Tanpa perawatan laser, begini trik pudarkan flek hiperpigmentasi wajah cuma pakai 2 jenis buah

Tanpa perawatan laser, begini trik pudarkan flek hiperpigmentasi wajah cuma pakai 2 jenis buah

Brilio.net - Treatment laser wajah kerap dijadikan solusi instan untuk menghilangkan flek hitam membandel di wajah. Namun sayangnya tak semua orang mampu untuk melakukan treatment ini. Selain karena harganya yang mahal, banyak orang tak punya banyak waktu luang untuk pergi ke klinik kecantikan.

Flek hitam atau yang disebut dengan hiperpigmentasi kulit adalah menggelapnya kulit di area tertentu akibat produksi melanin (zat pigmen yang memberi warna bagi kulit dan rambut) yang berlebihan. Sehingga akan muncul bintik-bintik atau bercak hitam kecokelatan di beberapa area wajah.

Ada banyak faktor hiperpigmentasi yang menyebabkan sel-sel melanosit di kulit menjadi sangat aktif sehingga produksi melanin pun meningkat. Di antaranya adalah paparan sinar matahari berlebihan, penuaan kulit, penggunaan obat-obat tertentu, dan faktor perubahan hormonal.

Flek hitam sebenarnya bukanlah kondisi yang berbahaya. Namun, keberadaan bintik-bintik gelap di wajah ini biasanya menyebabkan seseorang kehilangan kepercayaan diri.

Sebagai solusinya, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami. Tanpa perawatan laser, pemilik akun TikTok @aribasfoodmood pada 9 Juni 2023, justru hanya memakai 2 jenis buah. Buah yang dimaksud adalah tomat dan lemon.

"Did you Know, Tomato & Lemon can clear Skin Pigment in 5 Days, The results will amaze you, try it yourself (Tahukah kamu, Tomat & Lemon bisa hilangkan Pigmen Kulit dalam 5 Hari, Hasilnya bikin takjub, coba sendiri)," kata pemilik akun dalam keterangan video, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @aribasfoodmood, Rabu (6/12).

Pudarkan flek hiperpigmentasi wajah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Tomat mengandung antioksidan, vitamin C, vitamin A, vitamin B, kalium, dan magnesium yang dipercaya ampuh mencerahkan wajah, menghilangkan flek atau noda hitam membandel, hingga mengatasi jerawat. Dilansir dari jurnal Annual Review of Food Science and Technology, kandungan likopen pada tomat ampuh membantu mencegah perubahan warna kulit, perubahan tekstur, dan garis-garis halus serta kerutan. Antioksidan pada tomat juga dapat memudarkan noda dan flek hitam di wajah.

Begitupun dengan lemon yang punya kemampuan untuk menghilangkan flek hitam dan bekas luka, berkat kandungan asam sitrat yang dimiliki. Kandungan asam sitrat pada lemon juga dapat membantu proses eksfoliasi sel kulit mati dan memperlancar pertumbuhan sel kulit baru.

Pudarkan flek hiperpigmentasi wajah Berbagai sumber

foto: TikTok/@aribasfoodmood

Hanya dengan kedua buah, yakni tomat dan lemon, kamu bisa membuat masker wajah penghilang flek hiperpigmentasi. Dengan pemakaian rutin, kamu akan mendapatkan wajah yang mulus dan cerah merata. Berikut cara membuat dan menggunakannya.

Bahan:

1. 1 buah tomat
2. 1 sendok makan perasan lemon

Pudarkan flek hiperpigmentasi wajah Berbagai sumber

foto: TikTok/@aribasfoodmood

Cara membuat dan menggunakan:

1. Cuci tomat sampai bersih
2. Haluskan tomat hingga mendapatkan tekstur cair
3. Tambahkan perasan lemon kemudian aduk keduanya sampai tercampur merata
4. Cuci wajah terlebih dahulu hingga benar-benar bersih
5. Aplikasikan masker pada wajah secara menyeluruh
6. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas menggunakan air hangat
7. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer
8. Gunakan masker antiflek ini secara rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang mulus bebas flek hitam.

@aribasfoodmood Did you Know Tomato & Lemon can clear Skin Pigment in 5 Days The results will amaze you, try it yourself. Mix fresh tomato and lemon juice (1 tbsp each) Apply the mixture on the dark areas of your ody, Wash with warm water after 30 minute and yes don't forget to apply a moisturizer. #fy #fyp #fypviral #foryou #frackles #wrinkles #darkskin #darkspots #healthyskin #skincare #beauty original sound - Aanaya khan

(brl/lut)

tags

STORIES