Tanpa perawatan botoks, begini cara memudarkan kerutan di area bibir pakai masker dari 1 jenis buah

Tanpa perawatan botoks, begini cara memudarkan kerutan di area bibir pakai masker dari 1 jenis buah

Brilio.net - Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang paling terlihat perubahannya saat kerutan mulai muncul. Di manapun munculnya, kerutan atau keriput terjadi ketika kulit kehilangan kolagen. Ini adalah serat yang membuat kulit menjadi kencang sekaligus kenyal. Salah satu yang paling terlihat adalah ketika terjadi di area dengan kulit tipis di wajah.

Dari seluruh bagian wajah, area bibir adalah salah satu yang paling mudah muncul kerutan. Alasannya karena area sekitar bibir sangat tipis. Artinya, sejak awal pun kandungan kolagennya memang lebih sedikit ketimbang area wajah lainnya. Faktanya, kulit manusia memproduksi 1% lebih sedikit kolagen setiap tahunnya ketika usia sudah menginjak kepala dua.

Selain karena faktor penuaan, ada juga faktor lain yang menyebabkan kerutan di area bibir. Contohnya mulai dari faktor genetik, dehidrasi, nutrisi buruk, kebiasaan merokok, stres, hingga kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet.

Jika kamu mengalaminya, tak perlu khawatir, karena kerutan di wajah bukan hal buruk dan bisa diatasi dengan cara tertentu. Terdapat sejumlah alternatif cara mengatasi kerutan sekitar bibir, baik secara alami maupun klinis. Salah satu caranya seperti video dari akun TikTok @beautywom pada 21 Oktober 2022.

Melalui video itu, dia membagikan tentang cara memudarkan kerutan di area bibir pakai masker dari 1 jenis buah. Buah yang digunakan adalah pisang. Selain pisang dia juga menggunakan bahan lain yaitu bubuk kopi, minyak kelapa, dan air mawar.

"Anti-aging mask to remove skin wrinkles (Masker anti penuaan untuk menghilangkan kerutan kulit)," katanya dalam video unggahan, seperti briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @beautywom, Selasa (25/7).

Cara memudarkan kerutan di area bibir pakai masker dari 1 jenis buah Berbagai sumber

Cara memudarkan kerutan di area bibir pakai masker dari 1 jenis buah
freepik.com

Pisang tidak hanya memiliki rasa yang enak, melainkan juga menyehatkan rambut dan kulit wajah. Pisang kaya akan potasium, antioksidan, vitamin, biotin, dan mineral sehingga bermanfaat untuk perawatan dan kecantikan. Kandungan potasium dan antioksidan dalam pisang dapat membantu menghidrasi kulit kering dan membuatnya lembut serta kenyal.

Kandungan antioksidan pada pisang juga efektif mencegah munculnya garis-garis halus dan kerutan. Itulah sebabnya mengapa pisang juga dikenal sebagai botoks alami. Karena ia mengandung nutrisi antikerut yang membantu memudarkan bintik-bintik penuaan dan mencegah terbentuknya garis-garis halus dan kerutan, tak terkecuali kerutan area bibir.

Begitupun dengan kopi yang juga tak hanya sebagai bahan minuman saja. Bahan yang satu ini juga dapat membantu mengatasi kerutan di area bibir. Hal ini karena, kopi memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan. kandungan antioksidan dalam kopi bekerja efektif untuk mencegah penurunan kadar kolagen dan membantu meningkatkan produksi elastin.

Efek kandungan antioksidan dari kopi akan membuat kulit tetap terasa kencang. Kemudian bubuk kopi memiliki kandungan kafein yang tinggi untuk membuat kulit lebih kencang dan bebas dari tanda-tanda penuaan.

Sedangkan minyak kelapa, memiliki kandungan asam lemak antiseptik yang mencegah infeksi jamur dan bakteri yang merusak kulit sehingga dapat memperlambat timbulnya kerutan. Minyak kelapa juga kaya antioksidan dan vitamin penting lainnya yang dapat membuat kulit lebih kenyal dan sehat. Minyak kelapa mengandung emolien penting yang membantu mengurangi kerutan dan membuat kulit lebih lembut.

Tak terkecuali dengan air mawar yang mengandung senyawa phenolic bersifat antioksidan. Kandungan tersebut diklaim mampu melembapkan kulit sekaligus menjaga kulit tetap kenyal dan awet muda. Air mawar juga memiliki sifat antipenuaan, sehingga air mawar sering ditemukan dalam produk kecantikan.

Cara memudarkan kerutan di area bibir pakai masker dari 1 jenis buah Berbagai sumber

Cara memudarkan kerutan di area bibir pakai masker dari 1 jenis buah
TikTok/@beautywom

Cukup hanya dengan keempat bahan tersebut kamu bisa memanfaatkannya menjadi masker wajah. Masker wajah ini akan membantu menyamarkan kerutan area bibi sekaligus mengencangkan wajahmu yang kendur. Yuk, simak cara membuatnya.

Bahan:

1. 1/2 buah pisang
2. 3 sendok teh bubuk kopi
3. Air panas secukupnya
4. 2 sendok teh minyak kelapa
5. 2 sendok teh air mawar

Cara memudarkan kerutan di area bibir pakai masker dari 1 jenis buah Berbagai sumber

Cara memudarkan kerutan di area bibir pakai masker dari 1 jenis buah
TikTok/@beautywom

Cara membuat:

1. Iris-iris buah pisang menjadi bagian yang lebih kecil lalu sisihkan
2. Tuangkan bubuk kopi pada mangkuk lalu seduh dengan air panas
3. Aduk-aduk kopi kemudian diamkan selama 30 menit
4. Tambahkan 8 sendok teh seduhan kopi, minyak kelapa, dan air mawar pada pisang yang sudah disiapkan sebelumnya
5. Blender bahan-bahan tersebut hingga halus dan bertekstur seperti pasta
6. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh, khususnya bagian sekitar bibir
7. Diamkan selama 10 menit lalu timpa dengan tisu dan aplikasikan kembali masker di atas tisu
8. Diamkan kembali sekitar 10 menit lalu bersihkan dan bilas menggunakan air sampai bersih
9. Lanjutkan dengan penggunaan face oil atau moisturizer
10. Gunakan secara rutin 2-3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

@beautywom video by mojarabatv #facemask #diyfacemask #facemasktiktok #facemaskmachine #homefacemask #facemaskasmr #tiktokfacemask #facemaskmachinecompilation #facemasks Future - Official Sound Studio

(brl/ola)

tags

STORIES