Tanpa pakai putih telur, ini cara mengatasi penuaan dini pada wajah dengan 1 jenis daun penyedap

Tanpa pakai putih telur, ini cara mengatasi penuaan dini pada wajah dengan 1 jenis daun penyedap

Brilio.net - Seiring dengan pertambahan usia, garis-garis kerutan pada wajah, kulit terlihat lebih kendur. Hal ini dikenal sebagai penuaan intrinsik, yakni proses penuaan internal atau fisiologis yang tidak dapat terhindarkan. Namun, jika tanda-tanda penuaan muncul lebih cepat, disebut dengan penuaan dini.

Penuaan dini adalah kondisi yang dialami kulit ketika mengalami tanda-tanda penuaan sebelum waktunya. Hal ini tentu saja bisa terjadi akibat kebiasaan serta pola hidup yang tidak sehat, sehingga berakibat pada kulit. Ciri-ciri penuaan dini sendiri meliputi kulit kering dan kusam, mulai muncul garis halus, bintik hitam, tidak meratanya warna kulit (hiperpigmentasi), dan masih banyak lagi.

Paparan sinar matahari menjadi salah satu faktor yang bisa memicu penuaan dini pada kulit. Selain itu, kebiasaan sehari-hari yang tidak sehat juga bisa memperparah kondisi kulit. Oleh karena itu, sebelum terjadinya penuaan pada kulit wajah, sebaiknya kita harus rajin-rajin merawatnya.

Salah satunya adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Tak perlu pakai putih telur, karena ada bahan alami lain yang tak kalah ampuh. Seperti halnya video dari akun TikTok @truebeautydiy pada 21 November 2022.

Dalam video dengan durasi 1 menit 10 detik tersebut, pemilik akun memberikan cara mengatasi penuaan dini pada wajah dengan 1 jenis daun penyedap. Daun penyedap yang dimaksud adalah daun serai. Selain daun serai, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu aloe vera gel dan minyak vitamin E.

"Homemade lemongrass cream for youthful, glowing skin (Krim serai buatan sendiri untuk kulit awet muda dan bercahaya)," katanya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @truebeautydiy, Senin (28/8).

Atasi penuaan dini pada wajah dengan 1 daun penyedap Berbagai sumber

foto: freepik.com

Serai atau lemongrass adalah salah satu tanaman rempah yang penggunaannya mampu menambah cita rasa atau aroma pada makanan dan minuman tertentu. Selain rasa dan aromanya yang menarik, tanaman rempah ini juga terkenal akan berbagai manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan.

Dalam batang serai diketahui terdapat kandungan vitamin dan mineral. Tak hanya itu serai juga mengandung berbagai zat seperti magnesium, potasium, fosfor, hingga antioksidan. Antioksidan bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang berbahaya. Hal tersebut dapat membantu mengurangi tanda penuaan dan risiko penyakit. Ini yang membuat minyak serai efektif dalam mencegah penuaan dan menurunkan risiko penyakit akibat radikal bebas seperti kanker.

Sementara aloe vera gel, disebut-sebut dapat melembapkan dan menutrisi kulit wajah. Hal ini berkat kandungan vitamin, mineral, asam amino, dan antioksidan di dalamnya yang tinggi. Aloe vera mengandung vitamin C, vitamin E, dan beta karoten yang dapat membantu mengencangkan kulit dan menjaga kulit tetap terhidrasi. Selain itu, gel lidah buaya juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen untuk mencegah garis halus dan kerutan. Dengan begitu, kulit akan kencang dan sehat.

Salah satu produk aloe vera gel yang bisa kamu gunakan yakni Nature Republic Aloe Vera 92% Soothing Gel. Produk ini mengandung 92% ekstrak daun lidah buaya yang berfungsi untuk menyejukan dan melembapkan kulit. Untuk mengetahui harga termurahnya, cek rekomendasi di bawah ini.

Tak terkecuali dengan minyak vitamin E yang merupakan jenis vitamin larut dalam lemak yang kaya antioksidan. Manfaat vitamin E untuk kulit antara lain, dapat membantu memperbaiki tekstur kulit, menyamarkan hiperpigmentasi, dan tanda penuaan.

Fungsi antioksidan dalam vitamin E dapat memengaruhi sirkulasi darah sehingga membuat kulit tampak lebih kencang dan awet muda. Itu sebabnya, orang yang rutin menggunakan produk skincare mengandung vitamin E akan merasa kulitnya lebih membaik dan tampak kencang.

Atasi penuaan dini pada wajah dengan 1 daun penyedap Berbagai sumber

foto: TikTok/@truebeautydiy

Dengan ketiga bahan yang sudah disebutkan, kamu bisa membuat night cream yang diklaim mampu mengatasi tanda-tanda penuaan pada kulit wajah. Jika digunakan secara rutin, kamu akan mendapatkan wajah yang kenyal dan tampak awet muda. Yuk, simak cara membuatnya.

Bahan:

1. 1 Cup air
2. 1 Sendok makan bubuk serai
3. 2 Sendok makan aloe vera gel
4. Beberapa tetes minyak vitamin E

Atasi penuaan dini pada wajah dengan 1 daun penyedap Berbagai sumber

foto: TikTok/@truebeautydiy

Cara membuat:

1. Masukkan bubuk serai pada air lalu aduk sampai tercampur merata
2. Tutup wadah lalu diamkan selama 1 jam
3. Saring air rendaman serai lalu ambil airnya
4. Tuangkan aloe vera gel pada wadah lain lalu tambahkan air serai dan minyak vitamin E
5. Aduk kembali sampai tercampur merata hingga bertekstur kental
6. Pindahkan pada jar penyimpanan
7. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh saat malam hari
8. Gunakan krim ini secara rutin 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan wajah yang awet muda.

@truebeautydiy Homemade lemongrass cream for youthful, glowing skin #skincare #skincareroutine #skincare101 #skincaretips #skincaretipsforyou #homeremedies #homeremedy #homeremedyfordarkcircles #homeremedyforskin #homeremedyforhairfall original sound - TruebeautyDIY

(brl/far)

tags

STORIES