Tanpa lidah buaya, wanita ini bagikan cara mencerahkan flek hitam pakai madu dicampur 1 jenis tepung

Tanpa lidah buaya, wanita ini bagikan cara mencerahkan flek hitam pakai madu dicampur 1 jenis tepung

Brilio.net - Munculnya flek hitam atau hiperpigmentasi pada wajah tidak hanya disebabkan oleh paparan sinar matahari saja. Flek hitam yang berbentuk bercak gelap ini bisa muncul karena terjadinya peradangan, seperti halnya bekas jerawat.

Ketika jerawat mengalami peradangan, sistem pertahanan tubuh bereaksi dengan memproduksi melanin (pigmen yang memberikan warna pada kulit). Produksi melanin yang berlebihan di area yang meradang dapat menyebabkan hiperpigmentasi, atau flek hitam, pada kulit.

Jerawat yang meradang dapat menyebabkan pembuluh darah di bawah kulit pecah atau rusak. Kondisi ini dapat menyebabkan warna merah atau ungu pada jerawat yang baru sembuh, yang kemudian dapat berubah menjadi flek hitam saat proses penyembuhan berlangsung.

Biasanya flek hitam akibat jerawat ini muncul karena dipicu oleh kebiasaan memencet jerawat. Sehingga menyebabkan trauma pada kulit di sekitar jerawat. Trauma ini dapat merusak jaringan kulit dan menyebabkan peradangan yang lebih lanjut, sehingga dapat meningkatkan risiko terjadinya hiperpigmentasi pasca-inflamasi.

Flek hitam akibat bekas jerawat ini cukup sulit untuk dihilangkan. Butuh perawatan ekstra agar kulit cerah kembali. Nah, salah satu perawatan yang kini bisa kamu lakukan untuk mencerahkan flek hitam yaitu menggunakan masker alami.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES