Tanpa petroleum jelly, trik haluskan tumit pecah-pecah cuma pakai madu dicampur 1 jenis bumbu dapur

Tanpa petroleum jelly, trik haluskan tumit pecah-pecah cuma pakai madu dicampur 1 jenis bumbu dapur

Brilio.net - Tumit pecah-pecah adalah kondisi di mana kulit di bagian tumit kaki mengalami retakan atau luka yang biasanya disertai dengan kekeringan dan penebalan kulit. Masalah ini sering kali disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk kekeringan kulit, penggunaan alas kaki yang tidak sesuai, dan tekanan berlebihan pada area tumit.

Kondisi ini bisa menjadi lebih buruk saat kulit tidak mendapatkan kelembapan yang cukup. Kulit di sekitar tumit, yang sering tertekan dan tertekan akibat aktivitas harian, cenderung kehilangan kelembapan lebih cepat daripada area lain pada tubuh. Paparan terhadap bahan kimia keras atau cuaca ekstrem juga dapat menyebabkan kulit kering dan retak.

Karena cukup mengganggu penampilan dan dapat membuat rasa tidak nyaman saat berjalan, tak heran jika banyak orang yang mencari cara untuk menghaluskan tumitnya yang pecah-pecah. Beberapa orang mungkin memanfaatkan petroleum jelly untuk menghaluskan tumitnya. Padahal, ada cara lain yang tak kalah efektif lho.

Haluskan tumit pecah-pecah pakai madu dicampur 1 jenis bumbu dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@suemanja5

Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @suemanja5, yang memakai madu dicampur dengan 1 jenis bumbu dapur untuk menghaluskan tumit. Bumbu dapur yang dimaksud adalah bawang putih. Begini cara membuat dan menggunakannya, yang briliobeauty.net lansir pada Kamis (22/8).

Bahan:

- 3 siung bawang putih
- 2 sendok makan madu

Haluskan tumit pecah-pecah pakai madu dicampur 1 jenis bumbu dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@suemanja5

Cara membuat dan menggunakan:

1. Kupas bawang putih lalu masukkan kedalam alat penumbuk
2. Tumbuk bawang putih sampai benar-benar lembut
3. Tambahkan madu, lalu aduk keduanya sampai tercampur merata
4. Aplikasikan pada bagian tumit yang sudah bersih secara menyeluruh
5. Pijat-pijat dengan lembut dan diamkan selama 15 menit
6. Bilas menggunakan air sampai bersih
7. Lakukan cara ini dengan rutin 3 kali seminggu untuk mendapatkan tumit yang halus.

Haluskan tumit pecah-pecah pakai madu dicampur 1 jenis bumbu dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@suemanja5

Kandungan bawang putih untuk mengatasi tumit pecah-pecah.

Bawang putih dapat mengatasi tumit pecah-pecah berkat sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang dimilikinya. Kandungan allicin dalam bawang putih memberikan efek antibakteri dan antifungal. Kandungan tersebut efektif melawan infeksi atau jamur yang sering kali dapat memperburuk kondisi kulit pada tumit pecah-pecah.

Selain itu, bawang putih juga memiliki kemampuan untuk merangsang perbaikan kulit dan mengurangi peradangan, sehingga membantu proses penyembuhan kulit yang kering dan retak.

Manfaat madu untuk menghaluskan tumit yang pecah-pecah.

Madu dapat mengatasi tumit pecah-pecah berkat sifatnya sebagai humektan, antibakteri, dan anti-inflamasi. Sebagai humektan, madu memiliki kemampuan untuk menarik dan mempertahankan kelembapan pada kulit, yang sangat penting untuk mengatasi kekeringan dan menjaga agar kulit tetap terhidrasi.

Sifatnya itu, akan membantu melunakkan kulit yang keras dan pecah-pecah pada tumit, sehingga mendukung proses penyembuhan dan mengurangi rasa tidak nyaman. Selain itu, madu mengandung senyawa antibakteri dan antiseptik yang membantu mencegah infeksi pada retakan kulit.

(brl/far)

tags

STORIES