Tanpa pakai krim pencerah, beauty vlogger ini bagikan cara mengatasi wajah kusam pakai 1 jenis buah

Tanpa pakai krim pencerah, beauty vlogger ini bagikan cara mengatasi wajah kusam pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Kurangnya perawatan kulit yang tidak dilakukan secara rutin bisa memicu tampilan wajah kusam. Apalagi kalau tidak membersihkan wajah secara rutin setelah melakukan aktivitas di luar ruangan. Pasalnya, aktivitas tersebut membuat kulit mudah terkena berbagai polutan, debu, dan kotoran yang menempel pada permukaan kulit.

Jika tidak dibersihkan secara rutin, semua kotoran tersebut bisa menumpuk dan membuat wajah kusam. Selain dipicu dari kurangnya perawatan, wajah kusam bisa terjadi karena kurangnya asupan cairan. Kekurangan cairan dalam tubuh dapat membuat kulit kering dan kusam. Oleh karena itu, penting untuk minum cukup air setiap hari untuk menjaga kulit tetap terhidrasi.

Tidak hanya itu, kurangnya istirahat juga bisa membuat kulit jadi kusam. Perlu kamu ketahui, tidur yang cukup penting untuk regenerasi sel-sel kulit. Untuk mengembalikan kecerahan kulit wajah kusam, langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah perawatan kulit secara rutin. Salah satunya adalah mengaplikasikan masker yang terbuat dari bahan alami.

Seperti yang dilakukan oleh beauty vlogger dengan kanal YouTube @deeba's beauty remedies. Lewat unggahan video di kanal YouTubenya, ia memanfaatkan satu jenis buah yaitu jus semangka yang kemudian dicampur tepung beras, madu murni, dan jeruk nipis. Semangka mengandung banyak air dan nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin C, dan antioksidan.

Kandungan air yang tinggi dalam semangka membantu menjaga kelembapan, sehingga membuat kulit terasa segar dan lembut. Vitamin C dalam semangka membantu mencerahkan kulit dengan mengurangi produksi melanin yang berlebihan. Nggak salah, kalau tepung beras telah lama digunakan sebagai bahan alami untuk perawatan kulit.

Tepung beras memiliki tekstur yang lembut dan dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati, serta membuat kulit yang lebih cerah dan bersinar. Tepung beras memiliki sifat menyerap minyak, sehingga cocok untuk kulit berminyak yang cenderung kusam akibat kelebihan minyak. Sementara madu adalah bahan alami yang kaya akan antioksidan, enzim, dan sifat antibakteri.

Bahan pemanis ini merupakan pelembap alami yang efektif, membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembut. Kandungan antioksidan dalam madu membantu meredakan inflamasi dan meningkatkan kecerahan kulit. Sementara itu, jeruk nipis kaya akan vitamin C dan asam sitrat yang memiliki sifat mencerahkan dan membersihkan kulit.

Asam sitrat dalam jeruk nipis membantu mengurangi hiperpigmentasi dan meningkatkan kecerahan kulit. Jeruk nipis memiliki sifat astringent yang membantu menyempitkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak berlebih. Kombinasi bahan-bahan tersebut bisa kamu manfaatkan jadi masker alami.

Penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk, simak langkah-langkah di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari kanal YouTube @deeba's beauty remedies pada Kamis (2/5).

Bahan:

beauty vlogger ini bagikan cara mengatasi wajah kusam berbagai sumber

foto: YouTube/ @deeba's beauty remedies

- 3 sendok makan jus semangka
- 1 sendok makan tepung beras
- 1 sendok makan madu murni
- 1/2 perasan jeruk nipis

Cara membuat:

beauty vlogger ini bagikan cara mengatasi wajah kusam berbagai sumber

foto: YouTube/@deeba's beauty remedies

1. Siapkan mangkuk bersih
2. Tuangkan tepung beras dan madu murni
3. Campurkan perasan jeruk nipis
4. Aduk semua bahan hingga tercampur rata
5. Masker siap kamu gunakan.

Cara menggunakan:

beauty vlogger ini bagikan cara mengatasi wajah kusam berbagai sumber

Bah

1. Pastikan wajah kamu bersih terlebih
2. Oleskan masker pada wajah secara merata
3. Tunggu selama 15 hingga 20 menit
4. Bilas masker menggunakan air biasa
5. Keringkan dengan handuk ataupun tisu
6. Gunakan masker ini secara rutin agar wajah cerah dan bebas kusam.

Apakah madu bisa hilangkan jerawat?

Selain manfaat di atas, madu juga dipercaya bisa atasi jerawat. Dilansir dari gisou.com, madu mengandung senyawa-senyawa seperti hidrogen peroksida dan glukosa oksidase yang memiliki sifat antibakteri. Selain itu, kandungan hidrogen diklaim membantu membersihkan bakteri penyebab jerawat seperti propionibacterium acnes dari kulit.

Kandungan antiinflamasi dalam madu membantu meredakan kemerahan dan pembengkakan yang sering terjadi pada jerawat. Ini dapat membantu mengurangi peradangan di sekitar jerawat dan mengurangi rasa sakitnya.

(brl/mal)

tags

STORIES