkan flek hitam.

3. Menggunakan retinol.

Bahan aktif skincare yang ketiga yaitu retinol yang merupakan turunan dari vitamin A. Kegunaan utamanya yaitu mampu mencerahkan dan memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar UV. Selain itu, retinol juga bisa mengatasi melasma dan hiperpigmentasi pada kulit.

View this post on Instagram

A post shared by Grincy Gandhi (@iam_grincy)

(brl/psa)

tags

STORIES