Tanpa peel off mask, ini cara bersihkan pori-pori wajah agar terbebas komedo pakai 3 bahan alami

Tanpa peel off mask, ini cara bersihkan pori-pori wajah agar terbebas komedo pakai 3 bahan alami

Brilio.net - Pori-pori wajah adalah komponen kulit yang sangat rawan dan butuh dirawat, serta dilindungi. Pasalnya pori-pori wajah rentan terpapar radikal bebas dan menjadi salah satu bagian yang memicu berbagai permasalahan kulit. Apalagi jika kamu memiliki jenis kulit berminyak, pori-pori wajah cenderung bekerja lebih keras. Kulit berminyak lebih rentan mengalami penyumbatan pada pori-pori, menimbulkan whitehead, komedo hitam, dan papula.

Pori-pori wajah yang tersumbat ditandai dengan munculnya bintik hitam atau bintik putih di permukaan kulit wajah, sehingga wajah tampak kusam dan warnanya tidak merata. Pori-pori tersumbat dapat terjadi karena beberapa hal, dan salah satu penyebab yang paling sering adalah kebersihan kulit yang tidak terjaga atau jarang melakukan perawatan kulit. Padahal melakukan perawatan kulit dengan rutin, seperti membersihkan wajah dengan double cleansing, melakukan eksfoliasi kulit, dan rajin menggunakan produk skincare bisa membantu menjaga kesehatan kulit wajah. Tak terkecuali pori-pori.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga pori-pori kulit wajah tetap bersih agar wajah kamu bebas dari komedo yang mengganggu. Mencuci wajah saja tidak cukup dan membersihkan pori-pori yang tersumbat membutuhkan pembersihan mendalam. Nah, kamu bisa mengatasinya dengan melakukan perawatan di klinik kecantikan, menggunakan produk skincare, hingga memanfaatkan bahan-bahan alami.

Salah satu produk skincare yang biasa digunakan untuk mengatasi pori-pori wajah yang tersumbat adalah peel off mask. Peel off mask adalah jenis masker yang membantu menyerap minyak berlebih di wajah dan menyingkirkan sel-sel kulit mati, serta membersihkan pori-pori secara mendalam. Memang efektif, namun ada cara yang lebih murah tanpa membeli produk peel off mask lho. Karena kamu hanya membutuhkan bahan-bahan alami saja.

Seperti yang dibagikan pengguna TikTok dengan nama akun @jessbonillabeauty, yang berisi tentang cara bersihkan pori-pori wajah agar terbebas komedo pakai 3 bahan alami. Bahan alami yang dimaksud adalah lemon, baking soda, dan madu.

"DIY pore cleansing face mask (Masker wajah pembersih pori DIY)," tulis pemilik akun dalam video unggahan, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @jessbonillabeauty, Senin (12/8).

Bersihkan pori-pori wajah agar terbebas komedo TikTok

foto: TikTok/@jessbonillabeauty

Kandungan lemon untuk membersihkan pori-pori wajah.

Lemon adalah buah asam yang dikenal tinggi akan kandungan vitamin C. Berkat kandungan tersebut, lemon memiliki manfaat untuk mengatasi pori-pori besar dan tersumbat lho. Pasalnya, kandungan asam sitrat di dalam lemon memiliki peran penting sebagai astringent alami untuk membantu memperkecil pori-pori, membersihkan kotoran penyumbat pori, dan mengontrol produksi minyak di kulit wajah. Melansir dari Healthline, kandungan asam sitrat dalam lemon yang tinggi bermanfaat sebagai eksfoliator alami untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

Manfaat baking soda untuk mencegah munculnya komedo.

Baking soda memiliki sifat eksfoliasi yang dipercaya efektif untuk membersihkan pori-pori tersumbat dan menghilangkan komedo. Selain itu, baking soda juga dapat membantu menyeimbangkan pH kulit, mengurangi kemerahan, dan menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Bahkan bahan pengembang kue ini juga dipercaya ampuh mengangkat sel kulit mati dan kotoran di area pori-pori terdalam.

Madu efektif untuk membersihkan pori-pori wajah tersumbat.

Madu merupakan pemanis alami yang memang dikenal ampuh untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit wajah, salah satunya mengecilkan pori-pori wajah. Madu akan membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat minyak, sel kulit mati, debu, dan kotoran, sehingga dapat mengecilkan pori-pori dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Tak heran jika penggunaan madu yang rutin akan meminimalkan risiko munculnya komedo.

Mengandalkan ketiga bahan alami tersebut, kamu bisa membuat masker wajah yang diklaim efektif untuk membersihkan pori-pori tersumbat dan mencegah munculnya komedo. Yuk, simak cara membuat dan menggunakannya berikut ini.

Bersihkan pori-pori wajah agar terbebas komedo TikTok

foto: TikTok/@jessbonillabeauty

Bahan:

- 1/2 sendok teh perasan lemon
- 1/2 sendok teh baking soda
- 1 sendok makan madu

Cara membuat dan menggunakan:

1. Tuangkan bahan-bahan pada wadah.
2. Aduk ketiga bahan tersebut sampai tercampur merata dan teksturnya seperti pasta.
3. Cuci wajah terlebih dahulu dan pastikan bersih dari kotoran serta sisa makeup.
4. Aplikasikan masker pada wajah secara menyeluruh.

Bersihkan pori-pori wajah agar terbebas komedo TikTok

foto: TikTok/@jessbonillabeauty

5. Diamkan selama 15 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih.
6. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer.
7. Lakukan cara ini dengan rutin 2 kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang halus bebas komedo.

(brl/jad)

tags

STORIES