Tanpa obat kumur, wanita bagikan cara hilangkan bau mulut agar napas lebih segar pakai 1 jenis daun

Tanpa obat kumur, wanita bagikan cara hilangkan bau mulut agar napas lebih segar pakai 1 jenis daun

Brilio.net - Punya napas segar dan menyebarkan aroma wangi mungkin memberikan kenyamanan bagi lawan bicara. Namun adanya masalah lain yang tak diduga, seperti bau mulut menyengat bisa merusak suasana obrolan. Bau mulut tak sedap bisa membuat lawan bicara menghindar dan pergi begitu saja. Sudah pasti kondisi tersebut bakal bikin risau.

Bau mulut atau halitosis memang masalah umum yang sering dialami oleh sejumlah orang. Tetapi masalah ini harus kamu atasi segera agar komunikasi dengan orang lain jadi nyaman. Sebelum mencari cara hilangkan bau mulut, kamu harus tahu penyebabnya terlebih dahulu.

Seperti sudah diketahui bahwa mulut berguna sebagai tempat pertama mengolah makanan dan minuman. Nah, sisa makanan yang tertinggal di mulut dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri yang menghasilkan senyawa sulfur berbau tidak sedap.

Selain disebabkan oleh sisa-sisa makanan, konsumsi bahan makanan yang berbau tajam seperti bawang putih, bawang merah, dan makanan pedas juga menyebabkan bau mulut. Begitu juga dengan minuman seperti kopi.

Untuk mengembalikan kesegaran napas pada mulut, langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah mengurangi bahan makanan pemicu bau mulut. Selain itu, kamu juga perlu membersihkan mulut dan gigi secara rutin. Salah satu caranya adalah berkumur menggunakan bahan alami.

Hal itu seperti dibagikan seorang wanita bernama Puspa. Lewat unggahan di kanal YouTube @itispuspa888, ia tampak menggunakan satu bahan saja yaitu daun salam. Bahan alami yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan ini juga memiliki manfaat untuk mengatasi bau mulut tak sedap.

Daun salam mengandung senyawa-senyawa antibakteri yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab bau mulut. Bakteri ini dapat berkembang biak di dalam mulut, terutama di area yang sulit dijangkau, seperti celah antar gigi dan lidah.

Daun salam juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan di dalam mulut. Peradangan ini bisa menjadi salah satu faktor penyebab bau mulut, terutama jika disebabkan oleh infeksi gusi atau masalah lainnya.

Tak hanya itu, daun salam memiliki aroma yang harum dan menyegarkan. Mengunyah daun salam atau menggunakan air rebusan daun salam sebagai obat kumur dapat memberikan efek segar pada napas.

Dilansir dari indiatimes.com, Rabu (15/5) mengunyah daun salam mampu menyehatkan mulut. Lantaran kandungan antimikroba di dalamnya ampuh membunuh bakteri, menyegarkan bau mulut tak sedap, dan mengurangi kerusakan akibat mengunyah permen karet.

Itulah manfaat dari daun salam untuk segarkan kembali napas yang bau. Lantas bagaimana cara mengolah daun salam untuk menghilangkan bau mulut tak sedap? Bagi kamu yang ingin mencoba, yuk simak informasi di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari kanal YouTube @itispuspa888, Rabu (15/5).

Bahan:

cara hilangkan bau mulut pakai daun salam. berbagai sumber

foto: YouTube/itispuspa888

- 5 lembar daun salam
- 2 gelas air putih

Cara membuat:

cara hilangkan bau mulut pakai daun salam. berbagai sumber

foto: YouTube/itispuspa888

1. Siapkan panci di atas kompor.
2. Tuangkan air putih pada panci.
3. Masukkan daun salam.
4. Rebus semua bahan hingga mendidih.
5. Angkat dan dinginkan.
6. Tuangkan pada gelas.

Cara menggunakan:

cara hilangkan bau mulut pakai daun salam. berbagai sumber

foto: YouTube/itispuspa888

1. Gunakan untuk berkumur.
2. Tunggu selama 30 detik.
3. Muntahkan air kumur.
4. Lanjutkan dengan menggosok gigi.
5. Gunakan trik ini dua hingga tiga kali dalam sehari agar bau mulut hilang.

(brl/jad)

tags

STORIES